Pesona Karya IPMI Buka Gelaran Garis Poetih 2023, Dominan Putih dan Sentuhan Wastra Nusantara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Model memperagakan busana rancangan Era Soekamto dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Model memperagakan busana rancangan Era Soekamto dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

IKLAN

CANTIKA.COMJakarta - Peragaan busana atau fashion show Garis Poetih resmi dihelat pada Rabu, 15 Februari 2023. Dibidani oleh desainer Ivan Gunawan, fashion show ini diadakan selama tiga hari, 15-17 Februari 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Sebagai pembuka, peragaan busana karya Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menyuguhkan aneka pilihan busana modest intepretasi 11 desainer. Mereka adalah Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Liliana Lim, hingga Ivan Gunawan.

Selama hampir satu jam, secara bergantian, masing-masing desainer menampilkan dua rancangan busana modest untuk perempuan. Warna putih mendominasi. Ada pula sentuhan corak wastra Nusantara seperti batik ataupun songket.

Detail embellishment berkilau, tassel, kerut, obi, ruffle, puff, bahu tinggi hingga potongan asimetris terlihat di beberapa rancangan desainer. Selain model gaun maksi panjang, atasan dan celana panjang model pallazo menjadi pilihan padun padan busana. Yuk, kita intip karya masing-masing 11 desainer di bawah ini.

1. Andreas Odang

Busana rancangan Andreas Odang dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Desainer Andreas Odang menyuguhkan padu padan busana atasan dan bawahan berwarna putih mengilap. Di salah satu rancangannya tampak atasan berdetail lengan puff dilengkapi jubah panjang yang menyapu lantai dengan detail embellishment manik super detail.

Sementara di rancangan lainnya, desainer gaun pengantin itu memberikan detail ikatan setengah pita di bagian belakang atasan. 

2. Carmanita

Busana rancangan Carmanita dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Desainer Carmanita menyuguhkan busana dengan permainan volume lewat lipatan busana di bagian depan dan belakang atas. Busana racangannya juga menawarkan corak nuansa keemasan antik.

3. Chossy Latu

Busana rancangan Chossy Latu dalam peragaan busana Garis Peotih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Simplicity. Itulah rasa yang didapat menyimak desain rancangan Chossy Latu. Detail kancing dan bulu di bagian lengan atasan menjadi detail manis di padu padan atasan dan celana atau rok plisket renggang.

Baca juga: Saat Pelaku UMKM Gelar Modest Fashion Show, Tampilkan Warna-warna Cerah

4. Danny Satriadi

Model Aurra Kharisma mengenakan busana rancangan Danny Satriadi dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Danny Satriadi menyuguhkan dua gaun putih berdetail kerah tinggi alias turtleneck dilengkapi wide belt bercorak cerah dan tassel. 

5. Denny Wirawan

Busana rancangan Denny Wirawan dalam peragaan busana Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Feminin sekaligus semi formal. Itulah rasa yang diperoleh saat melihat padu padan rancangan busana Denny Wirawan di Garis Poetih 2023. Blus dilengkapi blazer tweed berdetail dua kantung depan dan dipadu dengan rok plisket rapat dilapisi tile. Bukan cuma itu, ada detail pita dan renda kian mempertegas sentuhan feminin si pemakainya.

6. Era Soekamto

(tengah) Desainer Era Soekamto bersama model yang memperagakan busana rancangannya dalam gelaran Garis Poetih di Ciputra Artpreneur, pada Rabu, 15 Februari 2023. Foto: Dok. Garis Poetih

Menyebut Era Soekamto, ingatan selalu mengarah ke batik. Di Garis Poetih 2023, Era menyuguhkan dua busana berwarna cokelat lembut dengan sentuhan motif batik tumbuhan kehijauan dan bunga warna biru.

Untuk desain gaun dibuat potongan asimestris menyamping, sementara untuk padu padan atasan dan celana panjang tampak luaran atau outer model cape berkerah tinggi dilengkapi bros susun dua warna emas.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."