Didiet Maulana Sematkan Motif Gurdo di Kebaya Nikah Via Vallen, Apa Maknanya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Desainer Didiet Maulana menerjemahkan dengan manis makna janji putih dalam kebaya Kutubaru yang dikenakan Via Vallen saat akan nikah/Foto: Instagram/Didiet Maulana

Desainer Didiet Maulana menerjemahkan dengan manis makna janji putih dalam kebaya Kutubaru yang dikenakan Via Vallen saat akan nikah/Foto: Instagram/Didiet Maulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pedangdut Via Vallen telah resmi menikah dengan Chevra Yolandi pada Jumat, 15 Juli 2022. Salah satu hal yang menarik perhatian ialah kebaya warna putih yang dikenakan Via merupakan buah karya desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana. 

Didiet Maulana membagikan ceritanya di laman Instagram, Senin 18 Juli 2022. Konsep kebaya yang diminta oleh mempelai pengantin ialah bertajuk Janji Putih, senada dengan lagu duet mereka, maka Didiet pun mempersembahkan konsep busana "Janji Putih" untuk kedua mempelai.

"Mbak Via dan Mas Chevra bbrp bulan lalu DM aku di IG, kemudian janjian ketemuan, meeting 1 jam dan langsung keluar sketsa," tulisnya. 

Konsep klasik modern menjadi pilihan untuk kedua mempelai. Ditulis oleh Didiet, saat akad nikah Via mengenakan kebaya Kutubaru dengan model lengan agak melebar untuk memberikan aksen. Kebaya dibuat dengan bordir Perancis dan bordir tangan halus. 

Membuat motif Gurdo (Garuda) perlambang kekuatan di bagian punggung kebaya. Angkin warna merah bermotif melati yang memberikan doa untuk keharuman bahtera kedua mempelai. Bertabur payet kristal dari Swiss dan mutiara.

Desainer Didiet Maulana menerjemahkan dengan manis makna janji putih dalam kebaya Kutubaru yang dikenakan Via Vallen saat akan nikah/Foto: Instagram/Didiet Maulana

Kemudian Chevra menggunakan beskap klasik model Sikepan, dengan kemeja Tuxedo dan bow tie putih. Dengan bordir yg terinspirasi dari motif Lung Lungan (daun menjalar), perlambang kesejahteraan yg selalu tumbuh.

Kedua mempelai memakai kain batik tulis halus buatan pembatik Solo, motif Sido Mulyo (menjadi mulia), penuh harapan dan doa baik untuk kedua mempelai. "Terima kasih Mbak Via dan Mas Chevra. Proses fitting Surabaya dan Jakarta 2 kali ya kita utk acara ini. Semoga samawa," harap Didiet. 

Sebagai pelengkap penampilan di hari bahagia pernikahan mempelai pengantin, Via mengenakan aksesori dari desainer Rinaldi A. Yunardi, dan paes sanggul adat Jawa dari Benn Bagoes.

Mundur sejenak di momen lamaran pada 10 Mei 2022 lalu, dalam pesta lamarannya ia tampil manglingi atau tidak mengenali lantaran terlihat anggun dan elegan. Perempuan 30 tahun ini mengenakan kebaya modern dari desainer kebaya Ayung Berinda yang sudah sering membuatkan kebaya untuk para selebritis.

Via Vallen mengenakan kebaya pastel tepatnya warna silver grey dengan semburat biru terang, terdapat detail beads dan sedikit tassel di bagian lengan dan bawah kebaya. Kemudian, untuk makeup-nya dipegang oleh Cherry Jessica dengan look natural, tampak pemulas bibirnya warna coral yang segar. 

Via Vallen tampak anggun dalam balutan kebaya modern rancangan Ayung Berinda/Foto: Instagram/Ayung berinda.

Baca: Menjelang Pernikahan, Via Vallen Bagikan Potret Prewedding Busana Adat Jawa

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."