7 Manfaat Traveling bareng Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com

Ilustrasi pasangan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu sudah lama tidak bepergian atau traveling bareng pasangan? Jika iya, agendakanlah selagi masih di awal tahun. Kamu punya banyak waktu untuk merencanakan anggaran dan tujuannya. Mengapa begitu penting traveling bareng pasangan? Sebab ada sederet manfaat traveling bareng pasangan untuk keharmonisan hubungan, kepuasan bercinta hingga kesehatan ifisik serta mental kamu dan pasangan. 

Berikut tujuh manfaat traveling bareng pasangan menurut sejumlah penelitian

1. Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

Partisipan dalam studi yang diterbitkan dalam Journal  Applied Research in Quality of Life mengalami peningkatan kebahagiaan hanya dengan merencanakan liburan. Ditambah lagi, keadaan pikiran yang gembira tersebut berlangsung rata-rata selama delapan minggu. 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung pada Pria

Sebuah studi yang dilakukan oleh State University of New York, Amerika Serikat, menemukan bahwa pria paruh baya yang sering berlibur tahunan bersama pasangan memiliki risiko kematian yang lebih rendah secara keseluruhan, terutama kematian yang dikaitkan dengan penyakit jantung koroner.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental Wanita

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Wisconsin Medical, wanita yang sering berlibur cenderung tidak tegang, depresi, atau lelah. Selain itu, manfaat psikologis ini mengarah pada peningkatan kualitas hidup, kinerja, dan interaksi dengan pasangan.

4. Meningkatkan Kepuasan Pernikahan

Studi yang sama menemukan bahwa wanita yang lebih sering berlibur lebih puas dengan pernikahan mereka. Perempuan yang tidak sering berlibur dilaporkan mengalami dampak negatif pada waktu yang dihabiskan bersama anak atau pasangannya. 

5. Mengurangi Tingkat Stres di Tempat Kerja

Bukti menunjukkan bahwa kegiatan rekreasi seperti berlibur mengurangi tingkat stres kerja, dalam sebuah penelitian terhadap 900 pengacara, yang dilakukan oleh Joudrey dan Wallace, peneliti asal Kanada. Tentunya, manfaat ini juga bisa berdampak baik pada pekerjaan kamu dan pasangan setelah pulang traveling berdua.

6. Memperkuat Ikatan Keluarga

"Liburan bersama pasangan berkontribusi positif terhadap ikatan keluarga, komunikasi, dan solidaritas," menurut sebuah studi peneliti internasional yang dipimpin oleh Universitas Purdue Xinran Lehto, yang mengeksplorasi dampak positif liburan terhadap keluarga.

Sebab waktu yang dihabiskan bersama keluarga termasuk pasangan saat berlibur di luar rutinitas sehari-hari, menjadikan kenangan bersama untuk seumur hidup.

7. Semakin Memperkuat Keintiman dalam Hubungan

Menurut penelitian yang ditugaskan oleh Asosiasi Perjalanan Amerika Serikat, pasangan yang bepergian bersama secara signifikan lebih puas dengan hubungan mereka, bercinta lebih memuaskan, dan romansa yang lebih baik lama setelah perjalanan berakhir.

Faktanya, penelitian tersebut menemukan bahwa mengambil liburan akhir pekan lebih mungkin memicu romansa daripada memberikan hadiah kecil atau besar. 

Baca juga: 7 Etika Traveling saat Kunjungi Tempat Baru, Bijak Berfoto

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."