Perawatan Wajah Usia 40 Tahun, Jangan Lupa Serum Vitamin C dan Krim Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Seiring bertambahnya usia, kulit kita mengalami penurunan produksi kolagen, minyak alami dan elastin yang pada akhirnya membuat kulit menjadi kering dan tampak tidak bernyawa. Kesalahan perawatan kulit yang mungkin dilakukan seseorang pada usia yang lebih muda mulai terlihat pada akhir 30-an atau awal 40-an. 

Termausk juga ketika kerutan, garis-garis halus, bintik-bintik penuaan mulai muncul di kulit. Setelah 40 tahun, rejimen perawatan kulit yang ideal harus mencakup tindakan korektif dan pencegahan. Ini berarti bahwa itu harus mengatasi masalah saat ini serta mencegah kulit dari kerusakan lebih lanjut, jelas Dr Nivedita Dadu, dokter kulit, pendiri dan ketua Klinik Dermatologi Dr Nivedita Dadu.

Berikut adalah beberapa tips perawatan wajah usia 40 tahun yang bisa Anda terapkan: 

1. Pilih scrub yang melembabkan 

Pilih scrub yang sesuai dengan jenis kulit Anda, tetapi tidak boleh kasar. Untuk kulit kering, gunakan scrub berbahan dasar krim yang tidak hanya membersihkan tetapi juga melembabkan kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan scrub berbasis gel yang akan membantu mengontrol sekresi minyak dan membuat kulit bersih.

2. Pembersih non-busa

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan kelembapan dan banyak lemak sehat. Jadi, menjadi lebih kering, lebih iritasi, kurang kenyal dan kurang elastis. Selalu gunakan pembersih non-busa yang lembut dan gunakan pelembab yang baik setelahnya untuk mengunci kelembapan.

3. Tabir surya

Tabir surya adalah bagian penting dari perawatan kulit sehari-hari. Ini melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari, yang bertanggung jawab untuk menyebabkan penuaan dini pada kulit. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 dan PA rating +++. Tabir surya yang mengandung zinc oxide dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat cahaya buatan yang dipancarkan oleh gadget elektronik.

4. Krim malam

Cuci muka dengan pembersih ringan dan oleskan krim malam. Ini akan menghidrasi kulit Anda dan membuatnya lebih lembut dan bercahaya.

5. Minum air putih dan konsumsi makanan sehat

Minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar memberikan kulit Anda antioksidan penting. Kulit yang terhidrasi terlihat muda dan bercahaya secara alami.

6. Pelembab berbahan dasar minyak
 

Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih kering karena kelenjar penghasil minyak di kulit kita menjadi kurang aktif. Gunakan pelembab berbahan dasar minyak ringan yang akan membuat kulit Anda lembut dan kenyal. Jika Anda memiliki kulit berminyak, konsultasikan dengan dokter kulit yang dapat membantu Anda memilih pelembab yang tepat.

7. Krim mata

Garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata adalah salah satu gejala awal penuaan. Gunakan gel atau krim di bawah mata yang baik yang akan menyehatkan mata Anda dan membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan saat Anda tidur.

8. Serum vitamin C

Sertakan serum vitamin C yang kaya antioksidan ke dalam rutinitas pagi Anda. Gunakan serum retinol anti-penuaan dengan vitamin A. Ini membantu memperbaiki tekstur dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Baca:

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."