7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu perlu berperilaku profesional di tempat kerja untuk mempertahankan status dan reputasi pribadi. Maka dari itu, perhatikan ada sederet hal yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja. Selain demi penilaian, juga demi perkembangan karier kamu. Jika kamu berkutat di kebiasaan yang sia-sia atau beracun, bisa saja kamu melewatkan peluang emas, bukan?

Untuk terhindar dari kondisi tersebut, berikut hal yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja.

1. Marah-marah atau Drama saat Menelepon

Tempat kerja bukanlah tempat kamu untuk membicarakan drama atau berbicara dengan marah-marah via telepon. Panggilan telepon bisa membuat kamu marah, tetapi itu tidak berarti kamu harus membuat orang lain mendengarkan masalah kamu juga. Ingat, batasan profesional dan personal itu penting.

2. Bermalas-malasan

Bukannya bermaksud kejam, tapi kamu dibayar secara profesional untuk bekerja, bukan bermalas-malasan. Jadi, saat di waktu kerja, bersungguh-sungguhlah dalam menyelesaikan tugas.

3. Menganggu Rekan Kerja

Kadang tanpa disadari kita menganggu rekan kerja saat mengajaknya mengobrol, minta ditemani mengambil makanan di satpam, ataupun mengajak jajan di kantin kantor. Saat waktu kerja, biarkan rekan kerja fokus pada pekerjaannya. Jangan ganggu kecuali memang ada urusan pekerjaan bersama. Ingatlah, apakah kamu mau diganggu saat bekerja? Jika tidak, jangan lakukan hal itu kepada rekan kerja.

4. Bergosip

Aktivitas ini kerap dilakukan di kala senggang atau untuk mengusir kejenuhan. Tapi ternyata, bergosip tentang manajer, rekan kerja, dan orang lain di tempat kerja bukanlah ide yang baik. Itu hanya memproyeksikan kamu sebagai orang yang berpikiran dangkal yang terlibat dalam gosip untuk menghibur diri. Batasi diri kamu bergosip tentang orang lain.

5. Main Media Sosial Pribadi Berjam-jam

Jangan berlama-lama saat bermain di media sosial pribadi termasuk deretan hal yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja. Jika kamu lakukan, berarti kamu menyia-nyiakan waktu profesional. Kecuali itu adalah bagian dari pekerjaan kamu, periksa media sosial hanya saat istirahat. Fokus pada pekerjaan yang utama di tempat kerja

6. Datang Bekerja saat Sakit

Beberapa orang menganggap ini totalitas dalam bekerja, tapi sebenarnya salah besar. Bekerjalah dari rumah karena membawa kuman ke tempat kerja yang sehat adalah ide yang sangat buruk. 

7. Merusak dan Mengambil Barang di Tempat Kerja

Setiap pegawai termasuk kamu wajib menjaga barang-barang di tempat kerja. Jangan sampai teledor atau bahkan dengan sengaja ingin merusak. Sanksi berat siap mendatangi kamu. Selain jangan merusak, jangan pula mengambil inventaris kantor. Hukuman untuk tindakan tersebut bisa berujung jadi tahanan di kantor polisi.

TIMES OF INDIA | PINK VILLA

Baca juga: Selain Agama dan Politik, Hindari Bahas Hal Ini di Kantor

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."