5 Fakta Menarik Penampilan Ratu Elizabeth II, Warna Favoritnya Biru

Ratu Elizabeth II berjalan dengan menggunakan tongkat jalan saat menghadiri kebaktian yang memperingati 100 tahun berdirinya Royal British Legion di gereja Westminster Abbey, London, Inggris, 12 Oktober 2021. Frank Augstein/Pool via REUTERS

mode

5 Fakta Menarik Penampilan Ratu Elizabeth II, Warna Favoritnya Biru

Senin, 12 September 2022 14:00 WIB
Reporter : magang_merdeka Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ratu Elizabeth II punya gaya busana yang khas semasa hidupnya. Selama 70 tahun bertakhta di Inggris, ia identik dalam balutan busana berwarna cerah dilengkapi topi warna senada. Tas tangan warna hitam menjadi elemen wajib dalam penampilannya.

Berikut sederet fakta menarik tampilan nenek Pangeran William dan Pangeran Harry itu yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Menonjolkan Satu Warna

Dalam berpenampilan, Ratu Elizabeth II selalu memakai busana dan aksesori warna senada atau satu nuansa. Ratu tak pernah memakai lebih dari satu warna atau bahkan tabrak warna dalam padu padan busana serta aksesorinya. Untuk pilihan alas kaki dan tasnya, Ratu kerap mengenakan tema monokrom, seperti hitam. 

2. Penggemar Busana Warna Cerah

Ratu Elizabeth terlihat selalu menggunakan gaun berwarna cerah agar selalu terlihat di tempat keramaian. Pilihan warna tersebut juga demi keamanannya, agar para petugas keamanan dapat melihatnya jika ia berada di tempat keramaian. Alasan lain ratu memakai busana cerah untuk memastikan rakyatnya bisa melihatnya dari kejauhan.

Ratu Elizabeth II melambaikan tangan kepada rakyatnya pada saat merayakan ulang tahun ke-90 di Windsor, Inggris, 21 April 2016. REUTERS/Toby Melville

3. Tas Tangan Klasik Hitam

Ratu Elizabeth kerap membawa tas tangan di berbagai penampilan publiknya. Melansir dari The Telegraph, tas favoritnya buatan jenama Inggris yakni Launer. Diperkirakan Ratu memiliki setidaknya 200 tas tersebut.

Model tas favoritnya adalah Traviata. Tas tangan model klasik itu terbuat dari kulit anak sapi halus dengan lapisan suede kambing yang lembut. Harga tas tersebut mencapai USD2.376 atau setara dengan Rp35,2 juta. Selain itu, Ratu Elizabeth juga memiliki koleksi tas lainnya, yakni Turandot seharga Rp 46,2 juta, dan Royale seharga Rp 46 juta. 

4. Topi Gaya Andalannya

Salah satu ciri khas penampilan Ratu adalah memakai topi serasi busana. Itu merupakan cara ekstra baginya untuk tetap terlihat di ruang publik.

Dalam pemilihan desain topi, ratu punya kriteria khusus. Desain topi sebisa mungkin tidak menutupi wajahnya dan tidak boleh dibuat terlalu tinggi agar ia mudah ketika turun dari mobil.

Bicara soal model topi, ratu tak hanya terpatok pada satu jenis. Ia Mulai dari topi dainty yang kreap dipakainya pada tahun 50-an, topi model trim dihiasi detail bunga besar yang dipakainya saat mengunjungi India pada 1983, hingga topi bow-trimmed.

Untuk detail hiasan topi, selain bulu, renda, dan jaring, embellishment bunga dan pita kerap semakin mempercantik hiasan kepala tersebut.

Duchess of Cambridge Kate Middleton tiba bersama suaminya, Pangeran William dan Ratu Elizabeth II dalam ajang pacuan kuda Royal Ascot di Inggris, Selasa, 18 Juni 2019. Biru muda menjadi pilihan bagi beberapa anggota keluarga kerajaan. Ratu Elizabeth hingga Putri Eugenie pun memilih tampil dengan gaun berwarna biru muda. REUTERS

5. Warna Favorit

Menurut Daily Telegraph, biru adalah warna kesukaan Ratu, menurut penelitian surat kabar Daily Telegraph Inggris.

Makalah ini menganalisis setiap item pakaian yang dikenakan Ratu Elizabeth selama acara  resminya sejak Januari 2015. Disimpulkan bahwa warna yang paling sering dia kenakan adalah biru, diikuti oleh hitam, putih, lalu perak. Sebanyak 93 persen dari semua pakaian yang terlihat oleh fotografer di acara-acara yang dihadiri oleh Ratu ternyata berwarna biru.

Dia pertama kali mengenakan gaun biru ketika dia mengunjungi Kanada pada tahun 1970. Sejak itu, dia selalu memilih gaun biru untuk acara-acara penting seperti kunjungan kenegaraan dan pernikahan kerajaan.

Meski menyukai warna biru, bukan berarti ratu tak pernah mengenakan gaun warna cerah lainnya. Sebagai ratu, Elizabeth sering mengirim pesan kepada orang-orang di seluruh dunia dengan mengenakan warna pakaian yang berbeda. Misalnya, dia pernah mengirimkan simpatinya kepada mereka yang menderita bencana alam dengan mengenakan pakaian hitam. Ia juga mengenakan warna busana yang sama saat berduka, contohnya saat menghadiri pemakaman sang suami, Pangeran Philip, pada April 2021.

Di kesempatan lain, ia mengenakan busana putih seperti saat menghadiri Pernikahan Pangeran Charles dan Diana Spencer. Di momen Pembukaan Parlemen Negara dan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, ratu memakai gaun berwarna merah.

Secara keseluruhan, Ratu Elizabeth II cenderung lebih menyukai warna-warna berani yang menonjol, itulah sebabnya Anda sering melihat foto-foto dirinya mengenakan warna merah, kuning, atau oranye. Namun, dia juga memiliki beberapa pakaian serba hitam di foto-foto yang sudah ada sejak beberapa dekade lalu. 

Baca juga: Berikut Perhiasan dan Tiara Ikonik Ratu Elizabeth II

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | THE TELEGRAPH | PAGE SIX | MOOD BELLE | TEMPO.CO