Lulus Kuliah S2 Public Policy, Marcella Zalianty: Semoga Bisa Ikut Membangun Bangsa

Marcella Zalianty telah menyelesaikan studi S2 dengan konsentrasi jurusan Kebijakan Publik/Foto: Instagram/Marcella Zalianty

karir

Lulus Kuliah S2 Public Policy, Marcella Zalianty: Semoga Bisa Ikut Membangun Bangsa

Selasa, 28 Juni 2022 16:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Marcella Zalianty tengah berbahagia karena telah menyelesaikan studi S2 dengan konsentrasi jurusan Kebijakan Publik. Rasa syukurnya, ia ungkapkan di laman Instagramnya, Selasa, 28 Juni 2022. "Secara resmi telah mendapat “Master of Public Policy” (MPP). Sebuah perjalanan yang sulit, bermakna, dan berharga." tulisnya. 

Ibu dua anak ini tak henti merapalkan rasa syukur lantaran telah menempuh waktu studi selama dua tahun. "Proses belajar yang ternyata tidak mudah, selain karena kesibukan pekerjaan yang terpaksa membuat sempat cuti tapi juga terdampak karena pandemi, jadi bisa dikatakan 50 persen saya dapat kesempatan belajar tatap muka dan 50 persen secara online," lanjut dia. 

Salah satu alasan yang membuat istri Ananda Mikola ini bersyukur karena rata-rata program Master diikuti oleh usia yang sudah berkeluarga, jadi bisa dibayangkan kadang bisa pakai dua perangkat seperti 1 iPad zoom meeting dan 1 laptop kuliah, jadi kuliah sambil bekerja juga beberapa komitmen dan tanggung jawab dalam waktu bersamaan ditambah anak-anak yang masih harus dibantu sekolah online saat itu. 

"Ada waktu dimana kuliah online sambil shooting yang waktunya sampai pagi, lalu paginya semua istirahat tidur dan saya harus melek untuk sekolah online dari kota tempat shooting," lanjutnya. 

Belum lagi, menurut dia jurusan School of Government and Public Policy ternyata memiliki standar pendidikan yang tinggi, selain 100 persen berbahasa Inggris juga disiplin waktu yang tidak main-main. Kebijakan Publik mungkin bukan disiplin ilmu yang populer, tetapi sangat fundamental karena berkaitan dengan hajat hidup sebuah bangsa.

"Saya berharap banyak anak muda Indonesia yang mempelajarinya, insyallah akan sangat bermanfaat untuk berpartisipasi membangun bangsa ke depan but not only that, actually at any fields will need a good policy, jadi apa pun bidangnya mestinya akan berguna,"

Satu hal yang selalu Marcella pelajari yakni pengetahuan, kekuatan yang tidak mengenal batas. "Semoga bermanfaat untuk society dan universe. Butuh konsentrasi khusus dan komitmen untuk bisa mengikuti semua prosesnya. Ini program Master kedua yang saya pernah ambil, but this one i must say it is seriously toughed, jujur saya hampir menyerah."

"Puji syukur kehadirat Allah dan pastinya profesorku, dosen pembimbing yang luar biasa, Teman sekelasku atas dorongan yang menjadikan aku seperti sekarang."

Tak lupa, Marcella juga mengucapkan terima kasih untuk para support system yang menjadi mendukungnya. Jujur Mas Kana selalu menjadi pendukung terbesar saya dalam apapun yang saya lakukan. Mas, Abang, Si Ayah terima kasih. Juga Ibu, Ayah, Kakak dan Kakakku terima kasih. Dan tentu sahabat dan mentor yang saya tidak bisa sebut satu persatu.

Baca: Dampingi Ananda Mikola, Marcella Zalianty Turut Bangga Formula E Berjalan Lancar