10 Ciri Cowok Insecure, dari Sering Ancam Mau Putus hingga Selalu Butuh Validasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang bisa alami merasa tidak aman alias insecure, termasuk cowok kamu. Insecure itu bisa timbul dari rasa kurang percaya diri dan meragukan kemampuan mereka sendiri. Berikut ciri cowok insecure dalam hubungan asmara.

1. Tidak Memiliki Teman atau Minat Selain Kamu

Dia tidak pernah menyebut teman atau tidak bergaul dengan siapa pun kecuali kamu. Di luar pekerjaan, dia tidak memiliki minat atau hobi. Dia tidak pergi ke gym, nongkrong dengan temannya, atau mengikuti kegiatan lain seperti menjadi relawan.

Saat dia tidak bersamamu, dia duduk di rumah memikirkanmu. Atau mungkin dia memang punya teman dan hobi pada satu waktu, tetapi dia menyerahkan semuanya untuk menghabiskan setiap menit bersamamu.

2. Mengira Kamu Masih Punya Perasaan Terhadap Mantan

Di pikirannya, dia yakin kamu tidak melupakan mantan kamu, bahkan jika kamu telah putus selama bertahun-tahun. Insecure-nya begitu luar biasa sehingga dia tidak dapat melihat alasannya dan akan meyakinkan dirinya sendiri bahwa kamu tidak mungkin mencintainya, jadi satu-satunya kesimpulan "logis" adalah bahwa kamu masih mencintai mantan kamu

3. Membutuhkan Validasi Terus-Menerus

Pria insecure sering menanyakan pertanyaan seperti, "Apakah kamu mencintaiku?" guna memancing pujian. Kemudian ketika kamu meyakinkannya bahwa kamu menganggapnya menarik, dia tidak mempercayai kamu.

Semua orang suka mendengar bahwa mereka dicintai, cantik, berbakat, menarik, cerdas, dan diinginkan, tetapi kebutuhannya melampaui kebutuhan kita semua. Dia umumnya, cowok insecure memiliki harga diri rendah, yang menjadi pendorong di balik banyak perilaku tidak amannya.

4. Mudah Cemburu dengan Teman-teman Kamu

Cowok insecure mudah cemburu saat kamu bersama teman-teman kamu. Dia tidak suka kamu bertemu rekan kerja setelah jam kerja, dia tidak suka kamu pergi berbelanja dengan sahabat perempuan kamu, bahkan melarang kamu punya hubungan platonis dengan pria. Dia sering menelepon dan mengirim SMS untuk memeriksa kamu saat kamu keluar tanpa dia.

Pada awalnya, sifat posesifnya mungkin membuat kamu merasa istimewa dan diinginkan. Namun setelah beberapa waktu, rasa posesif itu akan menjadi menjengkelkan ketika kamu merasa tidak dapat melakukan apa pun dengan teman kamu tanpa membuatnya kesal.

5. Sering Ancam Mau Putus dengan Kamu

Dia kerap memainkan permainan semacam ini, di mana dia mengancam untuk pergi atau putus denganmu. Dia mengatakan hal-hal seperti, "Aku tidak merasa diinginkan" atau, "Menurutku kamu tidak benar-benar mencintaiku".

Sebenarnya, dia tidak benar-benar ingin mengakhiri hubungan. Dia hanya berharap kamu akan memintanya untuk tinggal. Jika kamu melakukannya, itu memvalidasi egonya yang rapuh. Jika tidak, dia akan melakukan apa pun yang dia bisa agar dia tidak kehilangan kamu

Dia hanya menguji pengabdianmu padanya dan menuntut validasi yang sangat dia dambakan.

Akhirnya, kamu akan terjebak dalam hubungan yang tidak sehat ini atau Anda akan bosan dengan permainan kecil ini dan dengan senang hati membiarkannya pergi saat dia mengancamnya lagi.

6. Kerap Kepo Media Sosial Kamu

Dia selalu waspada saat kamu mengunggah postingan di media sosial. Dia mengikuti kamu dan selalu tahu apa yang kamu lakukan di media sosial. Dia bahkan mungkin marah jika dia membaca apa yang kamu lakukan di media sosial ketika kamu tidak memberi tahu dia secara pribadi sebelum mempostingnya untuk dibaca semua orang.

7. Mengecek Ponsel Kamu

Dengan gaya acuh tak acuh, dia kerap bertanya kepada siapa kamu mengirim pesan atau dia mungkin langsung meminta untuk melihat telepon kamu. Dia sering kali merasa seperti kamu menyembunyikan sesuatu darinya jika kamu menggunakan komputer atau ponsel, meskipun kamu hanya memeriksa email kantor.

8. Dia Pikir Kamu Tidak Setia

Cowok insecure tidak bisa menghilangkan kecurigaannya bahwa kamu selingkuh. Di alam pikirannya, dia mungkin menuduh kamu berselingkuh dengan rekan kerja, atau kerap mencari-cari seseorang yang lebih baik. Hal ini dipicu karena dia merasa tidak cukup baik untukmu.

9. Suasana Hatinya Bergantung pada Kamu

Sebenarnya normal dan merupakan hal yang baik untuk peka terhadap suasana hati pasangan, tetapi dengan cowok insecure, suasana hatinya akan sangat bergantung pada kamu.

Jika kamu bahagia dan mencintai dia, dia akan berada dalam suasana hati yang baik. Jika kamu lelah dan tidak punya waktu untuk terus meyakinkannya bahwa kamu mencintainya, dia akan sedih dan tertekan.

Perilakunya yang saling tergantung memberikan tekanan yang luar biasa pada kamu untuk selalu memastikan bahwa kamu dalam suasana hati yang baik sehingga dia tidak putus asa.

10. Terlalu Sensitif Terhadap Kritik

Tidak ada yang suka dikritik, tetapi cowok insecure akan punya reaksi yang cukup menyesakkan saat berhadapan dengan kritik membangun. Jika kamu terbuka dan memberi tahu dia bahwa caranya "mencekik" dan kamu perlu ruang, kemungkinan besar dia semakin memaksa. Alih-alih mendengarkan kekhawatiran kamu, merenungkan perilakunya, dan berjanji untuk memberi kamu ruang, dia malah semakin mendesak.

Baca juga: Terlalu Sensitif dan Perfeksionis, Gemini dan 3 Zodiak Ini Gampang Insecure

YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."