Rangkaian Skincare Ini Cocok untuk Pemilik Kulit Kombinasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi wanita melihat wajahya di cermin. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat mengetahui mempunyai kulit jenis kombinasi, banyak orang kerap kebingungan. Kulit kombinasi memang lebih kompleks dibanding jenis kulit lain. Ciri-ciri kulit kombinasi yakni daerah T-Zone (dahi dan hidung) lebih berminyak dan daerah pipi kering. Pemilik kulit ini pun akan merasa lebih kering di cuaca dingin dan berminyak saat panas. Walaupun kemungkinan jenis kulit ini adalah jenis kulit paling umum yang dimiliki orang. 

Penyebab kulit kombinasi bisa disebabkan beberapa hal, bahkan bisa diturunkan dari orang tua pada anaknya. Faktor lain seperti eksfoliasi yang terlalu kasar, pemakaian moisturizer yang menutupi pori-pori, mencuci muka berlebihan, aktivitas kelenjar sebum pada T-zone yang lebih besar, serta sensitisasi yang disebabkan oleh bahan-bahan produk perawatan kulit. 

Berikut rangkaian skincare yang tepat untuk merawat kulit kombinasi:

Cleanser

Memilih cleanser untuk kulit kombinasi harus yang tidak mengandung sabun untuk mencegah terjadinya peradangan, kekeringan kulit hingga iritasi. Cleanser tanpa sabun juga membuat kulit menjadi tenang dan secara perlahan menyembuhkan dengan sendirinya.  Kandungan terbaik cleanser untuk kulit kombinasi adalah asam beta hidroksi (BHA) seperti asam salisilat ataupun asam alfa hidroksi (AHA) seperti asam glikolat. Pemakaian rutin sebanyak dua kali sehari dapat memperbaiki tekstur kulit.

Toner

Memilih toner untuk kulit kombinasi sebaiknya mengandung creamide dana asam lemak, antioksidan serta AHA dan BHA. Lalu, menghindari toner dengan kandungan parfum, minyak esensial, serta bahan-bahan yang bisa mengiritasi seperti mentol alkohol juga witch hazel.

Serum

Serum yang baik untuk kulit kombinasi adalah serum yang dapat menhidrasi serta melindungi kulit. Serum dengan kandungan asam hialuronat cocok untuk digunakan orang dengan kulit kombinasi. Moisturizer Dikarenakan kulit kombinasi punya dua jenis kulit bersamaan, pelembab yang digunakan juga ada dua jenis. Untuk bagian kulit kering, sebaiknya menggunakan pelembab krim, lalu untuk area berminyak sebaiknya gunakan pelembab berbahan dasar air yang ringan. 

Sunscreen 

Tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu komponen yang penting dalam perawatan kulit kombinasi. Karena tidak hanya untuk mencegah penuaan dini serta meminimalisir pigmentasi, juga membuat kulit berfungsi secara normal. Bahkan tabir surya juga dapat menghilangkan penyebab-penyebab masalah kulit.

Baca: 7 Tahapan Perawatan Kulit Kombinasi, Salah Satunya Pelembap Gel

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."