Cerita Abidzar Al-ghifari saat Berperan Sebagai Roy di Film Balada Si Roy

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Aktor Abidzar Al-Ghifari berpose saat menghadiri penayangan perdana film Balada Si Roy di Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023. Film ini merupakan adaptasi dari serial novel karya Gol A Gong yang populer di era 1990an. ANTARA/Muhammad Adimaja

Aktor Abidzar Al-Ghifari berpose saat menghadiri penayangan perdana film Balada Si Roy di Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023. Film ini merupakan adaptasi dari serial novel karya Gol A Gong yang populer di era 1990an. ANTARA/Muhammad Adimaja

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beradegan dengan seekor anjing di film “Balada Si Roy”, Abidzar Al Ghifari meminta disediakan tanah di lokasi syuting untuk membasuh najis.

"Sempat minta untuk setiap hari disediain tanah. Karena ya lumayan penting kan bagi gue. Jadi setiap ada scene sama Joe, gue selalu minta tanah itu," kata Abizar saat dijumpai di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Selasa, 10 Januari 2022.

Selain Abidzar Al-ghifari, lawan mainnya yakni Febby Rastanty juga berinteraksi dengan anjing dalam film tersebut. Namun, Febby sendiri mengaku tak takut dengan anjing. Justru, dia merupakan seorang yang sangat menyukai anjing.

"Aku memang dog person. Jadi aku memang suka banget sama anjing. Sementara kalau sama Joe (karakter anjing di film itu) itu aku sama Abi, selain reading sama yang lain, kita dapat chemistry sama yang lain, kita juga dapat chemistry sama Joe," jelas Febby.

"Sebelum reading aku latihan dulu sama Joe. Abis itu baru reading. Baru yang cowok-cowok latihan fighting. Setiap hari kayak gitu. Prosesnya jadi ya sebulan setengah latihan main sama anjing terus," imbuhnya.

Di sisi lain, sutradara Fajar Nugros pun menjelaskan bahwa pada film ini ada adegan tambahan yang cukup berbeda dari novel “Balada Si Roy”.

Pada filmnya, Fajar pun memberi penjelasan bahwa Roy selalu membasuh tubuhnya dengan tanah usai bermain dengan Joe. Hal itu bertujuan untuk menjawab pertanyaan para penonton saat menyaksikan adegan tersebut.

"Memang ini menjadi topik diskusi saya sama Santi dan yang lain. Novelnya aslinya ditulis tahun 80an dimana persepsi kita masih sangat terbuka. Kemudian di era ketika filmnya dibuat, society kita sudah berubah situasinya,” terang Fajar.

“Sebagai kreator, saya punya kesadaran ini akan menjadi pertanyaan, memang boleh ya orang Islam punya anjing? Jadi sebelum penontonnya berpikir begitu, sudah ditanyakan sama karakternya. Karena pasti anak saya tanya, ponakan saya tanya, jadi sebelum mereka bertanya, tokohnya sudah bertanya," sambungnya.

Fajar juga menjelaskan bahwa dirinya sempat berdiskusi dengan beberapa ustadz untuk mendiskusikan adegan tersebut. Setelah mendapat penjelasan, Fajar akhirnya memberanikan diri untuk tetap menerapkan adegan tersebut dalam film.

“Saya sudah bertanya dengan beberapa ustadz juga. Kalau fungsinya untuk menjaga rumah, oke-oke saja," tutupnya.

Sinopsis Film Balada Si Roy

Official poster film Balada Si Roy yang tayang pada 19 Januari 2023/Foto: Instagram/Balada Si Roy

Film Balada Si Roy yang diadaptasi dari novel karya Gol A Gong menceritakan kisah Roy, murid baru pemberontak yang harus beradaptasi dengan kehidupan barunya di kota pesisir kecil bernama Serang. Berbeda dari laki-laki kebanyakan, membuat Roy disukai oleh banyak sekali perempuan di sekolahnya. Tapi hanya Ani, gadis manis yang juga dikejar Dullah sang penguasa sekolah, yang bisa merebut hatinya. Perseteruannya dengan Dullah yang merasa terancam dengan kehadiran Roy, berujung pada kematian Joe.

Sepeninggal Joe, Roy memiliki dua orang sahabat, Andi dan Toni, yang berkubu dengannya melawan kubu Dullah. Tapi karena suatu musibah, Andi meninggal dunia dan Toni harus pindah ke kota lain untuk berobat. Kembali sendiri tanpa sahabat, Ani menjadi satu-satunya tempat ia berlabuh. Tapi karena ulah Dullah yang membeberkan aib keluarga Roy, orang tua Ani pun melarang hubungan mereka. Roy yang terpuruk, melarikan diri ke balap liar.

Menyerah dan kalah pada keadaan bukanlah pilihan bagi Roy. Ia bertekad untuk bangkit dan berjuang untuk menemukan jawaban atas segala pertanyaannya sendiri. Bertualang seorang diri menjadi pilihannya

Baca: Sebelum Nonton Film Balada Si Roy, Yuk Mengenal Si Roy Lebih Dekat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."