Borong Hampers Natal Tahun Baru, Transaksi Tokopedia Naik 14 Kali Lipat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Tokopedia/Tokopedia

Ilustrasi Tokopedia/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang sudah menyiapkan hadiah Natal atau hadiah Tahun Baru untuk orang-orang terkasih? Bila kamu sudah belanja, mungkin kamu salah satu orang yang berhasil meningkatkan penjualan hampers Natal menjelang 25 Desember 2022.

Melonjaknya transaksi hampers Natal dan Tahun Baru di Tokopedia terlihat dari beberapa data terbaru. Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan “Menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru), masyarakat cenderung gemar mengirimkan hantaran untuk keluarga atau kerabat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah transaksi parsel kue kering dan hampers sebesar masing-masing 8 kali lipat dan lebih dari 14 kali lipat selama periode jelang Nataru,” kata Ekhel dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 20 Desember 2022.

Menurut Ekhel, ada beberapa jenis barang yang diborong pembeli menjelang saat menjadi hampers Natal dan Tahun Baru. “Nataru, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia,” kata Ekhel.

Tren Belanja di Tokopedia Jelang Nataru

Ada beberapa barang yang sangat dicari para konsumen. Ekhel mengatakan selain parsel kue kering, ada pula transaksi kartu ucapan Natal yang juga dicari pembeli. Kartu ucapan mengalami peningkatan jumlah transaksi lebih dari 2 kali lipat. 

Kegiatan Natal dan Tahun Baru yang juga bertepatan dengan libur sekolah juga menjadi momen yang pas untuk melakukan berbagai kegiatan bersama anggota keluarga terkasih. "Terbukti dari peningkatan jumlah transaksi tiket atraksi domestik, seperti taman hiburan, sebesar lebih dari 2 kali lipat selama periode jelang Nataru," kata Ekhel.

Banyak pula yang membeli beberapa properti pesta. Salah satunya topi pesta. “Jumlah transaksi topi pesta meningkat 4 kali lipat," lanjut Ekhel. 

Tidak hanya itu, banyak pula masyarakat yang mencari pohon natal dan hiasan sesuai untuk merayakan Hari Natal. Terlihat kenaikan transaksi keduanya pun cukup tinggi. "Pohon Natal dan hiasan pohon Natal sama-sama mengalami peningkatan transaksi sebesar 5 kali lipat,” kata Ekhel.

Pesta belanja menjelang Natal dan Tahun Baru

Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif, seperti Funstation, yang menyediakan pilihan kado akhir tahun dengan sederet promo, mulai dari flash sale dan diskon 100 persen. Masyarakat juga bisa mencari perlengkapan jelang Nataru, seperti pohon Natal, hiasan Natal, hingga topi pesta melalui Home Living Inspirations. 

Ada pula kampanye Tokopedia Nyam di mana masyarakat bisa mendapatkan beragam pilihan hampers serta menu makanan dan minuman dari para pegiat usaha lokal. Tak hanya itu, melalui Tokopedia NOW! masyarakat bisa mendapat berbagai produk kebutuhan harian–termasuk sembako, daging, sayur, buah dan lainnya–dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Ekhel berharap pada momen Natal dan Tahun Baru, masyarakat bisa momen tersebut bersama keluarga atau kerabat dengan lebih aman, nyaman dan efisien.

Kamu sudah belanja hampers Natal dan Tahun Baru?

Baca: Natal 2021, Simak 5 Kreasi Membuat Hampers Sendiri untuk Kerabat Tercinta

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."