16 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, dari Akuntan hingga Pustakawan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi akuntan. Foto: Pixabay/Firmbee

Ilustrasi akuntan. Foto: Pixabay/Firmbee

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu suka menyendiri atau pemalu dan tengah mencari pekerjaan, berikut rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Jenis pekerjaan yang minim interaksi dengan orang banyak dan diberikan ruang berkreasi termasuk kriteria yang didambakan para introvert. Apa saja pilihannya?

Berikut 16 pekerjaan yang cocok untuk introvert.

1. Akuntan

Bila suka bekerja dengan angka dan mengatur keuangan, pekerjaan akuntan mungkin cocok. Kamu bisa menghabiskan sepanjang hari dengan angka dan tidak perlu berinteraksi dengan orang lain. 

2. Penyunting Video

Penyunting video menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat ulang dan menggabungkan klip video menjadi satu kesatuan. Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu tenang, menyendiri, dan sangat cocok bagi yang tidak suka keramaian. 

3. Desainer Grafis

Seperti penyunting video, desainer grafis juga melakukan pengeditan gambar untuk konsumsi publik dan membuatnya berdasarkan kebutuhan bisnis. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara mandiri.

4. Auditor

Auditor bertugas mengaudit beragam laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan, instansi, atau lembaga dan memeriksa apakah sesuai dengan aturan atau tidak. Posisi ini sangat ideal untuk yang ingin dibiarkan sendiri. 

5. Programmer

Seorang pemrogram komputer akan disibukkan oleh koding dan membuat situs web. Selain itu, mereka juga dapat membuat aplikasi komputer yang menghemat waktu dan uang pengguna. Ini adalah karier yang menguntungkan untuk dicoba. 

6. Manajer TI

Keamanan komputer adalah bidang yang selalu diminati. Jika suka mempelajari setiap aspek dari program perangkat lunak yang digunakan orang, manajer Teknologi Informasi (TI) adalah bidang yang tepat. 

Baca juga: Pekerjaan Bidang TI Semakin Diminati, Ini 5 Bagian yang Paling Diburu

7. Konseptor

Bila suka menyatukan potongan-potongan teka-teki untuk membuat struktur yang indah, coba pekerjaan sebagai konseptor, di mana Anda dapat merancang bangunan atau mesin. 

8. Penulis

Menulis butuh banyak waktu sendiri dan istirahat. Tetapi itu juga berarti Anda harus imajinatif, kreatif, memperhatikan detail, dan memotivasi diri sendiri. Jika cocok, cobalah karier sebagai penulis. 

9. Editor

Setiap penulis butuh editor atau penyunting yang baik untuk memastikan kata-kata masuk akal. Ada beberapa pekerjaan yang meliputi profesi editor, mulai dari pengoreksian, penyalinan, hingga pengeditan struktural sampai pengembangan tulisan. Bisa dibilang interaksinya lebih sering dengan naskah ketimbang dengan orang banyak.

10. Pustakawan

Secara alami, perpustakaan adalah tempat yang sepi, jadi orang introvert akan menemukan pekerjaan sebagai pustakawan sangat cocok. Anda mendapat kesempatan untuk mempelajari semua tentang buku dan dikelilingi oleh orang-orang yang melakukan hal yang sama. 

11. Pengelola Media Sosial

Jika lebih nyaman berinteraksi dengan orang-orang secara virtual, Anda bisa menjadi pengelola media sosial yang hebat. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus berinteraksi langsung. 

12. Peneliti

Lingkup kerja peneliti mencakup perencanaan metodologis dan analisis mendalam, serta berjam-jam berkutat dalam laboratorium atau di universitas. Pekerjaan ini cocok bagi introvert yang suka bekerja dalam kelompok kecil ketimbang menjadi bagian dari tim besar yang ramai.

13. Pengisi suara

Jika suka membaca dengan suara keras dan memiliki suara yang memikat, kamu harus mempertimbangkan untuk menjadi pengisi suara. Pekerjaan ini juga minim interaksi dengan banyak orang dan lebih mengeksplor imajinasi kamu.

14. Pengarsip

Jika kebetulan memiliki gelar master dalam ilmu kearsipan, karir sebagai penata arsip mungkin tepat seperti yang kamu cari. Pekerjaan ini cocok untuk introvert karena lebih banyak menghabiskan waktu dengan data-data ketimbang interaksi dengan orang banyak.

15. Petugas Pemakaman

Mungkin kamu tidak suka berada di sekitar orang hidup, tetapi tidak masalah dengan jenazah. Sebagai petugas pemakaman, kamu dapat menghasilkan uang yang layak dan menghabiskan sebagian besar waktu sendirian, kecuali bertemu anggota keluarga yang sedang berduka.

16. Apoteker

Apoteker termasuk pilihan pekerjaan yang cocok untuk introvert. Sebab apoteker minim interaksi dengan orang banyak, dan lebih banyak menghabiskan waktu meracik obat dari resep dokter. 

Bukan tipe orang yang ramah, tak berarti karier kamu terhambat. Kamu hanya perlu menemukan jalan yang tepat untuk kepribadian unik. Semoga ada yang sesuai dari rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert di atas.

Baca juga: 4 Tips Langsung Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."