Kamu Lebih Suka Belanja Bulanan Atau Harian? Yuk Cek Bedanya!

Ilustrasi kemudahan bertransaksi dalam berbelanja. (Foto: Shutterstock)

ragam

Kamu Lebih Suka Belanja Bulanan Atau Harian? Yuk Cek Bedanya!

Senin, 15 November 2021 18:15 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Uang belanja merupakan kebutuhan yang penting dalam kehidupan kamu. Meski begitu, apakah kamu masih suka bingung, lebih efisien menganggarkan uang belanja bulanan atau harian ya? Baik masih lajang ataupun sudah menikah, setiap orang pasti tidak bisa lepas dari yang namanya belanja.

Dilansir Lifepal, Senin 15 November 2021, uang belanja merupakan uang yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, untuk membayar tagihan listrik, belanja kebutuhan dapur, makan, membayar tagihan air, dan biaya hidup lainnya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan uang belanja, baik secara bulanan atau harian.

Kalau kamu lebih suka belanja bulanan atau harian? Simak kelebihannya masing-masing.

Kelebihan Uang Belanja Bulanan

Bagi kamu yang punya penghasilan tetap, pastinya awal atau akhir bulan selalu kamu nanti-nanti untuk mendapatkan gaji kan. 

Dengan penghasilan tetap yang dibayarkan setiap bulannya, ternyata bisa memudahkan kamu untuk menentukan anggaran pengeluaran selama sebulan ke depan nih. Termasuk, menentukan untuk menganggarkan uang belanja selama sebulan.

Apa saja kelebihan uang belanja bulanan?

1. Pengeluaran kamu jadi lebih teraturSoalnya, kamu jadi lebih tahu, pos-pos pengeluaran apa saja selama sebulan ke depan. Sehingga, kamu bisa menganggarkan uang belanja kamu dengan pasti.

2. Mencegah pengeluaran yang tidak bergunaDengan punya uang belanja bulanan, kamu jadi enggak gampang untuk "salah fokus" terhadap pengeluaran lain -yang mana seringkali enggak berguna alias cuma keinginan, bukan kebutuhan.

3. Kebutuhan bulanan lebih terpenuhiDikutip dari laman Bank Sinarmas, saat kamu melakukan belanja bulanan, hal itu bisa mempermudah kamu untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan ke depan. Alhasil, kamu jadi enggak perlu cemas lagi memikirkan kebutuhan rumah tangga selama sebulan ke depan.

Nah, agar uang belanja bulanan kamu tetap bisa berjalan sesuai anggaran, kamu bisa mencatat terlebih dahulu kebutuhan apa saja selama sebulan ke depan. Misalnya, dengan membuat daftar belanja, daftar tagihan, dan sebagainya.

Oh iya, karena kamu akan cenderung untuk belanja bulanan, maka pastikan juga stok barang-barang belanjaan kamu awet dengan menyimpannya di kulkas atau laci yang kedap udara. Dilansir Cermati, kamu juga bisa membuat daftar menu mingguan untuk mempermudah mengatur stok barang belanjaan.

Kelebihan Uang Belanja Harian

Kalau kamu memiliki penghasilan yang enggak tetap, atau cenderung dibayar upah per hari, menganggarkan uang belanja harian juga tidak masalah. 

Dengan memiliki uang belanja harian, membuat kamu memiliki kesempatan promosi di hari-hari tertentu -misalnya saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Selain itu, kebutuhan atau barang belanjaan yang ingin kamu beli lebih tepat sasaran.

Misalnya, kamu mau masak sayur bayam dan ayam goreng. Di hari itu juga, kamu hanya akan berbelanja bahan-bahan untuk memasak dua menu tersebut. Bonusnya, kamu bisa mendapatkan barang-barang yang lebih segar dan terkini, ketika kamu belanja secara harian.

Meski begitu, agar kebutuhan sehari-hari kamu ke depannya juga terpenuhi, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan: Bandingkan harga barang, sisihkan uang untuk anggaran belanja lainnya yang bersifat bulanan, seperti listrik, air, internet, dan sebagainya dan jangan tergoda untuk belanja hal lain di luar kebutuhan.

Baca: Mengatur Keuangan Tanpa Setop Spending ala Urban Moms, Simak 5 Caranya