Apa Itu Triple Cleansing dan Waktu Terbaik Melakukannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mungkin kamu sering mendengar pembersihan ganda atau double cleansing, yakni membersihkan wajah dengan pembersih wajah berbahan dasar minyak, lalu dilanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air. Bagaimana dengan pembersihan tiga kali atau triple cleansing?

Seperti yang bisa kamu tebak, triple cleansing adalah membersihkan wajah dengan tiga langkah. Contohnya, membersihkan wajah dengan pembersih minyak, pembersih krim, kemudian pembersih berbasis gel atau busa untuk menghilangkan semua sisa kotoran.

Sementara yang lain, seperti dokter kulit bersertifikat Alexis Stephens, merekomendasikan untuk memasukkan eksfoliator ke dalam campuran.

Dalam video TikTok baru-baru ini, dia menggunakan pembersih minyak, pembersih berbahan dasar air, lalu mengoleskan toner pengelupas. Kuncinya, temukan metode yang paling cocok untuk jenis dan masalah kulit kamu.

“Pendekatan tiga langkah ini secara efektif menghilangkan tabir surya, kotoran, kotoran, riasan, dan larutan dari kulit sekaligus membersihkan kulit secara efektif dan menghilangkannya dari penumpukan sel kulit kering yang terkelupas,” catatnya.

Waktu Terbaik Triple Cleansing

Perlu diingat, agar tidak membebani penghalang kulit alami, triple cleansing tidak boleh dilakukan setiap hari. Disarankan triple celansing saat kamu melakukan eksfoliasi atau memakai riasan tebal.

"Dari sana, kamu bisa memperhatikan produk dan bahan yang kamu gunakan dan mengetahui efektivitasnya pada kulit wajah," kata Stephens. Mengingat pembersih pengupas kulit (apalagi tiga) adalah penyebab kekeringan, iritasi, dan bahkan jerawat.

Contoh Triple Cleansing

1. Hapus riasan dan/atau tabir surya menggunakan pembersih minyak yang menutrisi. Pijatkan ke kulit kamu dengan tangan kering, lalu bilas dengan air hangat untuk mengemulsi menjadi susu.

2. Selanjutnya, gunakan pembersih berbahan dasar air yang tidak mengelupas untuk memastikan kanvas bersih. Cukup usapkan ke kulit kamu yang sudah lembap dengan gerakan melingkar yang lembut sebelum dibilas.

3. Kemudian pilih solusi pengelupasan AHA untuk langkah ketiga pembersihan wajah. Kocok ke kapas yang dapat digunakan kembali dan usapkan ke kulit wajah untuk menghilangkan sisa riasan, kotoran, dan kotoran terakhir.

4. Terakhir, jangan lupa untuk melembapkan.

Triple cleansing mengandung lebih dari beberapa variasi, tetapi Stephens lebih memilih penghapus riasan/tabir surya, diikuti dengan pembersih wajah, kemudian eksfoliator lembut untuk menghilangkan kotoran dan membuat kulit wajah bercahaya. Sekali lagi ditekankan, triple cleansing dilakukan saat kamu membutuhkan membersihkan wajah secara mendalam.

Baca juga: Manfaat Double Cleansing untuk Kulit Wajah, Tingkatkan Fungsi Skin Barrier

MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."