Double Chin Bikin Meresahkan, Bisa Minum Teh Hijau dan Senam Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDouble chin merupakan kondisi umum yang ditemui, ketika lapisan lemak terbentuk di wajah bagian bawah dagu. Simak tips menghilangkan double chin. Para medis menilai bahwa double chin bukanlah sebuah hal yang serius. 

Namun, untuk sebagian besar orang, lipatan lemak dagu ini seringkali menimbulkan kurangnya rasa percaya diri. Simak cara mengatasi double chin: 

1. Latihan Senam Wajah 

Senam wajah menjadi hal terpenting yang dapat dilakukan untuk mengatasi double chin. Ada beberapa macam latihan senam wajah yang dapat Anda lakukan secara rutin, untuk menghilangkan double chin, yakni:

– Kiss the ceiling

Latihan ini dilakukan dengan mengangkat lidah ke langit-langit mulut. Di samping itu, Anda perlu memalingkan kepala Anda ke atas (ke arah langit), kemudian atur posisi bahu dan punggung agar tetap tegap. Angkat bagian ujung lidah Anda dan rasakan lapisan kulit di sekitar langit-langit mulut. Dalam kondisi ini, dagu Anda akan terasa menegang.  Tahan selama 15 detik lalu rilekskan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali sehari dan Anda akan melihat langsung hasilnya dalam waktu satu minggu.

– The O  

Latihan ini dilakukan dengan meluruskan punggung dan bahu Anda, kemudian arahkan kepala ke atas sembari menutup rapat bibir. Bentuk 'O' dengan bibir Anda dan tahan selama sepuluh detik. Lakukan sebanyak dua set per hari.  

– Tounge stretch

Senam ini dilakukan dengan mengatur posisi tubuh tegap lurus ke depan, kemudian julurkan lidah keluar sambil menahannya selama 10 detik, lakukan secara berulang.

– Straight jaw jut

Latihan ini dilakukan dengan mengangguk, namun dilakukan secara perlahan. Rasakan setiap tarikan ketika dagu naik ke atas dan ke bawah. 

2. Mengonsumsi Teh hijau  

Bahan-bahan alami seperti teh hijau diyakini berkhasiat untuk membantu menjaga berat badan dan mengatasi double chin. Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi, jika dikonsumsi setiap hari, maka akan membantu menurunkan berat badan. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama, dengan membuat dan mengoleskan masker wajah berbahan teh hijau.  

Caranya adalah dengan memotong kantong teh hijau dan pindahkan isinya ke dalam wadah. Buat masker dengan menambahkan beberapa tetes minyak zaitun (antioksidan hebat lainnya, yang mengurangi lemak dagu). Oleskan masker tersebut ke dagu dan leher Anda . 

 3. Mengunyah permen karet  

Mengunyah permen karet dapat mempercantik rahang Anda. Tindakan mengunyah permen karet ini dapat mengencangkan otot wajah dan leher. Selain itu, mengunyah permen karet selama satu jam setiap hari, diyakini mampu melawan lemak di bagian pipi.  

 4. Pijat dengan Minyak Biji Gandum  

Minyak alami, seperti bibit gandum, dapat digunakan untuk membantu mengurangi masalah lemak dagu berlipat. Minyak gandum mengandung vitamin E yang mampu mengencangkan kulit kendur dan meningkatkan elastisitas kulit.  

Cara pengaplikasiannya adalah dengan menuangkan beberapa tetes minyak biji gandum ke telapak tangan, kemudian oleskan minyak dengan lembut ke leher dan dagu Anda. Berikan sedikit pijatan dengan gerakan ke atas. Lakukan secara rutin setiap malam selama 20 menit.  

5. Mengonsumsi semangka  

Semangka kaya akan vitamin, potasium, dan magnesium. Inilah yang menjadikannya sangat direkomendasikan untuk menu diet sehat.   Selain rendah kalori, buah ini dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Memiliki metabolisme yang lebih tinggi, semangka efektif dalam mengurangi kerentanan tubuh terhadap penambahan berat badan dan penumpukan lemak di dagu.

Baca: 8 Minuman untuk Wajah Glowing, Ada Jus Wortel hingga Teh Hijau

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."