Kisah Ratu Elizabeth II dan Topi-Topi Ikoniknya

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ratu Elizabeth Inggris meninggalkan kebaktian untuk memperingati 400 tahun King James Bible di Westminster Abbey di London pusat, Inggris, 16 November 2011. Dia memiliki empat anak, delapan cucu, dan 12 cicit. REUTERS/Luke MacGregor

Ratu Elizabeth Inggris meninggalkan kebaktian untuk memperingati 400 tahun King James Bible di Westminster Abbey di London pusat, Inggris, 16 November 2011. Dia memiliki empat anak, delapan cucu, dan 12 cicit. REUTERS/Luke MacGregor

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dunia selalu memantau penampilan Ratu Elizabeth II dalam segala kesempatan. Salah satu yang menarik perhatian masyarakat adalah kebiasaan Ratu Elizabeth mengenakan topi. Kebiasaan sang Ratu yang mengenakan topi serasi dengan mantelnya menjadi ciri khas Ratu yang mangkat pada usia ke-96 tahun itu. 

Penampilan sang Ratu yang mudah dikenali biasanya adalah mantel berwarna cerah, topi yang serasi, sepatu hitam, dan tas pesanan. Semua bagian pakaian Ratu Inggris itu memiliki makna, terutama topinya.

Berbeda dengan perempuan modern lainnya, Ratu Elizabeth II tetap konsisten bergaya dengan topinya, sebagaimana disebutkan  sejarawan Inggris Robert Lacey menjelaskan kepada jurnalis mode Elizabeth Holmes untuk buku barunya, HRH: So Many Thoughts on Royal Style, bahwa wanita modern sangat jarang yang memakai topi sebagai pakaian kerja, kecuali tentara.

Topi Sebagai Ikon Wanita Inggris

Topi sendiri merupakan ikon penting bagi wanita Inggris, khususnya anggota kerajaan. Dilansir dari BBC, protokol kerajaan menyatakan bahwa wanita harus mengenakan topi untuk semua acara resmi. 

Aturan tersebut sudah ada sejak tahun 1950-an.  Pada masa itu, memakai topi bagi wanita merupakan trend dan mereka tidak diperkenankan memperlihatkan rambut mereka di depan umum.

Tak hanya itu, penggunaan topi sendiri dinilai bermanfaat karena dapat melindungi kepala dari hujan maupun teriknya panas matahari. Penampilan vintage Ratu Elizabeth II tersebut juga menjadi gaya unik tersendiri dari sang ratu. Pasalnya, sebelum Ratu tidak ada yang berpenampilan seperti itu.

Mengutip dari Page Six, ada beberapa model topi yang digemari oleh Ratu Elizabeth II, mulai dari topi berukuran kecil, topi baja motif bunga, topi ala sorban, topi ungu hydrangea, topi jerami, dan masih banyak lainnya.

Dilansir dari NDTV.com, tidak ada aturan undang undang tertulis terkait aturan berpakaian kerajaan, namun ada semacam aturan etiket serta protokol tradisional lama. 

Ada sisi praktis dari aturan berpakaian sang Ratu Elizabeth II, bahkan jika dirinya terlihat seperti mempertahankan tradisi lama, dengan mengenakan topi dan sarung tangan di depan umum. Dengan tinggi 1,63 meter, topi berwarna cerah memungkinkannya untuk dipilih di tengah orang banyak, juga payung tembus pandang dan sepatu haknya.

Baca: Mengenang Ratu Elizabeth II, Michelle Obama: Ratu Sangat Berarti bagi Kami

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."