Ratu Elizabeth II Ingin Rambutnya Selalu Simetris, Penata Rambut Datang Sepekan Sekali

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dinihari, 9 September 2022. Ratu yang memerintah selama  70 tahun, 7 bulan dan 2 hari, meninggal dalam usia 96 tahun.  Eddie Mulholland/Pool via REUTERS/File Photo

Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dinihari, 9 September 2022. Ratu yang memerintah selama 70 tahun, 7 bulan dan 2 hari, meninggal dalam usia 96 tahun. Eddie Mulholland/Pool via REUTERS/File Photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Inggris masih dalam suasana berkabung atas meninggalnya Ratu Elizabeth II dalam usia 96 tahun. Gerak gerik Ratu Elizabeth yang telah berkuasa selama 70 tahun ini selalu menjadi perhatian media. Media dalam dan luar negeri terus memantau tidak hanya perkataan Ratu Elizabeth, namun juga pakaian serta gaya rambut ibu empat anak ini.

Gaya rambut Ratu Elizabeth II memiliki ciri khas. Rambut aslinya tampak sangat ikal, dan dia mempertahankan gaya rambut terstruktur selama bertahun-tahun. Dia mulai berhenti mengecat rambut pada tahun 1990 dan panjang pendek rambutnya tampak berbeda-beda. Seiring bertambahnya usia sang Ratu, dia memilih rambut yang lebih pendek dengan dua ikal yang menonjol di bagian depan rambutnya.

Gaya ini berkat penata rambutnya yang setia selama 23 tahun, Scot Ian Carmichael, yang mengujungi Istana Buckingham atau Kastil Windsor setidaknya sekali seminggu. Menurut jurnalis Dame Esther Rantzen yang sempat bertemu penata rambut Ratu, mengatakan, bahwa Ratu suka dan bersikeras rambutnya sepenuhnya simetris. "Rambutnya harus terlihat sama dari satu profil dan kemudian ke profil lainnya, sehingga dari sisi mana pun orang melihatnya, rambutnya selalu terlihat persis sama," ujarnya. 

Namun, selama beberapa bulan pertama pandemi dan aturan lockdown yang ketat, Ratu Elizabeth  dilaporkan menata rambutnya sendiri. “Sang Ratu telah menata rambutnya sendiri selama bertahun-tahun di Balmoral selama liburan musim panasnya dan dia sudah terbiasa dengan itu. Dia mencuci, mengeringkan, dan memasangnya sendiri - dan dia sangat ahli dalam hal itu," ujar seorang sumber kepada The Sun, menambahjan penata rias Ratu Angela Kelly juga ikut membantu menata rambutnya.

Awal Juni 2022, Ratu Elizabeth II terlihat mengganti gaya rambutnya menjadi lebih pendek setelah perayaan Platinum Jubilee-nya. Rambut bagian belakang dan samping terlihat lebih pendek.

Selain gaya rambut, Ratu Elizabeth dikenal dengan gaya busananya yang ikonik. Ratu sangat menghindari memakai busana yang sama di depan publik, Elizabeth Holmes dalam bukunya yang berjudul "HRH: So Many Thoughts on Royal Style," mengatakan semua pakaian yang dikenakan oleh Ratu akan dicatat, dan pemakaiannya sengaja diberi jarak sehingga tidak mungkin orang akan melihat Ratu  mengenakan pakaian yang sama dalam waktu yang berbeda.

“Setelah  dua atau tiga acara publik, desain dari baju Ratu akan direvisi menjadi desain baru atau akan digunakan di hari libur atau pertemuan pribadi Ratu,” tulis Holmes dalam bukunya. 

Salah satu perancang busana Ratu Elizabeth II Norman Hartnell bercerita bahwa rancangan khusus untuk pakaian Ratu Elizabeth, biasanya menggunakan model yang sederhana. Meskipun tidak sering menyimpang dari siluet tradisionalnya, Ratu cenderung mengenakan kain berwarna ya menarik disertai pola, di saat banyak bangsawan cenderung menyukai warna solid. Ratu juga sering menggunakan topi untuk pelengkap dari busana yang ia kenakan.

Baca: 5 Fakta Menarik Penampilan Ratu Elizabeth II, Warna Favoritnya Biru

NADIA RAICHAN FITRIANUR | INSIDER | EXPRESS | YUNIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."