Hari Batik Nasional, Cara Datangi 3 Pusat Batik di Jakarta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kain batik. Shutterstock

Ilustrasi kain batik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang belanja batik menjelang Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022? Batik merupakan salah satu motif kain yang menjadi ciri khas budaya Indonesia. Tentu ada banyak sekali toko batik yang menawarkan motif mereka yang beragam di Jakarta. 

Kain batik pun sudah disulap menjadi bawahan kebaya, ada pula atasan seperti blouse dan kemeja. Tidak jarang kamu juga menemukan rok batik atau blazer batik yang cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

Tidak hanya modelnya yang beragam, harganya pun bervariasi. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Semua tergantung pada kualitas kain dan tingkat kerumitan busana.

Dari sekian banyak pusat pertokoan batik di Jakarta, Cantika.com menuliskan 3 di antaranya dalam tulisan bertajuk Bangga Batik. Ketiga pusat batik itu adalah Sarinah, Blok M Square, dan Thamrin City. 

Untuk mempermudah berkunjung ke tiga pusat belanja itu, berikut cara kunjungi 3 pusat batik di Jakarta:


1.  Sarinah

Setelah direnovasi, Sarinah berubah menjadi pusat perbelanjaan modern di Jakarta. Desain gedung yang terbuka juga banyak menarik pengunjung.  Di sini juga terdapat deretan toko batik Nusantara, khususnya di lantai dasar dan lantai 4. Anda bisa menemukan banyak deretan toko batik seperti Batik Danar Hadi, Batik Keris, Harni Batik, Kabaya Kabaya. 

Transjakarta

Terletak di pusat kota, Sarinah didukung dengan akses transportasi umum yang mudah. Kamu bisa mengunjungi Sarinah dengan menaiki Transjakarta koridor 1 dengan rute Blok M-Kota, 6A (Monas-Ragunan via Kuningan), dan 6B (Monas-Ragunan via Semanggi), kemudian turun di Halte Sarinah.

Kamu juga bisa menggunakan layanan Transjakarta non-BRT dengan rute 1N (Blok M-Tanah Abang) atau 1P (Senen-Bundaran Senayan) dan turun di Halte Sarinah 1.

Sepeda


Buat kamu yang bisa menggunakkan transportasi sepeda, Sarinah juga ramah akses terdapat parkiran buat sepeda.

MRT

Selain dengan moda transportasi umum seperti TransJakarta, kamu juga bisa menggunakan MRT Jakarta. Jika kamu menggunakan MRT Jakarta untuk sampai ke Distrik Seni Sarinah, pastikan kamu menjadikan Stasiun Bundaran HI F sebagai titik akhir sebelum melanjutkan perjalanan lagi.

Stasiun MRT Bundaran Hi F ini dekat dengan Kedutaan Perancis dan harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk menuju Sarinah.Setelah itu kamu bisa masuk ke Sarinah melalui pintu lobi selatan atau lobi  barat.

2. Blok M Square

Pasaraya Grande Blok M dulunya menjadi tempat beli batik favorit di Jakarta Selatan.  Namun saat ini dikarenakan sepi pengunjung, hanya ada beberapa toko yang tersisa. Beberapa toko batik juga bisa ditemukan di lantai 2 seperti Radja Batik, Batik Indra Loka, dan lainnya. Pilihannya ada banyak dengan harga yang agak mahal, namun biasanya selalu ada diskon.

Busway

Beberapa rute busway menuju Blok M Square dari beberapa titik berikut ini:

Dari Halte Sunter Karya

Naik TransJakarta koridor 12 menuju Penjaringan dan turun di Pangeran Jayakarta. Kemudian berjalan 450 meter atau sekitar 7 menit untuk sampai di Halte Kota. Silahkan lanjut dengan naik TransJakarta koridor 1 dan kamu bisa turun di Halte Blok M.

Dari Halte Karet

Rute busway ke Blok M dari sini hanya perlu naik TransJakarta koridor 1 dan turun di halte Blok M. Jika ingin nongkrong ke Blok M Square hanya perlu berjalan 500 meter atau sekitar 7 menit.

Dari Halte Gambir 1

Mulai perjalanan dengan TransJakarta koridor 2 dan turun di Harmoni. Transit lalu gunakan TransJakarta koridor 1 turun di Halte Blok M.

Dari Halte Utan Kayu Rawamangun

Naik TransJakarta koridor 5E menuju Matraman lalu turun di Matraman 1. Transit dengan naik TransJakarta koridor 5C lalu turun di Monas. Dari Monas perlu transit sekali lagi dengan naik TransJakarta koridor 1 dan kamu bisa turun di Halte Blok M.

Dari Halte Grogol

Rute busway ke Blok M dari sini diawali dengan TransJakarta koridor 8 lalu turun di Harmoni. Transit dan naik TransJakarta koridor 1 untuk sampai ke Blok M.

MRT

Kamu juga bisa menggunakan MRT ketika hendak menuju Blok M Square. Kamu tinggal turun di stasiun Blok M | BCA. Dari stasiun MRt itu, kamu bisa langsung turun dan jalan kaki menuju Blok M Sqaure.

3. Thamrin City

Thamrin City juga merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan beragam busana batik dengan harga murah. Di sini juga tersedia aneka kain songket dan tenun yang cocok sebagai bawahan kebaya.

TransJakarta

Untuk para pencinta TransJakarta, Anda juga bisa menyambangi Thamrin City dengan cara yang cukup sederhana dan terjangkau. Bagi Anda yang berasal dari daerah Bekasi, bisa mengambil TransJakarta dari Halte Summarecon Bekasi menuju Halte Tosari via Tol Pancoran. Setelah itu, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 800 meter.

Bagi yang berdomisili di sekitaran Pancoran.bisa mengambil bus transjakarta dari Halte Pancoran menuju Halte Semanggi. Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda dengan mengambil bus menuju Monumen Nasional (Monas), lalu turun di Halte Tosari. Dari sini Anda bisa berjalan kaki.

MRT

Jika ingin menggunakan MRT Jakarta rute yang tersedia masih berkisar antara Lebak Bulus-Bundaran HI, dan sebaliknya. Seperti yang kita ketahui bahwa  lokasi Thamrin City berdekatan dengan ikon Kota Jakarta, Bundaran HI. Dalam arti lain, stasiun terdekat dari pusat perbelanjaan ini adalah stasiun MRT Bundaran HI. Dari stasiun tersebut, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

KRL

Thamrin City sangat dekat dengan Stasiun Karet. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyambangi tempat ini adalah dengan mengambil kereta KRL dengan tujuan stasiun tersebut. Jika anda dari arah Bogor, maka ambillah kereta dengan tujuan Tanah Abang dan berhenti di Stasiun Karet.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek online atau angkutan umum yang menuju arah Tanah Abang. Bila sedang tidak tergesa-gesa, Anda juga bisa berjalan kaki karena jarak Stasiun Karet menuju Thamrin City hanya sekitar 500 meter.

Baca: Hari Batik Nasional, Ini 4 Alat untuk Bikin Kain Batik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLON | BERBAGAI SUMBER

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."