Resmi Menikah, Mutiara Baswedan Anggun Berkebaya Putih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati, dalam acara pernikahan putrinya, Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 29 Juli 2022. Dok. Istimewa

mode

Resmi Menikah, Mutiara Baswedan Anggun Berkebaya Putih

Jumat, 29 Juli 2022 14:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Putri sulung Gubernur Anies Baswedan, yaitu Mutiara Baswedan telah resmi menikah dengan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Ali Saleh Alhuraiby pada Jumat pagi. 

"Alhamdulillah Bapak Anies Baswedan telah menikahkan putri sulungnya. Prosesi akad nikah berjalan khusyuk dan khidmat penuh dengan nilai-nilai agama dan budaya," kata Abdillah Rasyid Baswedan, adik Anies dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 Juli 2022. 

Akad nikah berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, pagi ini pukul 08.30. Ali mengenakan jas putih, sementara Mutiara memakai kebaya modern warna putih dengan ekor menjuntai. Kebaya yang dipadukan dengan kain batik tersebut dihiasai oleh embroidery yang elegan. 

Menurut Abdillah, keponakannya itu menikah menggunakan pakaian adat Jawa, yakni adat Yogyakarta. Dulu, lanjut dia, Anies dan istrinya, Fery Farhati, juga melangsungkan pernikahan pada 11 Mei 1996 dengan mengenakan pakaian adat Jawa. 

"Selain pakaian adat yang sama, kisah Tia (Mutiara) dan Ali ini sama dengan kisah Bapak Anies Baswedan dan Ibu Fery Farhati, yaitu sama-sama dipertemukan di kampus," terang Abdillah. 

Anies dan Fery adalah lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu dulu mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi. Sementara Fery belajar di Fakultas Psikologi. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri, Fery Farhati, dalam acara pernikahan putrinya, Mutiara Annisa Baswedan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 29 Juli 2022. Dok. Istimewa

Kisah Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby juga begitu. Mutiara adalah lulusan Fakultas Hukum UI dan Ali dari Fakultas Kedokteran UI. 

Resepsi pernikahan bakal berlangsung malam ini. Mutiara Baswedan rencananya memakai kebaya kutubaru berbahan velvet warna pink dan kain batik Yogyakarta motif sido asih dengan latar cemeng. Suaminya, Ali mengenakan surjan dan kain batik Yogyakarta dengan motif sido asih dan latar cemeng. 

Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Habib Nabil Al-Musawwa menghadiri pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan. Nabil mengunggah momen sakral tersebut di akun Instagram-nya @habib_nabiel_almusawa hari ini.

"Saya hadir bersama banyak tokoh nasional," tulis dia di akun Instagramnya, Jumat, 29 Juli 2022. 

Nabil membagikan video berisikan foto-foto pernikahan Mutiara Baswedan. Dia juga mengunggah foto selfie bersama Quraish Shihab.

Ada juga foto di meja akad, tampak Anies mengenakan pakaian dan peci hitam. Di seberang Anies tampak duduk calon mempelai pria, Ali Saleh Alhuraiby. Menantu Anies itu adalah anak dari Saleh Ali Alhuraiby dan Fahumah Fadel Nagib. 

"Di antara sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh para orangtua adalah saat melihat anaknya duduk di kursi pelaminan," tulis Nabil. 

Nabil menilai ada rasa campur aduk yang dirasakan Anies Baswedan saat menikahkan putrinya. Perasaan bahagia, khawatir, dan sedih bercampur mejadi satu. "Itulah yang saya lihat di raut sahabat baik saya itu," ujar bekas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Baca: Sosok Calon Suami Mutiara Baswedan, Satu Kampus Beda Jurusan

Lani Diana Wijaya