Mengenal Sosok Tsamara Amany, Staf Khusus Baru Erick Thohir Bidang Kebijakan Publik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tsamara Amany/Foto: Instagram/Tsamara Amany

Tsamara Amany/Foto: Instagram/Tsamara Amany

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tsamara Amany ditunjuk menjadi staf khusus atau stafsus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Tsamara akan mengisi posisi sebagai staf khusus menteri di bidang kebijakan publik atau public policy.

Erick mengatakan alasan dipilihnya Tsamara sebagai staf khusus adalah karena pertimbangan pengetahuannya di bidang kebijakan publik. Selain itu, Erick juga menuturkan bahwa kementeriannya membutuhkan sosok yang bisa menjadi jembatan berkomunikasi dengan anak-anak muda.

Sebelum menjadi stafsus Erick Thohir, Tsamara Amany merupakan mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yuk kita kenali sosok Tsamara sebelum menjadi staf khusus Erick Tohir.

Profil Tsamara Amany

Tsamara Amany Alatas atau yang lebih dikenal dengan nama Tsamara Amany adalah seorang politisi perempuan yang lahir pada 14 Juni 1996 di Jakarta. Dia mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Paramadina jurusan Ilmu Komunikasi dan lulus pada 2018. Dia kemudian melanjutkan studinya di New York University untuk program studi master Public Policy & Media Studies dengan beasiswa Fullbright.

Namanya mulai dikenal publik usai berdebat dengan Fahri Hamzah yang saat itu masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR pada 2017. Tsamara yang saat itu masih menjadi mahasiswi mengkritik sikap dan pendapat Fahri Hamzah yang kerap memojokan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun juga pernah membuat video kritikan untuk Fahri Hamzah di media sosial, sehingga Tsamara dikenal sebagai sosok yang kritis hingga ia terjun ke dunia politik yang sebenarnya.

Kiprah Politik Tsamara Amany

Selain karena perdebatannya dengan Fahri Hamzah, nama Tsamara Amany juga mencuat bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tsamara ditunjuk Ketua DPP PSI sejak 2017 dan mengundurkan diri pada April 2022.

Sebelumnya, pada Pemilu 2019, Tsamara menjadi salah satu juru bicara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan turut mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta pada Pileg 2019. Namun PSI hanya empat persen suara yang tidak mencapai ambang aman, sehingga Tsamara gagal menuju Senayan.

Tsamara pun kini menjadi politikus yang fokus membahas topik perempuan dan turut menjadi staf khusus dari Menteri BUMN, Erick Thohir,  sebagai perwakilan suara anak muda.

Pilihan Editor:  Mundur dari PSI, Tsamara Amany Akan Fokus Menyuarakan Isu Perempuan

ANNISA YASMIN | ANDIKA DWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."