Tips Bangun Kepercayaan Diri bagi Perempuan, Mulai dengan Power Posing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita percaya diri. Freepik.com/Drobotdean

Ilustrasi wanita percaya diri. Freepik.com/Drobotdean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu, jika membangun kepercayaan diri merupakan perjalanan yang tidak singkat. Perempuan dengan berbagai kesibukan, peran, dan tuntutan dalam hidupnya terkadang harus menunjukkan kepercayaan diri ketika sedang menghadapi suatu situasi, demi mengejar cita-cita yang ingin diraihnya.

Kepercayaan diri seorang perempuan dapat terbangun karena beberapa faktor, di antaranya penampilan yang menarik, baju yang keren, wangi, dan interpersonal skill seperti kemampuan komunikasi yang baik, hingga gerakan tubuh. Itu semua dapat dipelajari dan dibentuk, walaupun memerlukan perjalanan yang tidak singkat. 

Menurut Dessy Ilsanty, Psikolog Keluarga dan Pengembangan Diri, ada cara praktis untuk membangun kepercayaan diri pada seorang perempuan, seperti power posing. 

Power posing bisa dilihat sebagai tips praktis dalam membangun rasa percaya diri secara cepat. Belum tentu bertahan lama, tetapi paling tidak ketika seseorang butuh untuk memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi di saat tertentu, tips praktis ini bisa dengan mudah dilakukan,” papar Dessy dalam peluncuran Royale Parfum Series by SoKlin Hijab Blue Sapphire, Selasa, 24 Januari 2023 di Jakarta. 

Hal yang paling mudah dan sering orang lakukan adalah dengan mengangkat dagu atau chin up. Hal ini dianjurkan untuk dilakukan agar ia tampak sebagai orang yang percaya diri untuk tampil menghadapi orang lain. Lalu kemudian berdiri tegak, punggung tidak membungkuk ketika duduk sekalipun.

Power posing bisa menjadi alat komunikasi. Dengan melakukan power posing, kita seolah-olah ingin menyampaikan pesan bahwa kita punya ‘power’. Supaya tidak hanya ‘power’ saja yang tersampaikan kepada orang lain, tampilkan komunikasi non-verbal lainnya, seperti senyuman dan pandangan mata yang bersahabat.

 “Imbangi dengan komunikasi verbal yang menyampaikan pesan bahwa kita bukan sekadar orang yang punya power, tetapi juga sifat-sifat baik lainnya,” tambah Dessy.

Baca: 9 Tips Tampil Percaya Diri di Kencan Pertama, Pakai Baju yang Nyaman hingga Bicara Pelan-pelan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."