Tjahjo Kumolo Meninggal, Krisdayanti dan Nadiem Makarim Sampaikan Pesan Dukacita

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan tutup usia pada Jumat, 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal pada pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Sebelumnya, Tjahjo dirawat secara intensif. TEMPO/Subekti

ragam

Tjahjo Kumolo Meninggal, Krisdayanti dan Nadiem Makarim Sampaikan Pesan Dukacita

Jumat, 1 Juli 2022 22:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini, 1 Juli 2022 pada pukul 11.10 WIB. Politikus PDIP tersebut wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta. Sekretaris Kementerian Rini Widyantini menjelaskan sebelumnya Tjahjo sedang menjalani perawatan intensif sejak pertengahan Juni.

Rini melaporkan Tjahjo telah dirawat di rumah sakit tersebut sekitar 2 minggu lamanya. Tjahjo kemudian dibawa ke rumah duka di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, untuk dimandikan. Setelah itu, Tjahjo disembahyangkan di Masjid Kuba di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sederet figur publik menyampaikan ungkapan dukacita atas kehilangan sosok almarhum, di antaranya Anggota DPR Krisdayanti, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim. 

"Innalillaahi wa inna ilaihi rojiun. Allahumaghfir lahu warhamhu wa'fihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzülahu waj'alijannata matswh. Al-Ftihah. Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya. Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, mengampuni segala dosa dan kesalahannya, dan memasukkan ke surgaNya. Aamiin Ya Robbal Alamin. Dan semoga keluarga besar yang ditinggalkannya diberi tambahan ketabahan dan kesabaran. 'AzhzhamaLlhu ajeahum wa ahsana 'az-ahum. mïn," tulisnya melalui laman Instagramnya, Jumat 1 Juli 2022. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenang almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebagai sosok senior yang suka memotivasi dan mendorong generasi muda. "Saya pernah menjadi sekretaris beliau di fraksi, sama Mas Bambang Pacul waktu itu, terus kemudian waktu beliau jadi Sekjen, kami juga membantu lini-lini partai melalui lembaga-lembaga fungsional partai dan itu menurut saya bagian cara beliau memberi ruang kepada generasi muda," kata Ganjar di Semarang, Jumat, 1 Juli 2022.

Selanjutnya, Nadiem Makarim juga turut menyampaikan hal yang sama. "Saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," tulisnya.

Menurutnya, banyak sekali teladan yang ia pelajari dari Bapak Tjahjo selama bekerja bersama beliau. Pak Tjahjo adalah sosok pemimpin yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui program seleksi guru ASN PPPK.

"Selamat jalan, Pak Tjahjo. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan dedikasi beliau terus menjadi inspirasi bagi kita semua," pungkasnya. 

Baca: Doa Krisdayanti untuk Putranya, Azriel Hermansyah, yang Berulang Tahun ke-22