Tips Memasak Olahan Daging Kambing, Buang Lemak dan Jangan Dicuci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi olahan daging kambing. shutterstock.com

Ilustrasi olahan daging kambing. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat Idul Adha tiba, banyak orang yang mendapatkan daging kurban dan memasaknya menjadi makanan yang lezat. Namun, terkadang daging kurban yang didapatkan terlalu banyak, sehingga sebagian harus disimpan di lemari es. 

Lantas apa saja yang perlu disiapkan agar olahan daging kambing bisa tetap dinikmati tanpa terganggu aroma khasnya. Simak 4 tips memasak olahan daging dari Cookpad berikut ini: 

1. Memotong

Memotong daging kambing termasuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu memotong daging kambing secara berlawanan dengan arah serat daging. Memotongnya sesuai arah serat justru akan membuatnya sulit dikunyah.

2. Buang lemak

Membuang lemak penting sekali dilakukan. Hal ini bukan semata-mata demi kesehatan pencernaan melainkan juga bisa jadi cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini disebabkan karena sebagian besar aroma prengus daging kambing berasal dari lapisan lemaknya. Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

3. Jangan sentuh dengan tangan kotor

Sebelum menyimpannya, jangan pernah memegang daging dengan tangan kotor. Kuman yang ada di tangan bisa berpindah ke daging dan berkembang biak di sana. Maka dari itu, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang daging segar.

4. Jangan dicuci

Sebaiknya daging tidak dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Sebab, mencuci daging justru akan membuat daging menjadi bau. Selain itu, air yang digunakan dalam mencuci daging bisa saja membawa bakteri, sehingga membuat daging menjadi cepat busuk. Memasukkan daging ke dalam lemari es tanpa dicuci akan membuatnya bertahan lama.

Baca: Tips Daging Empuk dan Tidak Bau Khas, Pakai 5 Bahan Alami Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."