Mengenal Kepribadian Ekstrovert, Banyak Teman dan Suka Berbicara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com/Priscilla du Preez

Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com/Priscilla du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang memiliki karakter, sifat, dan kepribadian yang berbeda-beda. Salah satu jenis kepribadian yaitu kita kenal yaitu ekstrovert. Perlu diketahui bahwa ekstrovert adalah kepribadian yang cenderung memilih untuk menikmati ruang bebas dan suka bergaul serta berbicara dengan orang disekitarnya. 

Ekstrovert merupakan sifat yang dikenal terbuka dan turut aktif dalam situasi sosial di sekitarnya. Setelah mengetahui apa itu ekstrovert, perlu juga diketahui ciri-ciri hingga kekurangan dan kelebihan kepribadian ini. 

Setiap kepribadian memiliki ciri khusus yang membuatnya mudah dikenali. Berikut ini hika Anda ingin mengenal kepribadian ekstrovert

1. Menyukai Keramaian dan Banyak Teman 

Mereka yang ekstrovert lebih suka dengan keramaian dan membuatnya memiliki lebih banyak teman jika dibandingkan dengan kepribadian introvert. 

2. Suka Berbicara 

Kepribadian ekstrovert cenderung lebih suka berbicara bahkan dengan orang yang asing sebelumnya. Lebih mudah menyesuaikan diri karena kemampuannya dalam berkomunikasi. 

3. Aktif dalam Mengikuti Kegiatan Sosial 

Orang yang ekstrovert cenderung senang jika mengikuti kegiatan diluar, mendapatkan hal baru, dan saling berkomunikasi.  

4. Memiliki Rasa Percaya Diri Tinggi 

Kepribadian ini memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kepribadian introvert. Mereka jauh lebih sering berkecimpung dengan banyak orang atau dengan dunia sosial di luar sana. Tak heran hal ini membuatnya lebih percaya diri.   Kepribadian ini seringkali dikaitkan dengan keterampilan dalam berkomunikasi, keinginan dan ambisi yang besar serta lebih banyak berbicara.  

Setelah mengetahui ciri dari kepribadian ekstrovert ada juga kelebihan ekstrovert yaitu sebagai berikut. 

1. Lebih Berpikiran Terbuka 

Kelebihan dari kepribadian ekstrovert ini yaitu memiliki pikiran yang lebih terbuka untuk bisa saling bertukar pikiran dan pendapat. Seseorang dengan kepribadian ekstrovert ini tidak pernah kehabisan topik pembicaraan. 

2. Menghibur Orang Lain 

Seseorang dengan kepribadian ekstrovert ini memiliki kemampuan untuk menghibur orang lain. Hal tersebut bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Bahkan terkadang untuk mereka yang ekstrovert sangat kreatif dalam mengembangkan lelucon untuk menghibur orang lain.  

3. Memiliki Pertemanan yang Luas

Seseorang yang ekstrovert cenderung memiliki pertemanan yang lebih luas. Sifat ekstrovert yang dimilikinya membantu untuk lebih mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang meskipun yang baru dikenal. Kelemahan Ekstrovert Selain memiliki kelebihan, jenis kepribadian ekstrovert juga memiliki kelemahan diantaranya sebagai berikut. 

1. Ingin Selalu Mendapat Pujian 

Kelemahan pertama yang dimiliki oleh seseorang dengan kepribadian ekstrovert yaitu selalu ingin mendapatkan pujian. Mereka lebih suka dipuji di depan umum karena merasa jauh lebih dihargai. Meskipun banyak yang menganggapnya ‘pamer’ tetapi hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan. 

2. Lebih Sulit dalam Menjaga Lisan 

Seseorang dengan kepribadian ini lebih sulit menjaga lisan atau perkataannya. Mereka akan terus berbicara baik itu tentang kebaikan atau keburukan. Hanya saja memang ucapan atau perkataannya seringkali secara tidak sadar menjadi masalah besar. 3. Lebih Cepat Bosan Kepribadian ini suka akan hal baru tetapi di sisi yang lain mereka juga akan mudah bosan dengan hal tersebut. Seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung mencari hal yang baru atau tantangan baru. 

4. Suka Melebih-lebihkan Cerita 

Bagi yang memiliki kepribadian ekstrovert ini mereka mungkin memiliki peluang untuk melebih-lebihkan cerita. Terkadang mereka ingin menang sendiri dan egois terhadap suatu hal. Perbedaan Ekstrovert dan Introvert  Selain ekstrovert, ada juga jenis kepribadian lain yaitu introvert. Kepribadian introvert berkebalikan dengan ekstrovert. 

Perbedaan Introvert dan ekstrovert cukup mudah untuk diketahui. Salah satunya yaitu dari kepribadian introvert yang cenderung lebih tertutup dan kurang menyukai bergaul dan berbicara dengan sekitar. Sedangkan kepribadian ekstrovert cenderung terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain, termasuk orang yang baru dikenal.

Baca: Cara Wanita Lajang Ekstrovert Halau Stres saat Pandemi Corona

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."