6 Cara Highlight Rambut di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi highlight rambut. Foto: Pixabay.com/ Arturs Budkevics

Ilustrasi highlight rambut. Foto: Pixabay.com/ Arturs Budkevics

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ingin highlight rambut untuk menyambut tahun baru 2023, tapi malas ke salon? Berikut beberapa cara highlight rambut di rumah menurut para pewarna rambut selebriti Hollywood. Yang terpenting dan utama, siapkan alat dan kondisi rambut siap untuk di-highlight.

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa cara highlight rambut di rumah.

1. Pilih Produk Highlight Rambut, Bukan Pewarna Rambut

Pastikan kamu memilih pencerah atau highlight rambut, bukan pewarna rambut standar.

“Produk pewarna menyeluruh tidak akan mengangkat, mencerahkan, atau menghilangkan warna permanen lainnya, jadi jika rambut berpigmen, “menyorot” dengan seluruh pewarna tidak akan berhasil,” jelas Shvonne Perkins, manajer pelatihan dan pendidikan di Madison Reed.

Juga, konsistensi lembut dari seluruh pewarna tidak sama dengan pencerah yang lebih tebal untuk highlight.

Saat memutuskan warna mana yang akan digunakan, "pilih alat yang diberi label untuk titik awal Anda daripada warna highlight yang Anda inginkan," kata Kyle White, seorang pewarnarambut di Salon Oscar Blandi Salon di New York, Amerika Serkat.

Jika Anda mengambil kotak yang bertuliskan "highlight karamel", itu akan terlihat sangat berbeda pada seseorang dengan dasar cokelat versus seseorang dengan untaian merah. Jadi, cari kit highlight yang mengatakan hal-hal seperti "untuk rambut cokelat".

Bridgette Hill, seorang pewarna rambut dan pakar rambu di New York, menyarankan tidak memilih warna highlight rambut yang terlalu kontras dengan rambut alami.

"Kebanyakan peralatan penyorotan di rumah tidak menawarkan bahan pencerah yang memiliki kekuatan terkontrol untuk mencapai nada yang lebih terang," kata Hill. "Jadi saya tidak merekomendasikan menggunakan lebih dari dua warna lebih terang dari warna rambut alami Anda, jika tidak, Anda bisa mendapatkan highlight berwarna oranye yang kasar dan tidak menarik."

2. Gunakan Alat yang Tepat

Meri Kate O'Connor, seorang pewarna rambut selebriti di New York menyarankan penggunaan kertas timah atau aluminium foil untuk highlight rambut Anda. Satu-satunya perbedaan antara tin foil dan foil yang Anda lihat digunakan para profesional adalah bahwa kertas timah di salon biasanya sudah dipotong sebelumnya, membuat pekerjaan highlight rambut jauh lebih cepat. 

"Penggunaan foil memisahkan rambut yang diwarnai dari yang tidak," kata O'Connor.

Namun berhati-hatilah jika Anda menggunakan kertas timah di rumah: "Ini juga merupakan konduktor panas, jadi saat Anda membungkus rambut dengan kertas timah, itu lebih cepat mencerahkan."

Untuk pilihan aplikator pewarna, White merekomendasikan sikat gigi atau kuas. Bulu sikat akan mengambil pewarna dalam jumlah yang tepat, dan akan menyebarkannya dengan mudah ke setiap bagian selama pengaplikasian.

Menerapkan highlight pada rambut keriting? Kenakan sarung tangan dan aplikasikan warna dengan jari Anda ke masing-masing helai rambut.

"Cara ini memberi Anda lebih banyak kendali atas penempatan dan menciptakan tampilan yang lebih alami — bukan garis-garis —," kata Hill. Untuk gadis keriting, dia juga merekomendasikan untuk menghindari rambut bagian tengah dan belakang, yang tekstur ikalnya lebih kencang.

Sebagai gantinya, dia mengatakan untuk menjaga highlight di ubun-ubun, membingkai wajah dan bagian bawah di belakang kedua telinga.

3. Pastikan Rambut Siap

“Mulailah dengan rambut kering dan tidak dicuci — satu hari setelah sampo terakhir Anda ideal,” kata Perkins.

Soal busana, sebaiknya kenakan kemeja kancing lama atau hoodie zip-up, seperti yang dicatat Perkins, "Anda tidak akan ingin menarik apa pun ke atas kepala saat waktunya keramas," jelasnya

Pastikan untuk memiliki beberapa handuk di dekat Anda, satu untuk menutupi bahu, dan yang lain untuk menyeka tangan, serta sarung tangan.

4. Uji Untai Terlebih Dahulu

“Tes untaian membantu Anda menentukan waktu pemrosesan yang tepat yang diperlukan untuk mencapai tingkat kecerahan yang Anda inginkan pada sehelai rambut sebelum memulai seluruh proses,” jelas Perkins.

Pertama, Anda akan menerapkan sedikit highlight pada sebagian kecil rambut Anda.

“Setelah sepuluh menit, bersihkan rambut dan lihat apakah Anda telah mencapai tingkat kecerahan yang Anda inginkan. Jika tidak, lanjutkan mengoleskan krim pencerah dan periksa setiap lima menit sampai Anda menyukai warnanya, lalu catat total waktu pengerjaannya, ”katanya.

4. Kelompokkan Rambut

Pisahkan rambut Anda seperti biasa, sehingga Anda dapat dengan jelas melihat untaian mana yang akan di-highlight. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada rambut kering, oleskan campuran tersebut ke bagian satu inci di bagian depan, jauhkan krim sekitar beberapa sentimeter dari kulit kepala.
  • Saat Anda bergerak ke bagian tengah kepala, secara bertahap tipiskan bagian-bagian tersebut menjadi setengah inci.
  • Pada saat Anda mencapai lapisan bawah dan belakang, terapkan warna pada potongan seperempat inci.
  • Yang terpenting, jangan terlalu ketat soal penempatan. Highliht yang tampak paling alami tidak memiliki jarak yang sama atau simetris sempurna.
  • Jangan gunakan terlalu banyak tekanan, karena warnanya akan berpindah ke rambut di bawahnya.

5. Jangan Lupa Dilembapkan

Biarkan pewarna selama waktu yang ditentukan dalam tes untai Anda, lalu bilas setiap bagian dengan baik. Beri rambut Anda sampo yang bagus, lalu gunakan kondisioner yang dalam. Biarkan selama setidaknya lima menit.

"Saat Anda menggunakan pewarna yang mengandung amonia, seperti kebanyakan pencerah, kutikula rambut Anda terbuka dan kelembapan bisa keluar," kata O'Connor.

6. Toner adalah Kuncinya

Jika setelah semua langkah di atas, highlight Anda agak merah, carilah toner berwarna hijau agar warnanya lebih netral. Atau jika highlight pirang Anda terlalu dingin, toner emas akan membantu menambah kehangatan. 

Baca juga: 8 Vitamin Rambut yang Bagus beserta Harganya

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."