Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, dari Minyak Zaitun Hingga Stoberi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi kamu yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara meluruskan rambut secara alami.  Tanpa melakukan perawatan berbahan kimia pada rambut kita, atau pergi ke ke salon untuk meluruskan rambut dengan setrika atau catok setiap hari, kamu tetap bisa memiliki rambut lurus.  Walaupun tidak permanen, kamu tetap bisa meluruskan rambut secara alami dan bisa dilakukan di rumah. 

Simak cara meluruskan rambut secara alami berikut ini: 

1. Telur dan Minyak Zaitun

Telur dan minyak zaitun bekerja sangat baik untuk menyuburkan rambut Anda dan membuatnya kuat. Tapi tahukah Anda juga bahwa mereka bisa membuat rambut lurus? Untuk perawatan rumahan ini yang Anda butuhkan hanyalah 2 butir telur dan 1 bagian minyak zaitun. Kemudian campur semuanya secara menyeluruh dan oleskan pada kulit kepala dan cuci dalam satu jam.

2. Susu, Madu dan Stroberi

Susu telah terbukti menjadi pelurus alami yang sangat baik. Kaya akan protein, susu menghaluskan rambut Anda dan memperkuat batang rambut. Untuk perawatan ini, kamu bisa mencampurkan susu dengan dua sendok makan madu. Kemudian tambahkan stroberi segar yang dihancurkan. Oleskan ini pada rambut Anda dan bungkus handuk di sekitarnya. Setelah 2-3 jam, cuci bersih.

Ilustrasi madu. Freepik.com

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung enzim yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga rambut Anda lembut dan halus. Ini juga menembus rambut, melembabkannya secara menyeluruh, mengurangi kemungkinan keriting atau ikal. Langkah-langkah untuk perawatan ini mulai dengan ampurkan setengah cangkir minyak hangat dan setengah cangkir lidah buaya, lalu oleskan ke rambut Anda. Cuci setelah 30-40 menit.

4. Minyak Jarak

Di antara manfaat lainnya seperti mengobati infeksi kulit, masalah perut dan sembelit, minyak jarak bekerja sangat baik untuk meluruskan rambut Anda. Untuk perawatan ini, kamu mulai dengan panaskan minyak dan pijat ke rambut, bungkus handuk hangat dan lembap di sekelilingnya dan biarkan selama 30 menit, kemudian cuci rambut Anda dengan sampo lembut.

5. Cuka

Salah satu pengobatan yang lebih populer - cuka terkenal untuk menambah kehalusan dan kilau pada rambut. Setelah Anda membilas kondisioner dari rambut Anda, tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam secangkir air dingin dan bilas rambut untuk terakhir kalinya dengan itu.

6. Jus Lemon dan Santan

Ilustrasi lemon. Unsplash.com/Han Lahandoe

Ketika orang bertanya bagaimana cara meluruskan rambut secara alami? - jawabannya adalah jus lemon. Ini adalah pelurus alami. Selain itu, jika Anda mencampurnya dengan santan, itu mendapat manfaat dari susu krim, yang berfungsi sebagai kondisioner. Oleskan campuran ini pada helai rambut Anda dan kemudian bilas dengan air hangat.

7. Pisang, Dadih, Madu dan Minyak Zaitun

Masker rambut ini sangat kuat dengan kondisioner alami seperti dadih dan minyak zaitun.Caranya mulai dengan ambil dua buah pisang yang terlalu matang dan 2 sendok makan madu, minyak zaitun, dan dadih, lalu tumbuk hingga halus. Lapisi rambut Anda dengan masker ini dan lindungi dengan shower cup dan biarkan selama 1/2 jam dan kemudian bilas.

Penting untuk dicatat bahwa perawatan di atas harus dipraktikkan dua atau tiga kali seminggu, dan tidak setiap hari.

Baca: Kiat Memilih Minyak Zaitun Berkualitas, Warnanya Hijau seperti Sayuran Segar

PG SHOP

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."