Selena Gomez Buka-bukaan Soal Body Shaming dan Berat Badan: Saya Bukan Model

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Selena Gomez/Foto: Instagram/Selena Gomez

Selena Gomez/Foto: Instagram/Selena Gomez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Selena Gomez pernah bercerita mengenai body shaming yang dialaminya beberapa waktu lalu. Ia mengaku sudah muak dengan orang-orang yang membicarakan tubuhnya. Hal itu ia sampaikan di siaran langsung TikTok pada Kamis,16 Februari 2023. Pendiri Rare Beauty ini berbagi cerita tentang pengalamannya mengonsumsi obat untuk penyakit autoimun yang ia derita, yaitu lupus.

"Wajah saya menyerap banyak air atau moon face dan itu sangat normal terjadi, lalu saya juga tidak minum obat, berat badan saya cenderung turun," ungkapnya dalam siaran langsung. "Saya hanya ingin mengatakan dan menyemangati siapa pun di luar sana yang merasa malu dengan apa yang Anda alami, ketika tidak ada yang tahu cerita sebenarnya... Anda cantik dan Anda luar biasa."

Selena mengakui bahwa ada hari-hari ketika ia merasa "seperti sampah", tetapi ia lebih memilih  sehat dan meminum obat untuk membantunya menjalani kehidupan yang lebih baik. Gejala-gejala lupus meliputi nyeri otot, kelelahan, nyeri sendi, kekakuan, rambut rontok, depresi, dan lesi kulit, dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Gomez menjalani transplantasi ginjal pada 2017, yang menunjukkan efek parah akibat penyakitnya.

Dalam siaran yang sama, Selena juga berkata bahwa ia bukanlah seorang model. "Terima kasih telah mendukung dan memahami saya, dan jika tidak...pergilah. Karena, sejujurnya, saya tidak ingin mempermalukan orang lain karena tubuh mereka atau apapun," ungkapnya.

Setelah menjadi topik perhatian media karena berat badannya selama bertahun-tahun, terutama baru-baru ini, ia berbicara tentang kritik tanpa henti dan body shaming yang dia alami. Dalam sebuah uraian tentang "Life in Looks" untuk Vogue, Selena mengungkapkan bahwa ia menghadiri Met Gala pada tahun 2015, pada saat ia merasa tidak nyaman dengan tubuhnya karena fluktuasi berat badan.

Tentu saja, ia tetap terlihat menarik dalam foto-foto tersebut, namun kerentanannya tidak diragukan lagi akan menjadi penghiburan bagi para penggemar dan pengikutnya, atau bahkan perempuan mana pun yang berjuang dengan berat badan atau citra tubuh mereka. 

Seperti biasa, ia memberikan kesimpulan yang positif "Itu adalah salah satu momen di mana saya merasa, 'Saya tidak perlu lagi memiliki bentuk tubuh seperti anak berusia 19 tahun, karena saya memang tidak seperti itu'," ungkapnya.

Dalam laman Instagram miliknya, ia telah merayakan perutnya yang membuncit, mengunggah foto selfie tanpa riasan, dan dengan senang hati menerima bentuk tubuhnya. Meskipun, seperti yang ia katakan bukanlah seorang model, Selena merupakan orang hebat yang patut untuk diidolakan.

WIDYA FITRIANINGSIH | VOGUE

Pilihan Editor: Unggah Foto Bare Face Tanpa Make Up, Selena Gomez Tuai Pujian Penggemarnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."