Tips Memilih Body Serum yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi memakai body lotion. Freepik.com

kecantikan

Tips Memilih Body Serum yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 24 Januari 2023 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pemakaian serum identik dengan kulit wajah. Padahal, area lainnya seperti kulit lengan, dada, punggung hingga kaki juga membutuhkan serum sama seperti wajah. Maka dari itu, pentingnya pemakaian serum tubuh atau body serum dalam rutinitas kecantikan kamu.

Sama seperti produk skincare lainnya, langkah pertama dan utama kamu harus mengidentifikasi kondisi kulit sebelum memilih body serum. Berikut tiga tips di antaranya yang perlu kamu ketahui.

Tips Memilih Body Serum sesuai Masalah Kulit.

1. Body Serum Eksfoliasi untuk Kulit Kasar

Mungkin kamu pernah menggunakan scrub untuk meredakan benjolan kecil dan tekstur yang tidak rata, tetapi itu bukan satu-satunya pilihan. Kamu bisa menggunakan pengelupasan kimiawi seperti asam alfa-hidroksi (AHA) untuk menghaluskan tekstur dan asam beta-hidroksi (BHA) untuk mengatasi jerawat di punggung atau dada.

Bagi mereka yang mengalami keratosis pilaris, atau benjolan kecil berwarna putih dan merah di bagian belakang lengan, kaki, dan lainnya, carilah bahan-bahan seperti urea dan asam laktat untuk mendorong pergantian sel secara teratur.

Secara umum, bahan-bahan seperti asam glikolat, urea, asam salisilat, asam laktat, mandelic acid, dan malic acid, yang terbaik untuk body serum pengelupas alias eksfoliasi. 

2. Body Serum Vitamin C untuk Kulit Kusam

Jika kamu memiliki kulit kusam atau hiperpigmentasi sporadis dan bintik hitam, vitamin C akan menjadi solusi terbaik. Menggunakan vitamin C secara topikal telah terbukti membantu mengatasi sejumlah besar masalah kulit, termasuk meningkatkan kualitas dan warna secara keseluruhan dengan mengurangi hiperpigmentasi, dan mencerahkan kulit. Bukan cuma itu, vitamin C juga mengurangi kehilangan kelembapan, membantu mengurangi peradangan kulit, dan melawan kerusakan akibat sinar UV. 

Untuk menemukan bahan ini di dalam body serum, pastikan ada kandungan vitamin C serta ekstrak buah yang kaya akan antioksidan di labe kemasannya.

Vitamin C bisa hadir dalam berbagai bentuk pada daftar bahan, termasuk asam L-askorbat, magnesium ascorbyl phosphate, tetrahexyldecyl ascorbate, ascorbyl palmitate, sodium ascorbyl phosphate, dan ascorbyl tetraisopalmitate—tetapi merek biasanya akan menyebutkan kandungan vitamin C mereka untuk memudahkan kamu.

3. Body Serum Retinol untuk Kulit Menua

Retinol adalah bahan yang benar-benar dapat mengubah kulit, apakah kamu ingin menghilangkan jerawat, mengurangi garis halus dan kerutan, atau mencerahkan kulit secara keseluruhan. 

Carilah body serum retinol yang telah diformulasikan sebelumnya, daripada mencampurkan retinol sendiri ke dalam krim tubuh favorit. Sebab retinol adalah bahan yang terkenal tidak stabil, jadi sebaiknya serahkan proyek kimia kepada ahlinya.

Penggunaan body serum atau body lotion retinol adalah dua atau tiga hari, bukan setiap pagi atau malam. Pada hari-hari libur, pilihlah formula hidrasi sederhana sebagai gantinya.

Baca juga: Perawatan Tubuh dengan Body Serum, Bisa Atasi Masalah Kulit Kusam

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika