Pangeran William dan Kate Middleton Tampilkan Wajah Kerajaan jadi Lebih Modern

(dari kanan) Kate Middleton dan suami, Pangeran William. Foto: Instagram/@dukeandduchessofcambridge

ragam

Pangeran William dan Kate Middleton Tampilkan Wajah Kerajaan jadi Lebih Modern

Sabtu, 10 September 2022 09:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pangeran William dan Kate Middleton membawa pendekatan yang lebih santai dan personal dalam tugas-tugas pemerintahan, serta cara mereka membesarkan anak, sehingga menciptakan visi pemerintahan yang lebih modern di era baru. Pasangan yang dikenal sebagai Duke dan Duchess of Cambridge menikah pada 2011 dan memiliki tiga anak, George, Charlotte dan Louis.

Pakar pemerintah Richard Fitzwilliams, seperti dilansir AFP pada hari Jumat, 9 September 2022 mengatakan mereka telah "menguasai baik formal maupun informal", memberikan kilasan kehidupan pribadi di media sosial untuk memuaskan keingintahuan media, pendekatan yang berbeda dari anggota pemerintah di masa lalu yang relatif tertutup. "Mereka berhasil melindungi koalisi dari normalitas dan status pemerintahan," katanya kepada AFP .

Pasangan yang sama-sama berusia 40 tahun ini bertemu saat kuliah di University of St Andrews, Skotlandia. Saat itu, Pangeran William menjadi pujaan hati para perempuan dan sosoknya membuat angka pendaftaran di universitas tersebut melonjak.

Sama seperti pamannya, Pangeran Andrew, adiknya Harry dan ayahnya Pangeran Charles, William memilih berkarir di dunia militer. William menjadi pilot helikopter penyelamat pada 2009. Setelah menikahi Kate, ia tinggal bersama istri dan putranya George, yang lahir pada 2013, selama beberapa tahun di Anglesey.

Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, ditemani oleh orang tuanya Pangeran William dan Kate Middleton di Lambrook School, sehari sebelum memulai tahun ajaran baru di Berkshire, Inggris, 7 September 2022. Jonathan Brady/Pool via REUTERS

William kemudian mengubah profesinya menjadi pilot ambulans sejak 2015, tinggal di Anmer Hall, di Sandringham, Norfolk, Inggris. Dia kemudian menjadi anggota penuh pemerintah pada tahun 2017, lalu memindahkan keluarganya ke sebuah apartemen di Istana Kensington, London.

Keluarganya kini telah pindah ke Adelaide Cottage di Windsor dan minggu ini ketiga anaknya mulai bersekolah di sekolah swasta Lambrook. Charlotte dan George sebelumnya bersekolah di London sementara Louis bersekolah di TK.

Anak-anak Kate dan William dikatakan dibesarkan untuk menikmati kegiatan di luar ruangan dan terbatas dalam mengakses perangkat.

William sempat berbincang tentang sulitnya berbagi tugas mengajar anak-anak di rumah dengan Kate selama pembatasan wilayah akibat virus corona, meski ia tinggal di rumah 10 kamar pemberian neneknya, Ratu Elizabeth II.

William juga aktif menyuarakan isu-isu untuk meningkatkan kesehatan mental, ia pernah bercerita tentang kesedihannya atas kematian ibunya, Putri Diana, serta trauma yang ia alami saat menjadi pilot ambulans.

Ia juga sering terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, mendirikan Earthshot Prize yang memberikan penghargaan kepada orang-orang yang menemukan solusi untuk masalah yang mengancam planet ini.

William dan Kate Middleton pun memanfaatkan media sosial. Akun resmi mereka di Twitter, Instagram, dan YouTube memiliki jutaan pengikut. Pada Agustus 2022, jajak pendapat YouGov menyatakan William dan Kate sebagai anggota keluarga kerajaan nomor dua dan tiga favorit, setelah ratu.

"Saya pikir William dan Kate mencerminkan, dalam banyak hal, ratu muda dan Philip," kata koresponden veteran pemerintah Robert Jobson.

Mereka tidak lagi muda, tetapi masih memberikan nuansa modern kepada pemerintah yang dapat membantu monarki terus berlanjut, katanya. Pemerintahan sang ayah, Pangeran Charles, akan dianggap sebagai transisi ke putra bungsunya dan dianggap lebih glamor. "Dan tentu saja, William akan berada di atas takhta lebih lama," katanya.

Meski lebih modern, William sangat mendukung keluarga kerajaan dan nilai-nilai kerajaan. Dia dilaporkan sangat marah ketika Harry mengatakan dia dan ayahnya "terjebak" di institusi tersebut.

William juga membalas setelah Harry dan Meghan mengklaim anggota keluarga kerajaan telah bertanya tentang warna kulit bayi mereka yang belum lahir, mengatakan kepada wartawan bahwa keluarganya "bukan keluarga rasis".

Pada tahun 2021, dia membantah hubungannya dengan Harry tegang setelah sebuah film dokumenter BBC muncul yang mengatakan hubungan mereka telah mendingin. William juga tidak menyembunyikan ketidakpercayaannya terhadap media Inggris setelah ibunya meninggal akibat dikejar paparazzi di Paris.

Baca: Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Hingga Kate Middleton Dapat Gelar Baru