Acara Bridal Shower: Pengertian, Fakta dan Tips Persiapannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Bridal Shower/Freepik.com

Ilustrasi Bridal Shower/Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAcara bridal shower semakin banyak dilakukan oleh para calon pengantin perempuan. Beberapa mengartikan acara bridal shower inia dalah sebuah perayaan pesta lajang sebelum melaksanakan pernikahan. Biasanya acara bridal shower ini dilakukan bersama para sahabat terdekat dengan menggunakan baju yang seragam dan juga dekorasi hiasan sesuai tema. 

Berikut pengertian bridal shower, fakta dan juga tips persiapannya yang harus Sahabat Cantika tahu.

Pengertian Bridal Shower

Dilansir dari Brides.com, acara bridal shower adalah acara yang biasa dilakukan pada siang hari untuk sebagai pesta lajang sebelum pernikahan yang akan datang. Bridal shower juga disebut sebagai acara bagi para tamu untuk memberikan pasangan pengantin hadiah di rumahnya. Memang di luar negeri, orang-orang lebih sering melakukannya di halaman belakang rumah calon pengantin dengan mendekorasi tempat tersebut secantik mungkin. Sebutan untuk para sahabat yang mengadakannya disebut bridesmaids.

Jadi, kapan bridal shower bisa dilaksanakan? Biasanya, bridal shower dilaksanakan dua sampai enam bulan sebelum hari pernikahan. Perkiraan waktu ini dianjurkan karena, jika melakukan acara acara mendekati hari pernikahannya dikhawatirkan jadwal pengantin sudah penuh dengan rangkaian acara persiapan pernikahan lainnya seperti siraman, pengajian dan rangkaian acara adat.

Mempelai wanita tidak harus ikut dalam proses perencanaan bridal shower. Kamu bisa membuat acara bridal shower ini sebagai kejutan untuknya. Pilihlah tema dekorasi yang sesuai dengan seleranya. Untuk detail urutan kegiatan yang mau dilakukan, lokasi dan konsep dekorasi akan seperti apa, kamu bisa mendiskusikan hal ini kepada kerabat dekat lainnya ataupun calon suaminya.

Ilustrasi Bridal Shower/Pexels.com

Fakta Bridal Shower

Sebenarnya ide acara bridal shower sudah ada sejak abad 16 yang berasal dari negara Belanda. Awal mulanya, acara ini sebagai ajang bantuan dari teman dan juga kerabat dekat untuk seorang calon pengantin wanita yang tidak bisa membuat pesta pernikahan karena ayahnya tidak mengijinkannya untuk menikah dengan laki-laki pilihannya. Alasannya karena laki-laki itu tidak setara dengannya atau berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Dilansir dari world bride magazine, ayah dari pengantin wanita begitu tersentuh dengan tindakan mereka, dan akhirnya menyetujui pernikahan tersebut. Biasanya, para bridesmaids sering menempatkan hadiah kecil di dalam payung kertas dan "menghujani" mereka ke calon pengantin. Hadiah yang diberikan merupakan hadiah yang bermanfaat termasuk barang-barang rumah tangga yang sederhana. Itulah sebabnya acara ini bernama “bridal showers”.

Tips Persiapan Bridal Shower

Kamu tidak perlu membuat acara bridal shower ini dengan bantuan jasa event organizer. Dengan mengikuti tips berikut ini kamu bersama teman dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih bermakna, bridal shower buatan para sahabat ini tentunya bisa lebih hemat.

1. Menentukan Biaya Pengeluaran 

Untuk membuat acara bridal shower sederhana di rumah, langkah pertama adalah membuat rincian pengeluaran untuk keseluruhan proses. Biaya yang perlu dipikirkan yaitu makanan, minuman, dekorasi, fotografi dan juga videografi.

Kamu bisa melakukan patungan dengan teman lainnya untuk pengeluaran dari acara ini.  Perlu diingat,  buatlah acara sesuai kemampuan keuangan, dan jangan sampai memberatkan sang calon pengantin.

2. Tentukan Tema Dekorasi 

Gunakan dekorasi dengan pernak-pernik hiasan yang ada di rumah atau buat dekorasi sederhana sendiri. Pilih tema sederhana dengan dekorasi seminimal mungkin seperti pesta kebun bunga, terinspirasi dari sebuah film, atau  buah-buahan. Untuk dekorasi juga tidak perlu dihiasi satu ruangan penuh, bisa hias cukup di meja tempat makanan disajikan atau di satu tembok sebagai tempat spot berfoto. Tutorial dekorasi yang sudah banyak di youtube ataupun aplikasi pinterest.

Pilihlah ruangan yang memiliki cukup cahaya alami atau terang. Karena ini sangat penting agar hasil dokumentasi acaranya memiliki kualitas baik dan juga kalian semua dapat terlihat lebih cantik.

3. Buat Permainan Seru

Bridal shower tidak lengkap rasanya jika isinya hanya soal makanan dan tukar kado saja. Ide acara bridal shower juga perlu. Kamu bisa membuat sebuah rangkaian permainan yang seru untuk calon pengantin wanita. Hal ini bertujuan agar suasana lebih hidup dan mengasyikan. 

Ide permainan untuk bridal shower bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang lebih. Kamu bisa membuat permainan tebak-tebakan kata soal pernikahan menggunakan flash card. Atau bisa dengan pertanyaan-pertanyaan seputar calon mempelai untuk menguji siapa yang paling tahu soal kebiasaan mereka berdua. Agar lebih seru bisa ditambahkan doorprize atau hadiah.

4. Buat Undangan 

Selain tema dekorasi ruangan, undangan juga perlu dibuat sebagai pelengkap. Tidak perlu menggunakan jasa desain undangan, saat ini di aplikasi pinterest dan canva sudah banyak template undangan yang tentunya unik dan aesthetic sesuai tema.

5. Buat Daftar Lagu

Untuk daftar lagu, minta calon pengantin mengirimkan beberapa lagu favoritnya. Tambahkan beberapa lagu cinta dan lagu-lagu ceria untuk musik latar. Kalian bisa membuat daftar lagu pada aplikasi musik spotify agar memudahkan untuk menyusun dan memainkan lagunya. 

6. Buatlah Menu Sederhana

Pastikan untuk memilih daftar makanan dan minuman yang menjadi makanan favorit calon mempelai wanita. Lebih baik memasak makanannya sendiri dengan dibantu teman-teman lain agar bisa mendekorasi makanan dan minuman sesuai tema acara, tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran. 

Itulah rangkuman pengertian, fakta dan juga tips untuk menyelenggarakan bridal shower versi Cantika. Semoga terinspirasi, ya. Siap berpesta dengan calon pengantin wanita?

Baca: Dapat Kejutan Bridal Shower, Lesti Kejora: Jangan Dandanin yang Aneh-aneh

Baca: Jessica Iskandar Tampil Feminin di Bridal Shower

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | BRIDES | DALLASOASIS | WORLDBRIDEMAGAZINE | CAMILLESTYLES 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."