Suka Masakan Italia? Simak Tips Mudah Membuat Bumbu Oregano

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi oregano. Foto: Pixabay.com/Efraimstochter

Ilustrasi oregano. Foto: Pixabay.com/Efraimstochter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baik itu pizza atau pasta, masakan Italia rasanya tidak lengkap tanpa oregano dan serpihan cabai. Bumbu oregano adalah salah satu herbal yang banyak digunakan yang memiliki banyak pengaruh pada masakan Meksiko dan Mediterania juga. 

Bumbu oregano adalah ramuan aromatik yang termasuk mint. Dengan rasa dan aroma yang kuat, ramuan ini banyak digunakan dalam masakan Mediterania, Meksiko, Italia, dan Yunani. Sebagai ramuan, digunakan untuk memasak beberapa hidangan, tetapi bentuk keringnya yang sering kita tambahkan ke masakan Italia dan Meksiko.

Ilustrasi pizza. Sumber: Unsplash/asiaone.com

Manfaat menggunakan Oregano

Ini adalah bumbu populer yang digunakan dalam jumlah minimal tetapi menambahkan banyak nutrisi ke tubuh. Anda akan terkejut mengetahui bahwa hanya 1 sendok teh oregano dapat memenuhi sekitar delapan persen kebutuhan vitamin K harian Anda. Oregano juga kaya akan antioksidan dan dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anticancer Drugs, 'salah satu senyawa yang ada dalam oregano carvacrol diketahui dapat menekan pertumbuhan sel kanker usus besar'. Ini juga membantu melawan bakteri sekaligus mengurangi peradangan.

Cara Membuat Bumbu Oregano

Untuk membuat bumbu populer ini, Anda membutuhkan 1 sdm bubuk lada hitam, 2 sdm bubuk bawang putih, 1 sdm oregano kering, 1/2 sdm daun kemangi kering, 1/2 sdt cabai merah, 1 sdm garam, 1/4 sdt kering Rosemary.

Proses membuat bumbu oregano ini sangat sederhana dan Anda hanya membutuhkan lesung dan alu. Cuci dan keringkan lesung dan alu dan tambahkan semua bahan di dalamnya satu per satu kecuali garam. 

Haluskan semua bahan dengan kasar agar bumbu halus. Setelah selesai, tambahkan garam ke dalamnya dan aduk rata. Pindahkan bumbu ke toples kedap udara dan nikmati sesuai kebutuhan. Itu juga dapat didinginkan untuk umur simpan yang lebih baik.

Baca: Pizza Marzano Rilis Menu Baru untuk Penggemar Masakan Italia

TIMES OF INDIA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."