Parade Fashion Pria yang Outstanding di Jakarta Fashion Trend 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tidak hanya menampilkan fashion perempuan, gelaran Jakarta Fashion Trend 2023 juga memamerkan ragam fashion pria yang bisa jadi inspirasi busana/Foto: Doc. IFC

Tidak hanya menampilkan fashion perempuan, gelaran Jakarta Fashion Trend 2023 juga memamerkan ragam fashion pria yang bisa jadi inspirasi busana/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perhelatan tahunan Jakarta Fashion Trend 2023 digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter telah digelar tanggal 11-12 Januari 2023 di Soehana Hall, The Energy Builing, SCBD Jakarta dengan tujuan mengangkat potensi Indonesia, khususnya DKI Jakarta, sebagai salah satu pusat tren mode global.

Menariknya, jika selama ini panggung runway didominasi oleh fashion perempuan, pada tahun ini JFT banyak memanerkan busana pria yang outstanding dan mencuri perhatian. Agaknya, minat fashion pria juga semakin banyak lantaran style yang disajikan juga semakin beragam dan punya statement unik. 

Berikut sejumlah desainer yang menampilkan fashion pria dan diprediksi menjadi tren fashion tahun 2023: 

1.  Fomalhaut Zamel

Fomalhaut Zamel merilis koleksi Reborn dengan gaya rebel, military, underground, dan style yang techwear/Foto: Doc. IFC

Mengangkat tema Reborn, Fomalhaut Zamel merilis koleksi Reborn dengan gaya rebel, military, underground, dan style yang techwear. Penginterpretasian Reborn disini adalah terlahir kembali yang merupakan sebuah style pribadi dari sang desainer. Bisa dibilang sudah lama terpendam selama ini dilahirkan kembali. Selama ini Fomalhaut Zamel lebih dikenal sebagai desainer evening dress dengan style Royal Collection. Namun, sekarang ada style pribadi dari desainer yang dimunculkan kembali menjadi sebuah brand bernama Reborn. 

Ragam motif dari Tenun Sumatra Barat diadopsi dan dijadikan print yang eksklusif. Koleksi kali ini juga banyak mengunakan bahan fleece dan baby terry dengan warna yang dominan hitam, abu-abu, dan militery green.

2. Ichwan Thoha X Magistus Miftah X Haritsa Maharani 

Renaissance Man by Ichwan Thoha terdiri dari delapan look yang didominasi dengan memakai kerah Ruffs khas para priayi zaman Renaissance/Foto: Cantika.com/Ecka Pramita

Renaisaance Man oleh Ichwan Thoha X Magistus Miftah X Haritsa Maharani untuk Jakarta FashionTrend 2023, Rabu, 11 Januari  2022 di Soehanna Hall Jakarta.Renaissance Man oleh  Ichwan Thoha adalah sebuah koleksi yang terinspirasi dari gaya busana kaum royalty jaman Renaissance atau abad ke-17. ‘Renaissance’ berarti ‘Reborn; atau ‘Terlahir Kembali’, adalah periode setelah ‘Dark Ages’ di Eropa. Renaissance di Eropa adalah keadaan dimana tumbuhnya science, logika dan berpikir visioner setelah ratusan tahun dilarang di Eropa pada jama Dark Ages atau ‘Jaman Kegelapan’. 

Renaissance Man by Ichwan Thoha terdiri dari delapan looks yang didominasi dengan memakai kerah Ruffs khas para priayi jaman Renaissance. Dan aksesoris lain yakni Harness untuk menambah kesan modern pada koleksi. Harness didukung oleh Magistus Miftah. Sedangkan kerah Ruffs, Ichwan Thoha berkolaborasi dengan Haritsa Maharani. Ruffs adalah kerah yang melingkar pada leher pria dan wanita royalty zaman Renaissance yang berbeentuk repetisi angka delapan. Selain itu aksesoris berupa topi baret, veil, bowtie khas Ichwan Thoha. 

Kisaran bahan yang gunakan Ichwan Thoha dalam koleksi ini adalah satin, lace, twill, jersey, linen, ribbing dan lainnya. Sedangkan kisaran warna dari krem, navy blue sampai ice blue, hijau telor asin juga broken white juga abu-abu. Potongan berupa longline shirt, shirt, waistcoat, tailored jacker, leggings, shorts, dengan details ruffles yang flamboyant juga manset super lebar. Kemasan ke delapan look yang dipakai oleh model-model pria mengandung unsur activewear, streetwear, club wear juga flamboyan khas Ichwan Thoha.

3. KURSIENKARZAI

Memadukan motif kawung dan bunga melati dalam bentuk printing dan embroidery untuk koleksi spring summer 2023, KURSIENKARSAI mengusung tema Cimelo/Foto: Doc. IFC

Indonesia memiliki banyak suku adat dan kebudayaan yang menjadi indentitas bangsa.  BATIK adalah salah satunya, budaya membatik sudah menjadi tradisi leluhur bangsa ini , salah satunya adalah motif kawung yang diciptakan oleh salah satu sultan kerajaan Mataram pada abad ke-13. 

Bunga Melati merupakan simbol kesucian yang biasa dikenakan dalam acara adat dan menjadi bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia. Memadukan motif kawung dan bunga melati dalam bentuk printing dan embroidery untuk koleksi spring summer 2023 , KURSIENKARZAI mengusung tema CIMELIO .

Koleksi busana muslim untuk pria dengan style abaya, kurta dengan motif batik kawung teknirk embroderry. Koleksi ini kami citptakan untuk menyasar market busana pria yang akan mengisi kegiatan di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. 

Baca: Jakarta Fashion Trend 2023, Padukan Fashion, Beauty, dan Nature

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."