Youn Yuh Jung Raih Penghargaan Budaya Tertinggi di Korea Selatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktris Youn Yuh-jung berpose dengan piala Oscar setelah meraih penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam Academy Awards ke-93 di Los Angeles, AS, 25 April 2021. Youn memenangkan kategori tersebut untuk perannya sebagai seorang nenek eksentrik dalam film Korea-Amerika, Minari. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

Aktris Youn Yuh-jung berpose dengan piala Oscar setelah meraih penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik dalam Academy Awards ke-93 di Los Angeles, AS, 25 April 2021. Youn memenangkan kategori tersebut untuk perannya sebagai seorang nenek eksentrik dalam film Korea-Amerika, Minari. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris pemenang Oscar Youn Yuh Jung dianugerahi penghargaan Geumgwan Order of Cultural Merit oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, mengutip laporan The Korea Times pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam Korea Popular Culture and Arts Awards 2021. Geumgwan Order of Cultural Merit diberikan untuk Youn atas kontribusinya di industri perfilman Korea.

Youn menjadi aktris pertama yang memenangkan penghargaan budaya tertinggi. Hingga tahun lalu, belum ada pemenang kategori penghargaan tertinggi Geumgwan. Terakhir pada 2011, penghargaan ini diraih oleh novelis dan cerpenis Park Wan-suh.

Nama Youn melambung di dunia internasional sejak ia memenangkan Oscar untuk perannya dalam film Minari karya sutradara Lee Isaac Chung.

Selain Youn, beberapa pelaku di industri budaya pop, termasuk aktor dan musisi, juga akan diberi penghargaan dalam Korea Popular Culture and Arts Awards. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA). Upacara penghargaan diadakan secara daring pada Kamis pukul 6 sore waktu setempat.

Penyanyi folk legendaris Lee Jang-hee dan mendiang produser film Lee Chun-yeon  menerima penghargaan tertinggi kedua, Eungwan Order of Cultural Merit.

Sutradara film Parasite Bong Joon-ho dan aktor Song Kang-ho pernah dianugerahi penghargaan budaya Eungwan pada tahun 2019.

Sementara penghargaan tertinggi ketiga, Bogwan Order of Cultural Merit, akan diberikan kepada aktor veteran Park In-Hwan, yang baru-baru ini membintangi serial televisi Navillera, dan penulis skenario Noh Hee-kyung, yang menulis serial televisi It's Alright, This Is Love.

Penghargaan tahunan yang diselenggarakan pemerintah Korea Selatan pertama kali digelar pada 2010 untuk memberi penghormatan kepada mereka yang telah berkontribusi dalam mempromosikan budaya pop dan seni Korea. Para pemenang dievaluasi atas kontribusi mereka terhadap industri serta popularitas publik mereka.

Perhelatan yang ke-12 ini juga akan menampilkan pertunjukan dari beberapa penerima penghargaan kategori lainnya, termasuk NCT Dream, Oh My Girl, dan penyanyi jazz Woong San. Selain itu, ada juga penyanyi Kim Tae-yeon yang berkolaborasi dengan musisi hip-hop Aquinas serta grup dance AliEN.

Sekali lagi selamat untuk Youn Yuh Jung.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."