14 Tanda Tubuh Kurang Gerak, dari Sembelit hingga Rentan Sakit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang perut. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita memegang perut. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sudah kerap mendengar dari hasil riset kesehatan bahwa tubuh kurang bergerak bisa memicu masalah kesehatan. Salah satunya kebanyakan duduk bisa membuat orang rentan terkena penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, mari kita jeli mencermati tanda tubuh kurang gerak agar menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Berikut 14 tanda tubuh kurang gerak yang perlu kamu ketahui.

1. Sembelit

Masalah pencernaan seperti sembelit dan pencernaan kurang lancar bisa menjadi tanda tubuh kurang gerak. Saat kamu bergerak lebih banyak, usus besar kamu bergerak lebih banyak, dan lebih mudah buang air besar sesuai jadwal. Tonus otot yang sehat di perut dan diafragma kamu juga merupakan kunci untuk memindahkan limbah melalui saluran pencernaan kamu. Olahraga yang konsisten dapat membantu Anda tetap teratur, terutama seiring bertambahnya usia.

2. Sendi Kaku

Sendi yang sakit dan sulit digerakkan terkadang bisa menjadi tanda kondisi peradangan seperti radang sendi atau penyakit autoimun. Tetapi persendian kaku juga bisa tanda kamu jarang menggunakannya allias mager (malas gerak).

3. Sering Kehabisan Napas

Sama seperti bisep yang menjadi lebih lemah saat kamu tidak menggunakannya, otot yang membantu paru-paru bergerak masuk dan keluar saat kamu bernapas akan kehilangan kekuatan jika kamu tidak melatihnya secara teratur. Semakin sedikit aktivitas yang kamu lakukan, semakin terengah-engah, bahkan selama tugas sehari-hari yang mudah.

4. Mudah Stres

Tubuh kurang gerak juga bisa berdampak pada kondisi kesehatan mental, yakni bisa mudah stres, dan meningkatkan perasaan cemas serta depresi. Latihan kardio seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau berlari, akan meningkatkan dan menstabilkan suasana hati atau mood. 

5. Selalu Lemas

Merasa lesu dan lelah sebagian besar waktu? Itu termasuk tanda tubuh kurang gerak. Olahraga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan kamu. Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk, maka tubuh tidak mendapatkan jumlah bahan bakar yang sama dengan yang dibutuhkan.

6. Metabolisme Lebih Lambat

Banyak bergerak bisa membantu metabolisme bekerja lebih cepat. Ingatlah, semakin aktif kamu, semakin banyak kalori yang kamu bakar setiap kali kamu bergerak. Jika malas bergerak, maka berdampak pada metabolisme. 

7. Mudah Lupa

Olahraga teratur memberi tahu tubuh untuk membuat lebih banyak bahan kimia yang disebut faktor pertumbuhan. Mereka meningkatkan produksi pembuluh darah di otak kamu. Semakin banyak darah yang masuk ke otak, semakin baik kamu dapat berpikir, mengingat, dan membuat keputusan.

8. Tekanan Darah Naik

Menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk meningkatkan risiko penyakit jantung. Itu sebagian karena cenderung memiliki tekanan darah tinggi, faktor risiko besar untuk masalah jantung seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung.

9. Prediabetes

Ketika aktivitas fisik menjadi bagian rutin dari hidup, tubuh kamu lebih mudah menjaga glukosa darah tetap terkendali. Kadar gula darah yang stabil membuat kamu keluar dari zona bahaya diabetes tipe 2.

10. Sakit Punggung

Ketika otot inti lemah karena kurang digunakan, mereka tidak dapat menopang punggung sebagaimana mestinya. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengubah otot punggung selama gerakan sehari-hari seperti berdiri atau mengambil sesuatu. Pilates, yoga, dan latihan lain yang menggunakan peregangan bagus untuk membangun punggung yang lebih kuat.

11. Sering Lapar

Mungkin kamu berpikir bila tidak bergerak, tubuh tidak membutuhkan banyak makanan. Tapi ternyata hal ini bisa menipu kamu dengan berpikir tidak mendapatkan cukup bahan bakar. Bila  nafsu makan kamu konstan tetapi kurang gerak, itu mungkin karena tubuh kamu memproduksi terlalu banyak ghrelin, hormon yang membuat Anda merasa lapar.

12. Rentan Sakit

Studi menunjukkan semakin banyak aktivitas moderat yang kamu lakukan, semakin rendah kemungkinan kamu rentan sakit seperti terkena flu atau kuman lainnya. Ketika kamu menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

13. Kulit kusam

Jika kulit terlihat lebih kusam dari biasanya, mungkin penyebabnya adalah tubuh kurang gerak.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh, juga membantu kulit lebih cerah dan kenyal.

14. Sulit Tidur

Bila kamu sulit tidur, tubuh kurang gerak bisa jadi pemicunya. Dengan olahraga secara teratur, dapat  membuat tubuh lelah, sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Baca juga: Sebab Orang Lebih Mudah Sakit di Musim Pancaroba

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."