Hadiah 14 Tahun Berkarya, Brand Kami Bawa Nuansa Tapis Lampung di New York Fashion Week

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Charaka Collection merupakan koleksi dengan kombinasi dari nuansa kain Tapis Lampung dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy/Foto: Instagram/Kami

Charaka Collection merupakan koleksi dengan kombinasi dari nuansa kain Tapis Lampung dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy/Foto: Instagram/Kami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  14 tahun telah berdiri di Indonesia, Brand Kami sebagai pioneer brand modest fashion Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk semakin maju ke pasar internasional dengan tampil di New York Fashion Week 2024. Kami yang lahir pada 2009 ini didirikan oleh Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini.

Awalnya, ketiga perempuan ini memulai bisnis dengan menciptakan koleksi kecil seperti kalung dan selendang. Namun setelah 14 tahun berkiprah di dunia fashion, produk Kami. berkembang menjadi koleksi baju dan celana siap pakai yang diminati pasar lokal maupun global.

"Sebagai tanda kesuksesan setelah 14 tahun  berdiri, Kami  menunjukkan diri pada pagelaran New York Fashion Week 2024. Bagi Kami. ini menjadi pencapaian baru untuk memasuki pasar mode international. Pada acara spesial ini, Kami menyiapkan koleksi bernama Charaka yang terinspirasi dari kekayaan lokal, Kain Tapis Lampung," ungkap Creative Director Kami Nadya Karina pada saat NYFW Video Showing, di CGV Pacific Place, Sabtu, 18 Februari 2023. 

Charaka Collection merupakan koleksi dengan kombinasi dari nuansa kain Tapis Lampung dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy/Foto: Instagram/Kami

Garisnya yang bersih dan rapi membentuk siluet dengan pendekatan modern. Kemudian ditambah pada asalnya, Kain Tapis Lampung disakralkan karena berhubungan dengan kehidupan, baik lingkungan maupun Sang Pencipta Alam Semesta. Karenanya, pola Charaka terinspirasi dari kehidupan sekitar. Dari segi motif Charaka Collection ini pun menyerupai anak tangga yang menggambarkan 14 tahun perjalanan Kami. yang perlahan berkembang hingga bisa sampai ke titik ini,"

Charaka Collection ini sendiri merupakan koleksi dengan kombinasi dari ciri khas Kami. dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy. "Sesuai dengan tema Autumn/Winter Collection, Kami. fokus membuat styling yang banyak layer sehingga kesan chic dan modest masih bisa didapatkan dari Charaka Collection ini. Kami. juga menggunakan berbagai bahan pilihan, seperti knit, corduroy, quilted, woven, velvet, denim, tweed, dan organza," tambah Irin. 

14 Tahun Menuju Ajang Internasional

Pada tahun 2009, Kami didirikan oleh Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini dengan nama Kami Idea. Di tahun 2017 lalu, Kami melakukan sedikit perubahan pada nama labelnya menjadi Kami/Doc. Kami

Irin juga menjelaskan 14 tahun perjalanan bukanlah suatu hal yang mudah bagi Kami. Dengan perkembangan bisnis dunia modest fashion yang sangat pesat serta positif setiap tahun, Kami. menjadi salah satu brand modest yang diminati pecinta fesyen tanah air dan luar negeri. Sebelum New York Fashion Week, Kami. telah membuktikan eksistensinya yang luar biasa pada market lokal dan global dengan mengikuti fashion show ternama seperti Jakarta Fashion Week, Indonesian Fashion Week, hingga kancah internasional yaitu Fashion Kode 2018 di Seoul.

Acara Kami. NYFW Video Showing ini tidak hanya dihadiri oleh awak media, namun juga KOL (Key Opinion Leaders) dan para #KamiPeople. "Melalui video showing ini, Kami. ingin memperlihatkan bagaimana perjalanan yang membawa nilai dan kekayaan lokal budaya Indonesia untuk tampil di runway session di Spring Studios Gallery New York. Saat itu Kami. menampilkan 10 looks Charaka Collections kepada para tamu undangan," imbuh Irin.

Irin juga menambahkan bahwa pihaknya mampu terus melangkah dan menaiki tangga hingga saat ini adalah karena semangat kebersamaan dengan #KamiPeople. Ia berharap semoga dengan pencapaian Kami. di NYFW ini dapat memicu semangat brand modest fashion lokal lainnya untuk saling berkolaborasi serta bersama-sama memajukan industri modest fashion Indonesia untuk bersaing menjadi trendsetter dunia global.

Charaka Collection merupakan koleksi dengan kombinasi dari nuansa kain Tapis Lampung dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy/Foto: Instagram/Kami

Annisa Hudaya sebagai Founder HGL House juga turut menjelaskan alasan HGL House mendukung Kami di acara berskala internasional seperti New York Fashion Week adalah karena kesamaan nilai di antara HGL Modest dengan Kami."HGL Modest berupaya menjadi jembatan yang menghubungkan simpul positif untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui penampilan yang santun dan modis, serta meningkatkan kualitas hidup, sehingga dapat menyebarkan inspirasi terhadap orang terdekat. 

"Kami melihat kesamaan nilai ini dengan Kami. ebagai salah satu pioneer brand modest fashion di Indonesia yang sudah hadir 14 tahun lamanya, di mana kehadirannya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk berpenampilan santun, modis dan tetap elegan. Terlebih lagi di tahun ini, dengan bangga HGL bisa bantu support Kami untuk tampil di New York Fashion Week dengan Charaka Collection. Semoga langkah nyata ini dapat semakin membangkitkan semangat dan menginspirasi para pelaku industri modest fashion untuk semakin maju bersaing di pasar nasional hingga global," tutup Anissa.

Untuk mendukung kesuksesan pagelaran busana tersebut, tambah Irin, pihaknya juga bekerja sama dengan Tokopedia. External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengungkapkan alasan yang mendasari Tokopedia mendukung pegiat usaha lokal di industri fashion  muslim seperti Kami. adalah karena Kami. merupakan sosok yang dapat menginspirasi lokal brand lainnya untuk dapat memulai dan membangun bisnis melalui kanal digital untuk bisa merajai tidak hanya di negeri sendiri dan namun juga bisa setara dengan brand kelas dunia. 

"Perjalanan Kami selama 14 tahun yang akhirnya pada tahun ini bisa tampil di pagelaran berskala internasional, New York Fashion Week, dengan tetap membawa nilai lokal melalui Charaka Collection ini merupakan hal yang bisa membangkitkan semangat para pelaku industri fashion untuk terus maju. Scarf Charaka Collection yang dipamerkan di NYFW 2023 ini pun sudah tersedia secara eksklusif di Tokopedia."

Pilihan Editor:7 Brand Lokal Ini Akan Melenggang di New York Fashion Week, dari Kami Hingga Buttonscarves

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."