Kuku Kuning: Pengertian, Penyebab, dan Cara Merawatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kuku kuning. Foto: Instagram/@mirage_beauty_spa

Ilustrasi kuku kuning. Foto: Instagram/@mirage_beauty_spa

IKLAN

Apakah Faktor Lingkungan Menyebabkan Kuku Kuning?

Ada faktor lingkungan tertentu dapat menyebabkan kuku menguning. "Merokok dan menggunakan cat kuku gelap semuanya dikaitkan dengan perubahan warna kuku," kata Dr. kata Henry. "Beberapa tabir surya juga bisa menyebabkan hal ini," tambah Kandalec. "Di samping polusi berat."

Selain itu, jika Anda mulai melihat kelainan kuku lainnya, itu mungkin merupakan tanda peringatan bahwa perubahan warna kuku sedang terjadi. Infeksi kuku jamur juga dapat bermanifestasi sebagai kuku yang rapuh, keras, dan terangkat. kata Henry. Ini semua adalah gejala yang harus Anda atasi segera setelah Anda melihatnya untuk mengatasi perubahan warna yang mungkin terjadi akibat jamur yang memburuk.

Cara Merawat Kuku Kuning

Perawatan untuk kuku kuning tergantung pada akar penyebab masalahnya. Dalam beberapa kasus, mereka dapat dirawat di rumah. Infeksi jamur mungkin hanya memerlukan perawatan antijamur topikal atau rendaman cuka putih, sedangkan perubahan warna kuku akibat pewarnaan cat kuku dapat hilang dengan sendirinya, kata Henry.

Resep Kandalec untuk merendam cuka termasuk mencampurkan soda kue biasa dengan hidrogen peroksida menjadi pasta kental. "Itu harus dibiarkan di kuku selama satu menit untuk mengurangi menguning," katanya.

Kandalec juga merekomendasikan penggunaan alat untuk membantu menghilangkan noda. "Buffing lembut dengan buffer empuk halus, seperti Blok Finishing Maryton adalah salah satu cara terbaik untuk mengangkat noda dengan lembut."

Kuku kuning bisa terasa memalukan atau membuat Anda ingin bersembunyi selama beberapa hari, tetapi hal penting yang perlu diketahui adalah Anda memiliki pilihan untuk mengatasinya. Untuk perubahan warna kuku yang tidak berhubungan dengan kesehatan, selalu usahakan untuk mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik: mandi setelah gym, memakai sandal jepit saat mandi, dan membersihkan kulit di sekitar kuku dengan benar. Seperti biasa, jika ada perubahan warna atau perubahan pada kuku, pastikan untuk pergi ke profesional medis tepercaya yang dapat membantu mendiagnosis masalah dan membuat rencana perawatan yang efektif.

Pilihan Editor: Kenali Penyebab Bintik Putih di Kuku dan Cara Mengatasinya

POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."