Youn Yuh Jung Tandatangani Kontrak dengan CAA, Satu Agensi dengan Zendaya dan Tom Hanks

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Youn Yuh-jung berpose dengan piala Oscar setelah meraih penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam Academy Awards ke-93 di Los Angeles, AS, 25 April 2021. Dalam film Minari, aktris berusia 73 tahun itu berperan sebagai seorang nenek Korea yang tiba di sebuah pertanian, di pedesaan Arkansas untuk merawat kedua cucunya, sementara putrinya Monica (Han Ye-ri) dan menantu laki-lakinya Jacob (Steven Yeun) mengejar impian. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

Youn Yuh-jung berpose dengan piala Oscar setelah meraih penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam Academy Awards ke-93 di Los Angeles, AS, 25 April 2021. Dalam film Minari, aktris berusia 73 tahun itu berperan sebagai seorang nenek Korea yang tiba di sebuah pertanian, di pedesaan Arkansas untuk merawat kedua cucunya, sementara putrinya Monica (Han Ye-ri) dan menantu laki-lakinya Jacob (Steven Yeun) mengejar impian. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar gembira datang dari aktris senior asal Korea Selatan, Youn Yuh Jung. Aktris berusia 75 tahun itu telah menandatangani kontrak baru dengan agensi dari Amerika Serikat, Creative Artists Agency (CAA). Kabar tersebut dikonfirmasi asistennya kepada Yonhap pada Selasa, 10 Januari 2023.

Pihak perwakilan Youn itu mengonfirmasi laporan yang diungkapkan kali pertama oleh Deadline pada Senin, 9 Januari 2023, waktu setempat, menyebutkan bahwa CAA telah mengontrak Yuh Jung.

Creative Artists Agency merupakan salah satu agensi bintang terbesar di Hollywood. Sejumlah nama besar bernaung di dalamnya seperti sutradara Steven Spielberg, aktor Tom Hanks, dan aktris Zendaya.

Bukan cuma itu, aktor Korea Lee Jung Jae, Gang Dong Won, dan Jung Ho Yeon juga diwakili secara internasional oleh agensi tersebut.

Pada bulan lalu, Yuh Jung mengakhiri kontrak manajemennya dengan agensi Korea Selatan, Hook Entertainment. Keputusan itu datang setelah agensi Korea itu terlibat dalam konflik hukum dengan penyanyi Lee Seung Gi atas dugaan kegagalan membayar royalti dari lagu-lagunya.

Aktris Korea Pertama yang Raih Oscar

Yuh Jung merupakan aktris Korea pertama yang memenangkan Academy Award atau Oscar 2021. Ia memenangkan kategori aktris pendukung terbaik di Academy Awards untuk perannya sebagai nenek Soon-ja dalam film Minari (2020) garapan sutradara Korea-Amerika Lee Isaac Chung.

Dalam film yang sebagian terinspirasi dari kehidupan sutradara Lee Isaac Chung, karakter Yuh Jung terbang dari Korea Selatan ke Amerika untuk menjaga dua cucunya.

Pidato kemenangan Yuh Jung di atas panggung beberapa kali menuai tawa dari penonton, dimulai dari celetukan spontannya tentang aktor ternama yang menyebut namanya sebagai pemenang.

"Mr. Brad Pitt, senang sekali akhirnya bisa bertemu denganmu," kata Youn dalam pidato kemenangannya pada April 2021. Ucapan tersebutnya mengundang senyum dari mantan suami Angelina Jolie yang berdiri di dekatnya.

Dia juga mengungkapkan tidak percaya bisa berpartisipasi dalam upacara Oscar yang selama ini hanya menjadi program tahunan yang ditontonnya di televisi. Ia berterima kasih kepada para pemeran di Minari yang sudah dianggapnya seperti keluarganya sendiri, juga mengatakan semua nominasi dalam kategorinya adalah pemenang masing-masing.

Para pesaingnya dalam kategori itu adalah Maria Bakalova untuk Borat Subsequent Moviefilm, Glenn Close untuk Hillbilly Elegy, Olivia Colman untuk The Father, dan Amanda Seyfried untuk Mank.

Profil Youn Yuh Jung

Sejak debut akting pada tahun 1966, Youn telah menjadi sensasi di layar Korea atas perannya sebagai karakter yang jenaka hingga menggugah hati, termasuk sebagai pelacur di The Bacchus Lady pada tahun 2016.

Aktris kelahiran 1947 ini populer di Korea Selatan lewat film Fire Woman (1971). Namun, pada pertengahan 1970-an, ia meninggalkan dunia hiburan setelah menikahi penyanyi populer Cho Young Nam dan pindah ke Amerika Serikat.

Setelah bercerai, dia kembali lagi untuk berkarya pada akhir 1980-an dan berupaya keras diterima lagi karena publik Korea Selatan saat itu memandang negatif perempuan yang bercerai. Peran yang sudah ia mainkan bervariasi, mulai dari pelayan muda yang menggoda majikan hingga nenek nyentrik di film teranyar.

Beberapa tahun terakhir, ia mengambil peran-peran pendukung atau peran kecil di proyek kecil yang skenarionya memikat, atau dibuat oleh orang yang dekat dengannya. Ia berperan sebagai nenek buta huruf di film indie Lucky CHan-sil (2019) tanpa bayaran, juga ibu demensia di film thriller Beasts Clawing at Straws (2020), film debut sutradara Kim Yong-hoon.

Bukan cuma drama dan film, Youn Yuh Jung juga membintangi realita populer, Youn's Stay, di mana ia dan selebritas Korea lain mengelola penginapan untuk orang asing sedang ditayangkan di televisi.

Baca juga: Youn Yuh Jung Raih Penghargaan Budaya Tertinggi di Korea Selatan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."