11 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya orang sulit untuk memiliki rambut panjang karena telah melakukan perawatan rambut yang salah ataupun terlalu banyak menggunakan bahan instan yang mengandung senyawa kimia. Tidak hanya itu, susahnya memiliki rambut panjang karena terdapat beberapa faktor juga seperti kondisi kulit kepala tidak sehat, salah menggunakan shampo,dan kurangnya asupan gizi untuk tubuh. Berbagai cara memanjangkan rambut pun dicari tahu demi memiliki 'mahkota' yang indah.

Berikut 11 cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami yang bisa kamu coba, dijamin berhasil!

1. Menggunakan Lidah Buaya

Baca Juga:

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan bahan alami yang memiliki kandungan mineral dan kaya akan vitamin yang baik untuk pertumbuhan rambut. 

Kamu bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan madu. Oleskan bahan tersebut dari akar rambut ke ujung dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kamu harus menggunakan setidaknya dua kali seminggu secara rutin agar hasilnya dapat terlihat.

2. Potong Rambut Secara Teratur

Cara cepat memanjangkan rambut yang kedua adalah dengan potong rambut. Tentunya memotong rambut tidak perlu dilakukan setiap hari, kamu hanya perlu memotongnya dalam beberapa bulan sekali demi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. 

Baca Juga:

Tujuannya adalah untuk menghilangkan bagian rambut kering dan menghilangkan ujung yang bercabang. Hal ini efektif untuk mencegah bagian tersebut menyebar lebih jauh ke helai rambut dan menyebabkan kerusakan.

3. Hindari Mewarnainya Terlalu Sering

Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

Cara agar rambut cepat panjang yang ketiga adalah dengan mengurangi aktivitas untuk mewarnai rambut. Karena di dalam pewarna terdapat bahan-bahan kimia. Dilansir dari health line, menurut sebuah penelitian pada tahun 2021, pewarna permanen dapat menghilangkan asam lemak alami penyusun rambut. 

Pewarna ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan sehingga pertumbuhan rambut tidak akan maksimal. Namun kamu bisa tetap mewarnainya asalkan tidak terlalu sering atau setiap bulan ya.

4. Menggunakan Bantal Nyaman

Cara memanjangkan rambut selanjutnya adalah dengan memperhatikan kualitas bahan untuk bantal. Sarung bantal sutra atau satin lebih baik untuk kesehatan rambut daripada kapas.  

Dilansir dari Byrdie, dengan tidur di atas sarung bantal sutra, seseorang akan menghasilkan lebih sedikit gesekan dan memberikan permukaan lebih lembut. Hal itu dapat meminimalisir adanya rambut patah dan rusak yang memperlambat proses pemanjangan.

5. Menggunakan Masker Telur

Ilustrasi masker rambut atau hair mask. Garnier.com

Masker telur dapat dipilih sebagai cara rambut cepat panjang. Karena telur memiliki kandungan lesitin dan protein yang baik untuk menutrisi dan memperkuat rambut. 

Cara membuat maskernya yaitu, campurkan dua butir telur dengan dua sendok minyak zaitun. Tambahkan 1/2 cangkir air untuk mengencerkan adonan. Lalu oleskan masker langsung dan diamkan selama 30 menit. Lalu, setelah itu bilas dengan air.

6. Menggunakan Kayu Manis

Kayu manis dapat dipilih sebagai cara untuk manjangin rambut secara cepat. Sifat antimikroba dari kayu manis ternyata dapat merangsang sirkulasi darah dan menutrisi setiap helainya.  Cara membuatnya yaitu hancurkan kayu manis sampai menjadi bubuk, lalu Campurkan bubuk dengan minyak kelapa lalu aplikasikan merata sampai ke akar sambil dipijat. Biarkan selama 45 menit lalu bilas setelahnya.

7. Cuka Apel

Cuka apel. Freepik.com/Rawpixel.com

Menggunakan cuka dari sari apel juga bisa jadi cara memanjangkan rambut pria dengan cepat dan alami. Alasannya cuka apel memiliki kandungan Ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur. 

Cuka apel dapat membantu kondisi kulit kepala lebih baik sehingga tidak terdapat kerusakan rambut yang dapat menghambat proses pemanjangan. Hal ini direkomendasikan dari Dr. Hadley King, dokter kulit bersertifikat dan instruktur klinis dermatologi di Cornell University lewat website Today .

Kamu bisa membeli produk dengan bahan dasar tersebut atau membuat sendiri di rumah dengan cara campurkan tiga sendok cuka apel dengan sedikit air. Kemudian pindahkan ke dalam botol semprot dan semprotkan setelah keramas.

8. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus secara alami dapat menggunakan minyak kelapa. Karena dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat sehingga mudah diserap pada bagian batang rambut.

Dilansir dari Health Line, dengan kandungan tersebut minyak kelapa dapat bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi dari hilangnya protein dan kerusakan saat sehabis keramas. Untuk mendapatkan hasil terbaik kamu perlu mengoleskan bahan ini secara rutin.

9. Kelola Rasa Stres

Ilustrasi pekerja stres. Shutterstock

Stres yang berlebihan dapat memicu kerontokan. Karena  saat stres kamu dapat menghasilkan banyak hormon kortisol yang membuat pertumbuhan rambut terganggu. Ada beberapa cara alami untuk mengurangi stres seperti melakukan meditasi atau menulis jurnal pada buku harian.

10 Meningkatkan Nutrisi

Selain merawat dari luar, kamu juga perlu nutrisi dari dalam untuk tubuh. Dilansir dari Health line, dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, D, E, seng dan zat besi karena bagus untuk pertumbuhan dan mencegah kerontokan. 

Sebuah studi pada tahun 2015 juga  menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen omega 3 dan omega 6 selama enam bulan dapat membantu melindungi dari kerontokan rambut pada orang dengan pola kebotakan pada  wanita.

11. Kurangi Pemakaian Catokan

Ilustrasi wanita mencatok rambut. shutterstock.com

Sebenarnya tidak hanya catokan, alat pengering seperti hairdryer juga tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Karena uap panas dari alat tersebut semakin lama akan menimbulkan banyak kerusakan seperti ujung bercabang atau kerontokan. 

Untuk kamu yang sedang dalam tahap memanjangkan, sebaiknya menghindari alat tersebut. Coba untuk keringkan rambut dengan cara menunduk di dekat kipas agar cepat kering tanpa merusaknya.

Itulah rangkuman cara memanjangkan rambut yang bisa jadi pilihan kamu. Semoga dapat diterapkan ya, pembaca Cantika.

Baca: 3 Masalah Rambut Panjang dan Cara Mengatasinya

LINTANG OLIVIA | HEALTHLINE | TODAY | BYRDIE 

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."