7 Manfaat Lengkuas Bagi Pria, Bisa Meningkatkan Vitalitas!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi lengkuas. thinkstock

Ilustrasi lengkuas. thinkstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lengkuas ternyata tidak hanya dapat digunakan menjadi rempah penambah rasa pada makanan. Lengkuas juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah anemia, dan juga mampu membunuh virus dan bakteri secara alami. Namun tahukah kamu ada banyak manfaat lengkuas bagi pria. Salah satu manfaatnya adalah bisa meningkatkan vitalitas sehingga kamu dan pasangan makin hangat di ranjang. 

Berikut 7 manfaat lengkuas bagi pria yang perlu kamu tahu.

1. Untuk Kesuburan

Manfaat lengkuas bagi pria sangat ampuh untuk meningkatkan meningkatkan kualitas sperma. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilansir dari health line, yaitu dalam satu penelitian pada hewan, jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak akar lengkuas. 

Selanjutnya, terdapat penelitian dalam kurun waktu 3 bulan yang dilakukan pada 66 pria dengan kualitas sperma rendah, lalu mereka mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung akar lengkuas dan ekstrak buah delima lalu mengalami peningkatan 62 persen dalam motilitas sperma.

2. Menyembuhkan Otot yang Kram

Manfaat lengkuas bagi pria selanjutnya mampu menyembuhkan kram otot. Bagi para pria yang suka olahraga seperti kegiatan angkat beban di gym, biasanya otot kram disebabkan karena tidak melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan angkat beban. Salah satu cara menyembuhkannya, dilansir dari net meds, adalah dengan minum campuran bubuk lengkuas dan air hangat.  

3. Mencegah Penuaan Dini

Baca Juga:

Siapa bilang tanda-tanda penuaan dini hanya perlu diperhatikan oleh wanita? Pria juga perlu loh untuk merawat kulit wajah dari tanda-tanda penuaan agar selalu tampak awet muda. Dilansir dari net meds, di lengkuas terdapat senyawa bernama spermidine yang dapat membantu menunda sel-sel kulit dari proses penuaan di wajah. 

Cara konsumsi lengkuas untuk pria yaitu dengan menjadikan lengkuas sebagai teh yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain itu terdapat manfaat lengkuas lainnya seperti kaya akan antioksidan dan lainnya untuk tubuh.

4. Meningkatkan Gairah Saat Seks

Ternyata manfaat lengkuas untuk mr p mampu untuk meningkatkan vitalitas, yang dapat membuat durasi seks lebih lama dan tentunya lebih bergairah. Dilansir dari health benefit times, terdapat ramuan obat kuat alami untuk meningkatkan vitalitas dengan cara mengolah lengkuas. Caranya tumbuk lengkuas dengan bahan-bahan alami lain dengan masing-masing takaran 20 gram seperti Cnidium, tanaman chinese gall, akar Ligusticum Wallichii, Daun dan Batang Horny Goat Weed. 

Selanjutnya tambahkan akar morinda officinalis, akar Chufa, akar Notopterygium, Bunga kulit Magnolia, 8 siung bawang putih, kayu manis dan akar rimpang Spikenard. Setelah ditumbuk, seduh dengan air panas dan minumlah dengan susu tiap malam. 

5. Menyembuhkan Sakit Perut

Khasiat lengkuas selanjutnya adalah untuk meredakan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Dilansir dari dr.axe, tanaman ini di budaya Asia lainnya juga digunakan untuk mengatasi diare, mengurangi muntah dan bahkan  menghentikan cegukan.

6. Melawan Penyakit Leukimia

Lengkuas juga ternyata mampu untuk melawan penyakit leukimia. Dilansir dari plants hospital, untuk menghilangkan sel leukemia monositik akut, yang dikenal sebagai leukemia, para peneliti menguji esensi cairan lengkuas. Hasilnya ternyata lengkuas bisa menjadi pengobatan potensial untuk leukemia.

7. Sebagai Penambah Imun Tubuh

Manfaat lengkuas bagi pria lain adalah dapat membantu menambah imunitas pada tubuh. Dilansir dari net meds, membuat sup dengan rempah ini dapat menanamkan vitamin C ke sel darah, yang kemudian diangkut ke organ lain untuk meningkatkan imunitas dan juga membantu memulihkan diri dari kelelahan setelah bekerja.

Setelah mengetahui berbagai manfaat lengkuas bagi pria, manfaat mana yang paling menguntungkan bagi kamu?

Baca: 6 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan, Kaya Antioksidan dan Perkuat Imunitas

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."