Makanan Lokal dan Banyak Manfaat, Ini Kandungan Gizi Tempe

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi tempe. (doctortempeh.com)

Ilustrasi tempe. (doctortempeh.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTempe salah satu makanan khas Indonesia yang sangat disukai masyarakat. Ada banyak sekali tempe yang terhidang di seantero negeri. Ada jenis tempa bacem, tempe orek, ada pula tempe goreng, hingga keripik tempe. 

Makanan berbahan dasar kedelai ini memiliki cita rasa yang lezat. Harganya yang terjangkau membuat tempe menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat. 

Terbuat dari fermentasi kedelai, tempe merupakan pilihan yang cocok bagi para vegan. Sebab nutrisi yang terkandung di dalamnya tak kalah bergizi dibandingkan daging. Di dalamnya, terkandung protein yang tinggi, prebiotik, mineral, serta beragam vitamin.

Tingginya protein dalam tempe dapat menjaga kita untuk tetap kenyang. Dilansir dari Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa tempe dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori setelah makan.

Selain protein, kandungan isoflavon dalam kedelai juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Studi membuktikan, isoflavon sangat berkaitan dengan penurunan kadar kolesterol. Bahkan, dapat mengurangi stres juga.

Berdasarkan artikel Webmd, tempe memiliki segudang manfaat lainnya. Seperti yang telah disinggung di atas, tempe mengandung isoflavon yang memiliki sifat melawan kanker dan antioksidan. Berikut beberapa manfaat baik di tempe.

1. Menurunkan tekanan darah

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Meningkatkan resistensi insulin

4. Mengurangi peradangan

5. Membantu meredakan sakit saat menopause

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Walau tempe memiliki banyak manfaat baik, tentu saja kita tidak dapat selamanya sehat hanya dengan mengonsumsi tempe. Perlu diperhatikan juga konsumsi makanan-makanan lain dan lebih baik menambahkan sayuran dalam makanan. Jangan lupa pula untuk berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

Baca: Orang Indonesia Kuat Ngemil, Lemonilo Tawarkan Keripik Tempe

VIOLA NADA HAFILDA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."