Maia Estianty Kilas Balik Rutinitas Skincare di Usia 20-an, Berujung Merusak Skin Barrier

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maia Estianty. Instagram.com/@maiaestiantyreal

Maia Estianty. Instagram.com/@maiaestiantyreal

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musikus dan pengusaha, Maia Estianty berbagi masalah kulit yang dialaminya di usia 20-an. Di kala itu, Maia belum mengetahui penyakit kulit rosacea yang diidapnya. Ia menganggap kemerahan merupakan jerawat.

"Siapa yang kulit wajahnnya gampang merah, bruntusan, jerawatan, walopun dikasih obat jerawat dari yang kurang ampuh sampe paten pun tetep keluar jerawat??," ungkapnya mengawali kisah yang dibagikan di Instagram pada Ahad, 6 November 2022.

"Dulu suka kesel ama orang yang bilang “ih lu jerawatan, kurang bersih ya pas membersihkan make up, jorok ya !!!," lanjut ibu tiga putra itu.

Maia menjabarkan lebih lanjut bahwa saat itu ia sudah berobat ke ahli kulit ternama untuk mengatasi jerawat, namun jerawat dan bruntusan tetap muncul. Tak hanya itu, wajah kemerahan bak memakai perona pipi atau blush on juga tantangan lainnya.

"Belum lagi muka merah kayak pake blush on..!!! Kadang sampe minum obat alergi, karena dipikir itu alergi, soalnya kadang ampe panas, merah, gatel, kadang2 kering," tuturnya.

Maia pun mengenang bahwa ia kerap menggunakan produk pengelupas kulit atau eksfoliasi dan pemutih yang mengandung hydroquinone sejak akhir usia 20-an. Kebiasaan itu ternyata berakibat buruk pada lapisan kulit bagian atas yang berfungsi sebagai pelindung atau skin barrier.

"Emang sih, biasanya abis dikelupasin, kulit jadi super mulus kayak baby…. Tapi hhhmmm skin barrier bisa2 rusak kalo terus2an dikelupasin tiap hari," ungkapnya.

"Dari umur 28 taun pake skincare yang bisa ngelupasin kulit wajah, hampir tiap hari !!! Buset (saking gak tau boleh atau nggak kulit wajah sering2 dikelupasin !! ) ternyata, jangan sering2 bu ibu.. skin barrier bisa rusak !!!!," sambung perempuan 46 tahun itu.

Akhirnya, baru di usia 36 tahun, Maia mengetahui bahwa ia mengidap rosacea. Di saat itu, ia juga mengetahui bahwa penyakit kulit tersebut tak bisa disembuhkan, hanya bisa dikendalikan lewat perawatan yang tepat termasuk laser dan skincare untuk kulit sensitif.

"So ya akhirnya gw laser2 aja, dan Alhamdulillah merah dan bruntusan gw bisa dikendalikan.. Inget, Rosacea gak bisa sembuh selamanya…Tapi bisa dikendalikan dengan perawatan yang tepat !!!" ungkapnya.

Maia Estianty baru terbuka soal rosacea yang diidapnya ke publik pada September 2021. Lewat vlog yang diunggah di kanal Youtube keluarganya, Maia AlElDul TV, Maia mengisahkan kondisi kulitnya yang mudah merah, terlebih saat di cuaca panas.

Baca juga: Idap Penyakit Rosacea, Maia Estianty: Kena Panas Dikit, Merah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."