Brand Kami Rilis Koleksi Premium yang Terinspirasi Motif Batik Betawi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Turut menjaga warisan budaya Betawi, brand Kami berkolaborasi dengan Sarah Sofyan usung motif Batik Jakarta lewat koleksi Sloka/Foto: Kami

Turut menjaga warisan budaya Betawi, brand Kami berkolaborasi dengan Sarah Sofyan usung motif Batik Jakarta lewat koleksi Sloka/Foto: Kami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Kami First, lini produk premium dari brand Kami meluncurkan koleksi terbarunya yakni Sloka Jakarta. Ditemui di acara peluncuran Sloka Collection di gerai Kami. Senayan City pada tanggal 25 November 2022, Istafiana Candarini atau akrab dipanggil Irin ini menjelaskan bahwa Sloka Collection hadir dengan berbagai motif Batik Jakarta yang dikemas dalam modern look dengan tetap mengutamakan elemen tradisional di dalamnya. 

“Pada koleksi Sloka ini, Kami. berkolaborasi dengan Sarah Sofyan untuk mengenalkan kembali kecantikan dari budaya Jakarta kepada #KamiPeople. Terlebih motif pada karya ini menggambarkan harmonisasi motif batik Jakarta yang saling melengkapi dan membentuk keindahan komposisi ilustrasi batik,” ungkap Irin.

Dengan nuansa yang berbeda dari sebelumnya, kata “Sloka” sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, dimana Sloka merupakan bentuk puisi Melayu yang dikenal dengan pantun, sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan kolaborasi. Irin menjelaskan bahwa dengan menggabungkan kedua makna tersebut, Sloka Collection ini ingin menampilkan harmonisasi elemen tradisional dan modern pada motif Batik Jakarta.

Design Sloka terinspirasi dari motif batik Betawi dan diambil dari elemen yang merepresentasikan kota Jakarta yang dibubuhkan ke dalam pattern design, seperti motif Buketan, motif Geometri Kembang Kelapa, motif Bondol, motif Monogram Bondol, serta motif Monogram Lace. 

Detail koleksi Sloka dari brand Kami yang terinspirasi motif Batik Betawi/Foto: Kami

Melalui Sloka collections, brand modest fashion Kami bersama dengan Sarah Sofyan berharap dapat mengenalkan Jakarta lebih luas lagi dengan sebuah karya. “Koleksi Sloka Batik sendiri adalah bagian dari identitas orang Indonesia saat ini. Sudah sepatutnya setiap orang Indonesia memiliki batik dari seluruh daerah untuk bisa dikenakan pada momen istime Harapan kami melalui koleksi Sloka ini, Kami dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap identitas dan warisan budaya terutama budaya Betawi,” jelas Irin.

Kemudian, Sarah Sofyan juga mengungkapkan kegembiraannya dalam kolaborasi Sloka Collections yang memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran akan identitas budaya betawi. “Senang sekali rasanya bisa berkolaborasi dengan Kami. yang memiliki kesamaan visi untuk
bisa lebih mengenalkan kepada masyarakat akan keindahan budaya nusantara, terutama Budaya Betawi melalui motif Batik Jakarta. 

"Selain didesain secara istimewa dan elegan untuk para #KamiPeople, tujuan lain aku dan Kami meluncurkan Sloka Collection ini adalah untuk lebih mendukung dan melestarikan budaya betawi agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, sehingga kebudayaan ini bisa dirasakan oleh berbagai generasi nantinya,” ucap Sarah Sofyan di sharing session peluncuran Sloka Collections.

Baca: Amanda Rawles Menjelma Peri Biru dalam Balutan Koleksi Kami di JFW 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."