Niki Rilis Single Oceans & Engines, Dibuat Saat Patah Hati di Usia 17 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
NIKI oleh Gabriel Chiu/88rising Records

NIKI oleh Gabriel Chiu/88rising Records

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi sekaligus penulis lagu dan produser kelahiran Jakarta yang berbasis di Los Angeles, Niki, merilis single baru dan video klip berjudul “Oceans & Engines" pada 8 Juli 2022. Lagu tersebut akan muncul di album kedua Niki yang akan datang, Nicole, yang akan keluar 12 Agustus 2022 hari ini.

Single "Oceans & Engines" ditulis oleh Niki ketika dia baru berusia 17 tahun. Lagu itu adalah balada penyayat hati tentang menyudahi sebuah hubungan yang rusak, suatu momen kejelasan yang berapi-api dan menampilkan kemampuan Niki menulis lagu. Versi terbaru dari lagu tersebut, direkam ulang untuk Nicole, memperlihatkan bagaimana Niki menghadirkan kembali keahliannya dalam menulis lagu.

Video musik untuk single ini, disutradarai oleh Isaac Ravishankara (The Ballad of Cleopatra dari The Lumineers), adalah perluasan dari narasi yang digambarkan pada video musik "Before", menampilkan momen-momen indah sepanjang perjalanan suatu hubungan dan perjuangan untuk melepaskan setelah hubungan berakhir.

Menurut Niki, ia menulisnya pada 2016. Saat itu ia mengalami patah hati yang menghancurkan dari cinta pertama yang pergi untuk selamanya. "Hubungan tersebut sangat dramatis & panjang, penuh kenaifan & kepolosan yang saya kenang sekarang di usia 23," katanya dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 8 Juli 2022. 

Niki menuliskan lagu itu di tempat tidur pada jam-jam yang tak nyaman pada malam hari di kelas 11 sambil ngemil sereal basi. Setelah bertahun-tahun kemudian, dia pun akhirnya melihat kembali lagu itu dan memamerkannya kepada publik. "Hidup kadang-kadang menjadi sebuah siklus dan itu menjadi sangat jelas selama proses pengerjaan ulang beberapa lagu saya yang sudah berumur beberapa tahun. Tak sabar menunggu kalian semua untuk mendengar seluruh rangkaian lagu yang nyaman dinikmati saat album dirilis bulan Agustus nanti, namun sementara itu, inilah cuplikan kedua dari karya saya yang menjadi favorit saya sejauh ini," kata Niki.

“Oceans & Engines” mengikuti perilisan single pertamanya “Before,” lagu reflektif bernuansa nostalgia yang juga akan muncul di album Nicole. Pada lagu ini, Niki mengekspresikan rasa rindu pada hubungan masa lalu yang telah berakhir dan bergulat untuk menavigasi perasaannya serta berusaha melepaskan. Setelah perilisannya, “Before” menerima sejumlah pujian dari NME, UPROXX, dan Teen Vogue yang mengatakan memuji kecakapan Niki dalam menulis lagu. 

Baru-baru ini, Niki juga mengumumkan tur headline pertamanya di Amerika Utara “The Nicole Tour,” yang tiketnya hampir terjual habis selama masa pra-pesan dan dalam 3 jam pertama penjualan umum. Sebanyak 5 ribu tiket terjual di beberapa kota. Tur ini dimulai di Vancouver, BC pada 8 September, dengan perhentian di kota-kota besar termasuk New York City, Chicago, San Francisco, dan banyak lagi sebelum berakhir di The Wiltern di Los Angeles pada 22 Oktober. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Nikizefanya.com.

Sebelumnya, Niki menjadi artis Indonesia pertama yang tampil di Coachella, bersama Rich Brian pada musim semi lalu. Penampilannya di Coachella akan diikuti dengan sebuah penampilan di Head in the Clouds Festival 2022 dari 88rising Agustus ini di Brookside at the Rose Bowl. Niki sebelumnya menjadi penampil utama di Head in the Clouds Festival 2021 bulan Oktober lalu dengan set memukau yang mendapat pujian dari MTV, Flaunt, serta The AV Club yang menyebutnya seorang “goddamn superstar”.

Hingga saat ini, Niki berhasil mengumpulkan lebih dari 1.8 miliar stream lintas platform streaming musk digital. Single hit-nya “Every Summertime” dari soundtrack film Marvel Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings baru-baru ini viral dan saat ini mencapai lebih dari 220 million streams, dan angka ini terus bertambah. Trek yang ditulis dan diproduksi oleh Niki bersama kolaborator lama Jacob Ray ini adalah sebuah lagu cinta yang hidup dengan sound nostalgik yang mengingatkan kita akan musik R&B dan soul klasik.

Baca: Pilihan Busana Niki di Video Klip : Simpel dan Sensual

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."