5 Potret Kebersamaan Nano Riantiarno dan Ratna Riantiarno, 45 Tahun Menikah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Nano Riantiarno dan istri, Ratna Riantiarno. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

(dari kanan) Nano Riantiarno dan istri, Ratna Riantiarno. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia seni dan budaya Indonesia. Budayawan dan pendiri Teater Koma, Norbertus Riantiarno atau biasa disapa Nano Riantiarno meninggal pada Jumat pagi, 20 Januari 2023 pukul 06.58 WIB. Kabar duka ini disampaikan langsung oleh pihak keluarga baik melalui media sosial maupun pesan singkat.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, suami, ayah, kakak, guru kami tercinta, Norbertus Riantiarno, di rumah beliau, pada pagi hari, Jumat, 20 Januari 2023, pukul 06.58 WIB," tulis pesan berantai yang diterima Tempo.

Kepergian pria yang dikenal sebagai aktor, penulis, sekaligus sutradara kebanggaan Indonesia tentunya menjadi kehilangan terbesar bagi keluarga tercinta terutama sang istri yang juga aktris kawakan, Ratna Riantiarno. Pasangan suami istri ini diketahui hampir menikah selama 45 tahun. Lewat akun Instagram keduanya, Cantika menghimpun sejumlah kebersamaan Nano Riantiarno dan Ratna Riantiarno. Berikut beberapa di antaranya.

1. Potret Pernikahan

(dari kiri) Potret pernikahan Nano Riantiarno dan Ratna Riantiarno pada 29 Juli 1978. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

Saat menandai ulang tahun pernikahan atau wedding anniversary ke-44 pada 29 Juli 2022, Ratna dan Nano kompak unggah dua foto di Instagram-nya. Di foto pertama tampak Nano dan Ratna mengenakan busana pengantin gaya modern. Nano memakai jas corak kotak-kotak dan dasi, sementara Ratna memakai gaun pengantin tanpa lengan dan veil transparan.

Di slide kedua, keduanya terlihat memakai busana adat Jawa klasik. Mereka duduk di pelaminan. Di keterangan fotonya, Ratna dan Nano hanya menulis singkat dan sarat makna. "Hari ini, 44 tahun lalu," tulisnya.

2. Sepayung Berdua

(dari kanan) Ratna Riantiarno unggah foto sepayung berdua dengan suami, Nano Riantiarno, di Instagram pada November 2020. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

Pada dua tahun lalu, Ratna unggah potret mesra sepayung berdua dengan suami tercinta, Nano Riantiarno. Di potret tersebut tampak Ratna dan Nano sama-sama memegang payung warna merah dan putih. Nano yang lebih tinggi dari Ratna terlihat merangkul Ratna agar mendekat kepadanya.

3. Mendampingi Suami Bekerja

(dari kiri) Ratna Riantiarno dan suami, Nano Riantiarno di Jambi pada Januari 2022. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

Di awal tahun kemarin, Nano bagikan foto berdua dengan sang suami saat berada di Jambi. Kembali di foto itu, Nano tampak merangkul mesra sang istri. Di foto keduanya, kompak berbusana serbahitam.

"Menemani suami bertugas di Malam Keagungan Melayu Jambi, 6 Januari 2022," tulis Ratna di keterangan foto Instagram.

4. Ngopi Berdua

(dari kiri) Ratna Riantiarno dan Nano Riantiarno ngopi berdua di kafe kopi. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

Tak hanya bersama dalam pekerjaan, Nano dan Ratna kerap menghabiskan waktu santai berdua seperti foto di salah satu kafe kopi di daerah Jakarta Selatan. Keduanya tampak duduk berhadapan dan terdapat beberapa cangkir kopi dan wadah camilan. "Pagi berdua," bunyi keterangan foto yang diunggah di Instagram keduanya pada Agustus 202.

5. Potret Mesra di Rumah

(dari kanan) Nano Riantiarno dan istri, Ratna Riantiarno. Foto: Instagram/@ratnariantiarno

Di unggahan kali ini tampak Nano dan Ratna duduk di kursi kayu dan pohon Natal berada di belakang mereka. Keduanya kompak berbusana nuansa abu-abu dan tersenyum ke arah kamera. Di keterangan foto, Ratna mengungkapkan bahwa itu momen usai mengantar belahan jiwanya potong rambut.

"Foto dulu usai antar suami potong rambut, ditemani cucu tercinta," tulisnya di Instagram pada 17 Desember 2022.

Saat ini, jenazah Nano Riantiarno disemayamkan di Sanggar Teater Koma, Jl. Cempaka Raya No. 15, Bintaro, Jakarta Selatan. Rencananya jenazah akan dimakamkan besok, Sabtu, 21 Januari 2023 di Taman Makam Giri Tama, Tonjong, Bogor sebelum pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, Pria yang tutup usia 73 tahun itu sempat menjalani perawatan di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, sejak Senin, 7 November 2022. Ia menjalani operasi pengangkatan tumor di paha kirinya pada Selasa, 8 November 2022.

Selamat jalan budayawan dan seniman terbaik Indonesia, Nano Riantiarno

Baca juga: Festival Payung Indonesia Dimulai Hari Ini, Memadukan Seni dan Literasi

TEMPO | INSTAGRAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."