Cegah Stunting dengan Gerakan 1000 HPK, Perhatikan Asupan Gizi Remaja Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi remaja gaul. Shutterstock

Ilustrasi remaja gaul. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merujuk Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 203 ditemukan bahwa sebanyak 10,2 persen  bayi di Indonesia lahir dengan berat badan rendah (kurang dari 2500 gram), 19,6 persen balita di Indonesia memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan usianya (kurang gizi), dan 37,2 persen balita di Indonesia memiliki tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya (pendek)

Stunting ialah sebuah kondisi di mana seorang anak melalui kurvanya pendek, di bawah minus dua standar deviasi. Bukan hanya ukuran badan yang pendek, atau tinggi badan, tetapi perkembangan otaknya. Bagaimana caranya mau memberi sel-sel di otak mereka jika perkembangannya terganggu. 

Spesialis Anak Rumah Sakit Brawijaya Dokter Annisa Nur Aini mengatakan pentingnya menjaga dan memperhatikan asupan gizi bagi para perempuan sejak berniat memiliki anak, karena 1.000 hari pertama kehidupan atau 1000 HPK seorang anak telah terjadi saat perempuan hamil. Begitu banyaknya dampak baik dan positif, apabila ibu menjaga nutrisi makanannya sedari hamil, hingga proses menyusui berlangsung. 

Seribu hari pertama kehidupan adalah periode awal kehidupan yang dimulai saat konsepsi sampai anak usia dua tahun pertama setelah kelahiran. Sebab, stunting pada anak dapat dimulai apabila anak kekurangan nutrisi dari kandungan. 

Jika tidak diatasi lebih awal, maka akan terus berpengaruh kepada tumbuh kembang anak setelah kelahiran terjadi. Karenanya, ibu merupakan kunci utama untuk mencegah terjadinya stunting pada anak-anaknya, kalau bisa sedari remaja, para perempuan telah mengonsumsi banyak nutrisi baik demi bisa melahirkan generasi-generasi cerdas di masa mendatang,

"Gangguan nutrisi yang mungkin muncul selama 1000 HPK antara lain gizi kurang atau buruk, gizi lebih, dan stunting yang turunannya pada gangguan perkembangan otak dan turunnya fungsi kognitif," ucap Annisa dalam acara Momami Bantu Ibu dalam Mendukung Pertumbuhan Si Kecil di 1000 Hari Pertamanya, Rabu, 21 Desember 2022. 

Oleh sebab itu, gerakan 1000 HPK dimasifkan karena bertujuan cegah stunting dan memutuskan rantai kekurangan gizi para remaja perempuan yang kelak akan menghasilkan generasi baru cerdas dan sehat. "Asupan gizi yang cukup dan stimulasi perkembangan adekuat pada masa itu memengaruhi tumbuh kembang seorang anak yang pada akhirnya akan tumbuh menjadi individu dewasa yang sehat," tegasnya. 

Velofa Theresia, COO 1000 Days Fund menambahkan 1000 Days Fund ingin mengapresiasi para ibu yang telah berkomitmen untuk mencegah stunting. Pihaknya banyak bekerja dengan para ibu, baik mereka para orang tua, bidan, ataupun kader. 

"Tentunya kami juga berterima kasih atas dukungan Momami bagi kerja kami dalam upaya pencegahan stunting. Terkait bantuan Poster Pintar Momami, 1000 Days Fund akan dibantu para bidan dan kader desa untuk penyaluran dan sosialisasi di level keluarga, kami akan mengirim bantuan Momami ke beberapa titik program yang tersebar di Indonesia, utamanya di daerah pelosok dan kepulauan. Kami berharap makin banyak lagi stakeholders yang mendukung upaya pencegahan stunting dan memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan kualitas kesehatan terbaik di masa 1000 HPK. Sehingga, kualitas hidup generasa Indonesia di masa depan pun akan lebih baik”. 

Lina Paulina, Vice President Momami mengatakan lebih dari sekedar menemani perjalanan ibu dan si kecil, Momami turut memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada anak-anak yang membutuhkan bantuan, khususnya bagi anak yang sedang tumbuh di 1.000 hari pertama kehidupannya. Melalui kerja sama dengan 1000 Days Fund, kami diajak berkontribusi dalam penanganan stunting, salah satunya mendukung perjalanan mereka dalam mengedukasi kepada ibu-ibu di setiap daerah terpencil. 

"Tidak hanya itu, di momen menyambut Hari Ibu, Momami menghadirkan 2 produk barunya berupa, Momami Baby Cologne dan Momami Baby Hair Serum, serta memperkenalkan 2 varian Momami Tooth Spray rasa baru; Peach dan Honeydew. Kehadiran dua produk dan dua varian baru dari rangkaian Momami Tooth Spray, juga menjadi bentuk dukungan kami memenuhi kebutuhan si kecil dengan perawatan terbaik”. 

“Bekerja sama dengan 1000 Days Fund merupakan salah satu bentuk nyata Momami mendukung si kecil bertumbuh dengan baik sedari kandungan, juga merupakan kepedulian kami kepada kondisi setiap calon ibu untuk memperhatikan kesehatannya. Ke depan, kami berharap dapat lebih banyak melakukan kontribusi lainnya yang mendukung penuh keberlangsungan hidup para ibu dan si kecil. Selamat hari ibu untuk para ibu serta calon ibu di luar sana, bagaimanapun keadaan kalian, kami mendukungnya, kami ada untuk kalian, dan kami akan membantu memenuhi kebutuhan kalian bersama Momami”, tutup Lina. 

Baca: 4 Strategi Pemberian MPASI untuk Cegah Stunting

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."