8 Tips Menjalin Hubungan Asmara dengan Sosok Introvert, Beri Ruang untuk Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Proostoleh

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Proostoleh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang ekstovert yang mempunyai hubungan dengan pasangan yang introvert, maka ini menjadi tantangan tersendiri. Sebab, keduanya memiliki sifat yang berbeda. Dengan adanya perbedaan tersebut, Anda sebagai pasangannya harus mengetahui bagaimana caranya untuk memahami perasaan mereka. 

Oleh karena itu, simak beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengetahui secara lebih lanjut sifat pasangan introvert Anda. Berikut sejumlah tips menjalin hubungan asmara dengana sosok introvert.

1. Buat obrolan yang bermakna 

Introvert tidak menyukai obrolan basa-basi yang cenderung monoton. Mereka akan lebih tertarik dengan obrolan yang berkualitas. Mereka berharap dapat mendiskusikan suatu hal secara terbuka daripada hanya menjawab pertanyaan yang dapat diakhiri hanya dengan jawaban satu kata. 

Cara ini terbilang mudah, namun sering diabaikan oleh banyak orang. Akibatnya, mereka para extrovert seringkali menganggap orang yang introvert itu tidak menyenangkan dan terkesan kaku. 

2. Habiskan waktu di tempat yang menenangkan 

Seperti yang diketahui, seorang introvert lebih sensitif terhadap lingkungan atau tempat yang bising dan dipenuhi banyak orang.  Jangan ajak mereka ke sebuah pesta atau konser, cobalah ajak mereka ke sebuah tempat yang lebih menenangkan.

3. Kendalikan diri  

Tak perlu tergesa-gesa untuk membuat seorang introvert dapat mengimbangi sifat ceriwis Anda. Sebab, hal ini justru akan membuat mereka menjadi ilfil. Pada umumnya, seorang introvert lebih berhati-hati dengan orang yang akan mereka ajak berkomunikasi. Oleh karena itu, Anda perlu lebih mengendalikan diri Anda ketika hendak berinteraksi dengan mereka. Mereka suka mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum menunjukkan lebih banyak kasih sayangnya kepada orang lain. Jadi, jangan salah paham jika mereka tidak menunjukkan banyak kasih sayang pada saat awal menjalin hubungan. 

4. Lebih peka 

Mereka membutuhkan seseorang yang dapat merasakan dan mempertimbangkan perasaan mereka. Sebab, introvert umumnya tidak suka memulai suatu hal. Bukan karena takut, namun mereka merasa harus berhati-hati dalam bersikap untuk menghindari konflik yang dapat terjadi karena hal sepele. Untuk itu Anda harus lebih peka terhadap apa yang sekiranya sedang dirasa dan diinginkan oleh mereka.

5. Beri support 

Introvert cenderung terlalu banyak berpikir dan menganalisis suatu hal secara berlebihan. Sulit bagi mereka untuk tetap fokus berada di masa kini, sedangkan pikiran mereka dipenuhi dengan berbagai pikiran dan kekhawatiran. Sebagai pasangan, Anda harus mendukung mereka dengan baik. Hibur mereka agar dapat sedikit teralihkan dari pikiran dan kekhawatirannya itu. Mainkan peran Anda sebagai seorang sahabat yang selalu memberikan dukungan kepada mereka. Hal ini dapat membantu mereka lebih tenang dan mereka akan lebih menghargai Anda lebih dari sebelumnya. 

6. Perhatikan nada dan penggunaan kata ketika mengobrol 

Introvert sangat halus dan perasa, jadi mereka mempunyai perasaan yang lebih sensitif. Mereka dapat dengan mudah tersinggung dengan perkataan yang diucapkan oleh orang lain. Dengan begitu, perhatikan setiap kata dan nada Anda ketika sedang mengobrol dengan pasangan introvert Anda. Bahkan, terkadang sebuah kata yang dianggap sepele pun dapat memiliki arti penting di baliknya. 

7. Hormati ruang mereka 

Meskipun mereka mungkin menyukai Anda, introvert juga membutuhkan ruang untuk diri mereka sendiri. Mereka butuh waktu dan tempat  sendiri untuk memulihkan tenaga. Jadi, penting untuk tidak mengekang dan memaksa mereka untuk selalu berada di sisi Anda. Justru, itu hanya akan menambah tingkat stres mereka dan dapat menyebabkan mereka semakin menghindari Anda

 8. Habiskan waktu berkualitas bersama 

Menghabiskan waktu berkualitas dengan seorang introvert itu sangat penting. Meskipun mereka terbilang lebih suka menghabiskan waktu seorang diri, namun mereka juga sebenarnya masih menginginkan untuk dapat berinteraksi dengan pasangannya. Belajar memanfaatkan waktu yang dihabiskan bersama akan menciptakan ikatan yang lebih kuat. 

Baca: 5 Tips Menjalin Hubungan Asmara, Jangan untuk Mengisi Kesepian

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."