Cara Ungkapkan Cinta pada Diri Sendiri dengan Love Language Masing-Masing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com/Priscilla du Preez

Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com/Priscilla du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Kasih Sayang identik adengan pasangan, padahal merayakan Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari bisa juga sebagai momen untuk rayakan kasih kepada diri sendiri. Psikolog Klinis Irma Gustiana mengatakan love language atau bahasa cinta ternyata dapat diungkapkan pada diri sendiri.

“Ini adalah bagian terpenting dari bahasa cinta, penting mengenal diri, dan lima love language itu sangat bisa bahkan harus kita terapkan ke diri sendiri,” ujar Irma pada Workshop Sambut Hari Kasih Sayang Bersama Tokopedia di Jakarta, Senin 13 Februari 2023.

Banyak orang menganggap love language adalah cara seseorang mengekspresikan cinta dan kasih sayangnya kepada orang lain.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari pengertian itu, namun menurut psikolog mitra profesional di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia itu, banyak orang yang terkadang lupa untuk mencintai dirinya sendiri sebelum memberi cinta kepada orang lain.

Setidaknya ada lima jenis love language yang dimiliki tiap orang, di antaranya physical touch (sentuhan fisik), words of affirmation (kata-kata penegasan), quality time (waktu berkualitas), receiving/giving gift (menerima/memberi hadiah), serta act of service (pelayanan).

Irma mencontohkan, dirinya dengan bahasa cinta physical touch kerap kali mempraktekkan butterfly hug, atau pelukan gaya kupu-kupu di mana seseorang menyilangkan kedua tangan di dada atau pundak untuk memeluk diri sendiri.

Butterfly hug ini biasa disebut dalam istilah psikologi dan terbukti memiliki dampak positif pada kesehatan mental seseorang.

“Selain itu sekedar memakai body lotion atau pergi ke spa juga bisa menjadi bentuk love language pada diri sendiri bagi yang memiliki bahasa cinta physical touch,” imbuhnya.

Bagi seseorang dengan love language words of affirmation, validasi diri setiap hari perlu dilakukan untuk penguatan diri. Dimana selama ini kerap kali kita mencarinya dari orang lain. “Bagi yang bahasa cintanya receive/give gift sangat boleh kita self reward dengan membeli suatu barang kecil yang kita suka, sebagai ucapan selamat atas pencapaian diri sekecil apapun itu,” ucap Irma.

Sementara seseorang yang memiliki bahasa cinta act of service, dapat mentraktir diri sendiri dengan mengkonsumsi makanan kesukaan. “Untuk quality time, beri waktu berkualitas kepada diri sendiri tanpa gangguan selama 15-30 menit, dalam psikologi itu sudah bisa menjadi terapi mandiri kalau kita dalam keadaan stres,” katanya

Pilihan Editor: Pilihan Kado Valentine Sesuai Love Language Pasangan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."