Peringati Bulan Alzheimer, Berikut 10 Gejala yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi demensia (pixabay.com)

kesehatan

Peringati Bulan Alzheimer, Berikut 10 Gejala yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 21 September 2022 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaSeptember disebut juga Bulan Alzheimer. Tepatnya pada 21 September, masyarakat dunia terus diingatkan soal penyakit demensia alias pikun. Pada momen ini pula masyarakat dan organisasi, didorong untuk memberikan solusi demi meningkatkan kualitas hidup pasien dengan Alzheimer.

Bagi kamu yang tinggal dengan orang tua, sebaiknya ketahui kondisi kesehatan mereka. Sebab jika ada satu orang di rumah yang mengalami demensia alzheimer, maka kondisi di rumah dapat berubah.

Regional Director Asia Pacific Alzheimer's Disease International, DY Suharya mengatakan apabila ada orang tua, kakek, nenek di rumah yang sering lupa di mana menaruh kacamatanya, segera cek fungsi kognitif otaknya.

Suharya menjelaskan sepuluh gejala umum orang yang mengalami demensia alzheimer. Memperingati bulan Alzheimer, berikut ini ulasannya"

Gangguan Daya Ingat

Sering lupa peristiwa yang barusaja terjadi, lupa janji menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir di mana (dalam frekuensi tinggi)

Sulit Fokus

Sulit melakukan aktivitas aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, mengoperasikan telepon, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Sulit Melakukan Kegiatan yang Familiar

Sering kali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan.

Disorientasi

Bingung akan waktu (tanggal, hari-hari penting), bingung di mana mereka berda dan bagaimana mereka sampai di sana. Tidak tahu jalan pulang kembali ke rumah.

Kesulitan Memahami Visuospasial

Sulit untuk membaca, mengukur jarak, membedakan warna, membedakan sendok atau garpu, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin, menuangkan air di gelas namun tumpah dan tidak tepat penuangannya.

Gangguan Berkomunikasi

Kesulitan bicara dan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda, seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

Menaruh Barang Tidak pada Tempatnya

Lupa di mana meletakkan sesuatu, bahkan kacang curga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

Salah Membuat Keputusan

Berpakaian tidak serasi, memakai kaos kaki berbeda antara kiri dan kanan, tidak dapat merawat diri dengan baik, tidak dapat memahami jumlah uang yang perlu dibayar dalam bertransaksi.

Menarik Diri dari Pergaulan

Tidak memiliki semangat atau inisiatif untuk beraktivitas atau menjalani hobi seperti biasa. Tidak terlalu bersemangat untuk bersosialisasi.

Perubahan Perilaku dan Kepribadian

Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan kepada anggota keluarga, mudah kecewa, marah, dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Baca: Segera Cek Kesehatan Bila Alami Gejala Awal Demensia Alzheimer

RINI KUSTIANI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika