Dian Sastro Ajak Perempuan Indonesia Ikut Gerakan Kebaya Goes to UNESCO

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Sastro. Foto: Instagram

Dian Sastro. Foto: Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Kebaya merupakan salah satu busana tradisional Indonesia yang keberadannya hingga kini terus eksis. Artis dan figur publik, Diandra Paramitha Sastrowardoyo atau Dian Sastro, menyuarakan ke seluruh perempuan di Indonesia ikut "Gerakan Kebaya Goes to UNESCO".

Hal ini dilakukan agar seluruh perempuan di Indonesia,bisa berpartisipasi dalam pengajuan budaya dunia tak benda melalui gerakan tersebut.  "Jangan lupa untuk ajak kerabat dan saudara kalian ya. Mari lestarikan kebaya menjadi warisan luhur Bangsa dan turut bangga menjadikannya bagian dari warisan budaya tak benda dari Indonesia untuk dunia. #kebayagoestounesco let's do this!" ajak Dian. 

Gerakan Kebaya Goes to UNESCO akan diselenggarakan mulai 9 Agustus 2022 sampai 9 Desember 2022. Selain itu, perlu dimulai langkah-langkah untuk mendaftarkan Kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia.

Melansir laman tradisi kebaya, penting untuk melestarikan keberadaan kebaya dengan berbagai cara, sebab pada dasarnya busana dapat menggambarkan dua hal penting yang melekat pada pemakainya:

1. Identitas diri, yakni pengakuan seseorang mengenai persepsi terhadap dirinya sendiri, potensi, kualitas, ciri kepribadian, termasuk penilaian terhadap aspek diri, yang berhubungan juga dengan konteks sosial budaya dimana ia menjalani kehidupan

2. Kepribadian, yakni seperangkat karakteristik dalam diri individu yang terdiri dari pola berpikir, berperasaan dan berperilaku, yang menjadi pembeda dengan individu lain,. Karakteristik ini berpengaruh pada motivasi, sikap dan perilaku seseorang

Baju adalah simbol yang paling signifikan dan mudah digunakan dalam menunjukkan identitas diri karena dipakai dalam kegiatan sehari-hari, merupakan media public display yang paling mudah ditampilkan, dan melambangkan prestige sosial pemakainya.

Untuk membuat seseorang bersedia, merasa nyaman dan merasakan aura yang mengasyikkan soal kebaya, tentu perlu mengenal apa itu kebaya. Ini memang busana asli asal Indonesia, namun belum tentu semua orang merasa nyaman mengenakannya. Maka diperlukan sosialisasi mengenai kebaya baik dari segi sejarah, filosofi, model, maupun perkebangan terakhir pemakaian kebaya.

Jadi, siapkan foto terbaikmu saat berkebaya! 

Baca: Ragam Gaya Dian Sastro Berkebaya, dari Model Kutubaru Hingga Encim

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."