8 Cara Agar Wajah Simetris, Efektif dan Mudah Dilakukan Kapan Saja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bentuk wajah pada setiap orang berbeda-beda dan bisa menjadi tidak simetris atau asimetris karena banyak faktor. Seperti karena faktor genetik, pernah mengalami stroke, penuaan, paparan sinar UV dan juga pola hidup yang kurang baik. Jangan khawatir, kamu masih bisa untuk memperbaikinya.

Berikut 8 cara agar wajah simetris, efektif dan mudah dilakukan kapan saja:

1. Melakukan Yoga 

Ilustrasi plow pose yoga. Shutterstock

Cara agar muka simetris dapat dibantu dengan melakukan gerakan yoga untuk area tersebut. Gerakan yoga pada wajah tidak hanya untuk meningkatkan sirkulasi darah tetapi juga melatih otot-otot yang membantu mengencangkan kulit. Cobalah beberapa gerakan yoga wajah yang tercantum di bawah ini dilansir dari Cellayxs : 

Kembungkan pipi, dorong udara ke dalam mulut dan gerakkan udara dari satu sisi ke sisi lain sebanyak empat kali. Ulangi hingga 5 kali sehari untuk membantu membesarkan pipi.
Untuk mata lebar, angkat alis dan julurkan lidah. Tahan hingga 60 detik dan ulangi hingga sepuluh kali. 

Kencangkan mulut menjadi O. Kemudian, tersenyumlah dan julingkan mata, tanpa membiarkan mulut bergerak. Ulangi 10 kali untuk membantu mengencangkan kulit secara keseluruhan.

Genggam tangan ke wajah, dan tersenyum lebar. Pastikan tangan mencegah mulut untuk benar-benar tersenyum. Tujuannya agar otot-otot wajah bekerja melawan tangan. Ulangi sebanyak 10 kali untuk membantu mengencangkan otot wajah.

2. Hindari tidur tengkurap

Ilustrasi wanita sedang tidur ditemani anjing peliharaannya. Foto: Pixabay.com/Jess Foami

Cara alami memperbaiki agar wajah simetris  adalah dengan menghindari untuk tidur tengkurap. Karena tidur tengkurap dengan wajah ditekan ke bantal dapat membuat wajah semakin asimetris dari waktu ke waktu. Lebih baik untuk  tidur dengan posisi terlentang atau menyamping.

3. Melakukan Filler 

Ilustrasi fillers. Shutterstock

Melakukan filler adalah salah satu cara membuat wajah simetris. Filler adalah Memasukkan pengisi lembut atau cairan botox ke wajah melalui suntikan yang dapat memperbaiki tampilan asimetri wajah. 

Filler bekerja dengan baik untuk asimetri yang dihasilkan dari ketidakseimbangan jaringan atau kelemahan otot. Namun filler tidak dapat bertahan selamanya, dan akhirnya efeknya akan memudar.
            
Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah wajahmu sudah simetris atau belum cara terbaik untuk mengujinya adalah dengan mengambil foto close up wajah dan mencetaknya. Setelah mencetaknya, gunakan penggaris cari perhitungannya yang sudah tersedia di internet. Namun saat ini juga sudah ada aplikasi yang akan mengevaluasi fotomu untuk memberitahu apakah wajah kamu simetris atau tidak.

4. Melakukan Rinoplasti

Melakukan rinoplasti dapat menjadi cara agar muka simetris. Rinoplasti adalah operasi hidung yang dapat dilakukan jika asimetri wajah disebabkan oleh patahnya tulang hidung yang tidak terpasang dengan benar, atau jika kamu tidak menyukai bentuk hidung saat ini. Hasil operasinya bersifat permanen dan sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan dokter ahli agar tidak salah langkah. 

5. Latihan Kedip Mata Sebagian

Muka simetris bisa didapatkan dengan berlatih untuk berkedip. Aktivitas ini akan menyelaraskan jaringan mata bagian bawah dan pipi bagian atas. Kedipkan mata sebagian sebanyak 50 kali. 

Tahan setiap kedipan selama satu detik kemudian dorong jari ke dalam kulit pelipis. Tarik sedikit kulit ke belakang dan tutup mata rapat-rapat saat jari-jari masih dalam posisi. Disarankan untuk mengulangi sekitar 20 repetisi dari latihan ini sekaligus akan sangat membantu.

6. Menutupinya dengan Makeup

Ilustrasi kosmetik atau makeup (Pixabay)

Menggunakan makeup atau riasan adalah cara paling cepat agar wajah dapat terlihat simetris. Caranya dengan menggunakan contour atau highlight , lalu taburkan alas bedak yang sesuai dengan warna kulit. Jangan lupa gunakan alas bedak yang lebih terang dan lebih gelap untuk menonjolkan wajah agar terlihat lebih seimbang. 

 7. Melakukan senam wajah

Ilustrasi wanita memijat wajahnya. Freepik.com/Benzoix

Ada banyak gerakan senam wajah yang dapat kamu ikuti di Internet. Salah satunya ada salah satu video dari channel youtube Pauline Wahyuni yaitu dengan cara yang pertama, letakan tangan di atas telinga dan perlahan tarik ke atas. 

Lalu turunkan dagu ke bawah dan tahan selama lima detik, ulangi selama lima kali. Gerakan kedua, hisap bibir ke dalam lalu turunkan dagu ke bawah dan tahan selama lima detik, ulangi lagi selama lima kali. 

8. Melakukan implan

Jika memiliki wajah yang asimetri akibat cacat lahir, kecelakaan traumatis, operasi wajah atau alasan lainnya, implan wajah dapat memperbaiki ketidakseimbangan tersebut dan membuatnya lebih seimbang. Implan harus dirancang khusus untukmu dan dimasukkan di bawah kulit oleh ahli bedah. 

Implan wajah dapat dibuat dari berbagai bahan seperti silikon, titanium, plastik, gel, dan logam lainnya. Dokter akan dapat menilai dan merujuk kamu ke ahli bedah plastik yang dapat memasang implan wajah yang disesuaikan untukmu. 

Baca: 3 Penyebab Lapar setelah Yoga serta Makanan yang Direkomendasikan

LINTANG OLIVIA | CELLAXYS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."